Mengenal konsep carbon passport (ilustrasi) | Unsplash/Claudia Altamimi

Safari

Carbon Passport, Siap Merevolusi Bagaimana Kita Liburan pada Masa Depan

Gagasan paspor karbon berfokus pada jatah karbon tahunan yang harus dipatuhi oleh semua wisatawan.

Musim panas 2023 telah menjadi musim yang sangat signifikan bagi industri perjalanan. Pada akhir Juli, kedatangan wisatawan internasional secara global mencapai 84 persen dari tingkat sebelum pandemi.

Di beberapa negara Eropa, seperti Prancis, Denmark, dan Irlandia, permintaan pariwisata bahkan melampaui tingkat sebelum pandemi Covid-19. Hal ini mungkin merupakan kabar baik secara ekonomi, tetapi di sisi lain menunjukkan konsekuensi lingkungan dan sosial yang mengerikan.

Musim panas tahun ini, misalnya, terjadi gelombang panas yang memecahkan rekor di berbagai belahan dunia. Kebakaran hutan yang hebat juga terjadi di Yunani dan Hawaii serta peringatan cuaca ekstrem dikeluarkan di banyak destinasi liburan populer, seperti Portugal, Spanyol, dan Turki.

photo
Taman di Granada, Spanyol (dahulu Andalusia). Peradaban Islam memperkenalkan tata taman kepada publik Eropa. - (DOK WIKIPEDIA)

Para ahli mengaitkan kondisi ekstrem ini dengan perubahan iklim. Pariwisata, tak bisa dimungkiri, adalah bagian dari masalah. Sektor pariwisata menghasilkan sekitar sepersepuluh dari emisi gas rumah kaca yang menyebabkan krisis iklim.

Dampak negatif pariwisata terhadap lingkungan telah menjadi sangat parah sehingga beberapa pihak menyarankan perubahan drastis pada kebiasaan berwisata. Dalam sebuah laporan dari 2023 yang menganalisis masa depan perjalanan yang berkelanjutan, operator tur Intrepid Travel mengusulkan supaya paspor karbon (carbon passport) segera diimplementasikan, jika industri pariwisata ingin bertahan.

Ross Bennett-Cook, Visiting Lecturer di School of Architecture + Cities University of Westminster, menjelaskan, gagasan paspor karbon berfokus pada jatah karbon tahunan yang harus dipatuhi oleh semua wisatawan.

photo
Masjid Wina berlokasi di Austria. - (DOK WIKIPEDIA )

“Konsep ini mungkin terlihat ekstrem. Namun, gagasan tentang tunjangan karbon pribadi bukanlah hal baru. Konsep serupa yang disebut perdagangan karbon pribadi pernah dibahas di House of Commons pada 2008. Sebelum akhirnya dihentikan karena dianggap terlalu rumit dan kemungkinan adanya penolakan dari masyarakat,” kata Bennett-Cook seperti dilansir Conversation, Selasa (8/11/2023).

Laporan Intrepid Travel memprediksi, dunia akan mulai memberlakukan paspor karbon pada 2040. Namun, beberapa undang-undang dan pembatasan telah diberlakukan selama setahun terakhir, menunjukkan bahwa kebiasaan bepergian setiap orang mungkin sudah berada di ambang perubahan.

Rata-rata jejak karbon tahunan seseorang di Amerika Serikat adalah 16 ton, salah satu yang tertinggi di dunia. Di Inggris angka ini mencapai 11,7 ton, masih lebih dari lima kali lipat dari angka yang direkomendasikan oleh Perjanjian Paris untuk menjaga kenaikan suhu global di bawah 1,5 derajat Celsius.

Berhitung Jejak Karbon 

photo
Calon penumpang pesawat terbang beraktivitas di area Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (13/7/2023). Presiden Joko Widodo mengatakan, penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara akan beralih ke Bandara Internasional Kertajati mulai OKtober 2023. Keberadaan dua bandara yang beroperasi ini untuk saling mendukung satu sama lain serta optimal untuk menunjang dilakukannya penataan rute penerbangan di Jawa Barat. - (ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA)

Secara global, rata-rata jejak karbon tahunan seseorang mendekati empat ton. Namun, untuk mendapatkan peluang terbaik dalam mencegah kenaikan suhu melebihi dua derajat Celsius, rata-rata jejak karbon global harus turun hingga di bawah dua ton pada 2050. Angka ini setara dengan sekitar dua kali penerbangan pulang-pergi antara London dan New York.

Pesawat komersial kerap disalahkan dalam peningkatan emisi karbon dioksida. Antara tahun 2013 dan 2018, jumlah karbon dioksida (CO2) yang dikeluarkan oleh pesawat komersial di seluruh dunia meningkat sebesar 32 persen.

Peningkatan efisiensi bahan bakar secara perlahan mengurangi emisi per penumpang. Namun, penelitian pada 2014 menemukan bahwa apa pun upaya industri untuk mengurangi emisi karbonnya, upaya tersebut akan kalah dengan pertumbuhan lalu lintas udara.

photo
Petugas mengikat tali kapal pesiar MV Aidavita yang bersandar di dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (22/11/2019). Kapal pesiar berbendera Italia itu membawa sekitar 1.500 penumpang dan kru kapal untuk berkunjung ke sejumlah tempat wisata di Surabaya. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/aww. - (Didik Suhartono/ANTARA FOTO)

Bukan hanya perjalanan udara yang dikritik. Sebuah investigasi yang dilakukan oleh Federasi Eropa untuk Transportasi dan Lingkungan pada 2023 menemukan bahwa kapal pesiar memompa empat kali lebih banyak gas sulfur, yang terbukti menyebabkan hujan asam dan beberapa kondisi pernapasan, ke atmosfer dibandingkan dengan 291 juta mobil di Eropa jika digabungkan.

Statistik seperti ini telah memaksa destinasi-destinasi di Eropa untuk mengambil tindakan terhadap industri kapal pesiar. Pada Juli 2023, dewan kota Amsterdam melarang kapal pesiar berlabuh di pusat kota sebagai upaya untuk mengurangi pariwisata dan polusi-sebuah inisiatif yang telah menunjukkan keberhasilan di tempat lain.

Pada 2019, Venesia merupakan pelabuhan Eropa yang paling tercemar, karena banyaknya kunjungan kapal pesiar. Namun, peringkatnya turun ke posisi 41 pada 2022 setelah larangan kapal pesiar besar memasuki perairan kota mengurangi polutan udara dari kapal di Venesia hingga 80 persen.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Finland in Indonesia (@finlandjakarta)

Laporan Intrepid Travel juga menyoroti bahwa tidak hanya cara bepergian, tapi juga tempat wisata akan segera terdampak oleh perubahan iklim. Suhu yang semakin panas mungkin akan mengurangi daya tarik destinasi pantai.

Sehingga mendorong wisatawan Eropa untuk mencari destinasi yang lebih sejuk, seperti Belgia, Slovenia, dan Polandia untuk liburan musim panas. Beberapa agen perjalanan melaporkan adanya peningkatan nyata dalam pemesanan liburan ke destinasi Eropa yang lebih sejuk seperti Skandinavia, Irlandia, dan Inggris selama bulan-bulan puncak perjalanan musim panas 2023.

Para ahli juga memprediksi masa depan yang penuh dengan distopia, jika semua orang tidak mengurangi emisi saat ini juga. “Apa pun solusinya, perubahan pada kebiasaan perjalanan kita tidak dapat dihindari," kata Bennett-Cook.

Menurut dia, saat ini destinasi wisata di seluruh dunia, mulai dari Barcelona hingga sungai di Italia, bahkan Gunung Everest juga sudah mulai membatasi jumlah turis karena mereka harus berjuang untuk mengatasi keramaian dan polusi. Wisatawan pun harus bersiap untuk mengubah kebiasaan liburan mereka sekarang, sebelum perubahan ini dipaksakan kepada mereka. 

 

 
Perubahan pada kebiasaan perjalanan kita tidak dapat dihindari. 
 
ROSS BENNET-COOK, Visiting Lecturer di School of Architecture + Cities University of Westminster. 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Mengintip Keindahan Parapuar, Kawasan Pariwisata Terpadu di Labuan Bajo 

Nama Parapuar diambil dari bahasa Manggarai, yakni Para yang berarti pintu atau gerbang dan Puar yang berarti hutan.

SELENGKAPNYA

Berburu Destinasi Wisata Berkelanjutan

Indonesia mendorong konsep pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism sebagai bagian dari kunci strategis.

SELENGKAPNYA

Era Baru Pariwisata Bali Pascapandemi Covid-19

Bali kembali dengan membawa kualitas dan transformasi yang lebih berkualitas.

SELENGKAPNYA