Pasangan atlet bulu tangkis Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia | AP/Kien Hou

Olahraga

07 Jul 2022, 07:59 WIB

Apri/Fadia, Ginting, dan Rinov/Mentari Tembus Babak 16 Besar

Beberapa wakil Indonesia sudah tersingkir pada babak awal.

KUALA LUMPUR -- Atlet Indonesia di nomor-nomor unggulan pada ajang bulu tangkis Malaysia Masters 2022 masih berjaya dalam babak 32 besar. Tiga di antaranya yaitu Apriyani Rahayu/Siti Fadia di sektor ganda putri, kemudian tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting, serta ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Apriyani/Siti Fadia terus menunjukkan konsistensi positif seusai menjadi juara turnamen Malaysia Open 2022. Keletihan tak menghalangi laju para srikandi Tanah Air itu.

Teranyar, Apriyani/Fadia menaklukkan pasangan Thailand, Supissara Paewsampran/Puttita Supajirakul, melalui straight game, 21-13 dan 21-10. Terlihat wakil Merah Putih menang mudah dalam duel di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Rabu (6/7) siang WIB. Apriyani/Fadia hanya membutuhkan waktu 26 menit untuk melaju ke putaran selanjutnya.

 

"Di pertandingan tadi lebih menjaga momentum poin, terus menekan, dan tidak hilang fokus," kata Fadia, dikutip dari laman resmi PBSI.

Apriyani mengakui, ada sedikit rasa letih. Namun, ia bisa menyiasati hal itu. Caranya, ia harus berkonsentrasi memberikan segalanya di lapangan.

Apriyani juga menyadari, semua sudah menjadi tanggung jawabnya bersama Fadia. Tak ada alasan untuk mengeluh, termasuk dalam menjalani jadwal ketat di berbagai turnamen. "Yang sudah kemarin, ya, kemarin. Hari ini kami mulai dari nol lagi," ujar Apriyani.

Pasangan yang baru terbentuk pada awal 2022 itu mulai diperhitungkan. Apriyani/Fadia meraih medali emas SEA Games 2021 Vietnam, lalu menjadi finalis Indonesia Master 2022. Teranyar, keduanya berstatus jawara Malaysia Open 2022. Itu membuat peringkat ganda putri Tanah Air itu meroket ke posisi ke-79 dunia.

Beralih ke Ginting. Tunggal Putra andalan Indonesia ini susah payah menundukkan wakil Jepang, Kenta Nishimoto. Dalam pertandingan selama 1 jam 6 menit, Ginting mengalahkan Nishimoto lewat rubber game, 8-21, 21-14, dan 22-20.

Sebelumnya, tunggal putri Tanah Air, Fitriani, juga meraih hasil positif. Atlet kelahiran Garut itu menumbangkan wakil Estonia, Kristin Kuuba. Dalam laga yang berlangsung selama 56 menit, Fitriani unggul melalui rubber game, 19-21, 21-18, dan 21-12.

Tak ketinggalan, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari juga meraih tiket 16 besar. Ganda campuran Tanah Air ini menaklukkan pasangan Denmark, Mathias Thyrri/Amalie Magelund, dua gim langsung, 21-16 dan 21-14. Rinov/Pitha hanya membutuhkan waktu 35 menit untuk menyudahi perlawanan lawan.

 

Sayangnya, beberapa wakil Indonesia sudah tersingkir pada babak awal. Ada ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati yang dikalahkan pasangan Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai. Kemudian, tunggal putra Tommy Sugiarto mendapatkan hasil negatif. Tommy tak mampu melawati adangan wakil India, Parupalli Kashyap. Begitu juga dengan Putri Kusuma Wardani yang gagal melewati tunggal putri Cina, Zhang Yi Man.

Beberapa atlet lainnya belum selesai bertanding sampai berita ini diturunkan. Ada yang tampil pada Rabu (6/7) malam WIB, seperti tunggal putra Jonatan Christie dan Chico Aura Dwi Wardoyo.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Badminton Indonesia (@badminton.ina)


Menanti Air Bersih Bagi Seluruh Warga Kamal Muara

Warga Kamal Muara diharapkan tidak perlu lagi membeli air dengan harga mahal.

SELENGKAPNYA

Ribuan Warga DKI Ganti Dokumen

Ketua Fraksi PDIP mengkritik pergantian nama jalan buat warga repot mengurus dokumen kependudukan.

SELENGKAPNYA

Harapan tak Ada Tawuran di Stadion Benteng Reborn

Stadion Benteng Reborn telah berbenah dan menjadi kebanggaan warga Kota Tangerang.

SELENGKAPNYA
×