Petugas Basarnas mengangkat sebuah kantong jenazah berisi jasad korban kapal cepat Cantika Express 77 yang terbakar saat tiba di Pelabuhan Tenau, Kupang, NTT Senin (24/10/2022). | ANTARA FOTO/Kornelis Kaha

Nusantara

Satu Korban Kapal Cantika Express Meninggal

Fokus pencarian korban yang masih dinyatakan hilang telah diperluas.

KUPANG – Satu korban kebakaran Kapal Motor Cantika Express 77 meninggal dunia setelah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah Prof. Dr. WZ Johannes Di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Korban kebakaran kapal yang meninggal di rumah sakit bernama Nuraini (43 tahun), warga Kelurahan Alor Kecil, Kecamatan Alor Barat Laut, Kabupaten Alor.

"Korban yang meninggal dunia ini adalah korban yang mengalami luka bakar saat dievakuasi ke Kupang pada Senin (24/10) oleh KN SAR Antareja," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang I Putu Sudayana di Kupang, Sabtu (29/10) siang.

Ia menjelaskan, saat dievakuasi korban dalam kondisi kritis karena mengalami banyak luka bakar dan membutuhkan perawatan intensif di rumah sakit. Setelah kematian Nuraini, jumlah korban jiwa akibat kebakaran Kapal Cantika Express77 seluruhnya menjadi 20 orang.

Berdasarkan laporan dari keluarga korban, hingga Sabtu sekitar 20 penumpang kapal nahas tersebut belum ditemukan. Sesuai aturan Basarnas melakukan operasi pencarian terhadap para korban hanya tujuh hari sejak peristiwa kebakaran Kapal Cepat Cantika Expres 77 terjadi atau hingga Ahad (30/10) kemarin.

photo
Seorang anggota keluarga menangis meratapi meninggalnya saudarinya akibat terbakarnya kapal cepat Cantika Express 77 di RS Bhayangkara Kupang, NTT, Selasa (25/10/2022). - (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

"Kami tentu melakukan evaluasi apalah masih memungkinkan melanjutkan operasi pencarian atau tidak. Evaluasi dilakukan melibatkan semua pihak terkait dalam operasi pencarian ini," kata dia.

Ia menjelaskan fokus pencarian terhadap para korban yang masih dinyatakan hilang telah diperluas hingga ke wilayah perairan Pulau Semau dan Teluk Kupang dengan mengerahkan unsur Kapal Negara Antareja dan RIB 10 Kupang. Menurut dia, operasi pencarian terhadap 20 orang penumpang yang hilang itu dengan cara melakukan penyisiran di permukaan laut dan pesisir pantai, serta penyelamatan ke dalam kapal yang tenggelam. 

Ia mengatakan, pencarian dengan melakukan penyelaman berlangsung di lokasi terbakarnya Kapal Cepat Cantika Expres 77 di perairan Naikliu Kabupaten Kupang. Proses pencarian para korban dalam bangkai kapal dilakukan tim penyelam melibatkan dari TNI AL dan Basarnas Kupang. 

"Kami sudah melakukan penyelaman untuk mencari para penumpang yang diduga terjebak dalam bangkai kapal yang terbakar, pencarian dilakukan tim SAR dengan menyisir bodi kapal yang tenggelam di bawah laut," kata dia.

photo
Petugas medis mengendong seorang balita yang menjadi korban kapal cepat Cantika Express 77 yang terbakar saat tiba di Pelabuhan Tenau, Kupang, NTT Senin (24/10/2022). - (ANTARA FOTO/Kornelis Kaha)

Namun, hasil penyelaman dilakukan tim SAR, tidak ditemukan ada korban yang terjebak dalam bangkai kapal yang hangus terbakar pada Senin (24/10) lalu. Dia menjelaskan bangkai kapal yang masih dalam keadaan utuh karena bagian lambung kapal posisinya berada di dalam air laut sehingga tidak terbakar.

Tim SAR juga ikut melibatkan keluarga para korban. "Beberapa keluarga para korban yang masih hilang ikut serta dalam operasi pencarian terhadap para korban bersama tim SAR," kata dia.

Kapal Cantika Express77 terbakar di wilayah perairan Kabupaten Kupang pada 24 Oktober 2022. Menurut laporan manifes yang diterima Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan, Kapal Cantika Express 77 mengangkut 176 orang.

Namun, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang hingga Rabu (26/10) pagi telah mengevakuasi 320 penumpang kapal nahas tersebut, termasuk penumpang kapal yang meninggal dunia. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Emile 'Emin' Zehnder, Cahaya Hidayah di Turki

Terkesan akan kebaikan Muslim, lelaki Prancis ini memutuskan untuk berislam.

SELENGKAPNYA

Gapai Dunia dari Kota Santri

Program audisi merupakan pijakan awal proses pembinaan secara komprehensif yang dilakukan PB Djarum.

SELENGKAPNYA

Menggiring ke Pasar Global

Fashion Muslim Indonesia berpotensi besar untuk menjadi pusat fashion Muslim dunia di tahun 2024.

SELENGKAPNYA