Wisatawan menyaksikan penampilan penari yang menampilkan atraksi wisata Tari Kecak Uluwatu di kawasan Uluwatu, Badung, Bali, Rabu (28/12/2022). | ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Iqtishodia

Era Baru Pariwisata Bali Pascapandemi Covid-19

Bali kembali dengan membawa kualitas dan transformasi yang lebih berkualitas.

Oleh Siti Riska Ulfah Hidayanti (Peneliti International Trade Analysis and Policy Studies (ITAPS) FEM-IPB)

Sektor pariwisata merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia, terutama menyangkut kegiatan sosial dan ekonomi (Setyanto, 2002). Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor terpenting terhadap pertumbuhan perekonomian serta pembangunan suatu negara.

Aktivitas dari sektor pariwisata sangat berpengaruh terhadap pendapatan negara, terutama pengaruhnya terhadap devisa dan pendapatan pajak bagi negara. Selain itu, aktivitas sektor pariwisata juga membuka peluang lapangan pekerjaan yang cukup luas.

Keberagaman budaya, adat, tradisi, dan bahasa menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia. Selain itu, keindahan alam di dataran rendah maupun dataran tinggi Indonesia juga menjadi faktor kuat lainnya. Keramahan masyarakat Indonesia yang sudah dikenal oleh para wisatawan mancanegara juga menjadi faktor pertimbangan lainnya sehingga para wisatawan berkunjung ke Indonesia.

photo
Foto udara Jembatan Kuning yang menghubungkan Pulau Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan di Klungkung, Bali, Ahad (29/8/2021). Jembatan Kuning merupakan satu-satunya jembatan yang menjadi akses penghubung masyarakat antardua pulau itu sekaligus menjadi salah satu ikon pariwisata di kawasan tersebut. - (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Provinsi Bali merupakan salah satu daerah yang paling terkenal dan diminati oleh para wisatawan mancanegara maupun domestik ketika berlibur ke Indonesia. Bali seakan akan menjadi tujuan wisata utama bagi para wisatawan mancanegara yang baru pertama kali ke Indonesia.

Keindahan alam Bali yang dikenal dengan berbagai destinasi wisata pantai menjadi salah satu faktor utama bagi para wisatawan, terutama wisatawan mancanegara. Destinasi wisata seperti kawasan Kuta, Nusa Penida, Pantai Pandawa merupakan sebagian kecil dari destinasi wisata Bali yang telah mendunia.

Selain keindahan berbagai pantai yang ada, keindahan dataran, tinggi seperti kawasan Ubud, Kintamani, Gunung Agung juga saat ini menjadi variasi destinasi wisata lainnya bagi para wisatawan. Hal tersebut menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu penopang utama perekonomian di Bali.

Sebagai sektor yang berbasis jasa, sektor pariwisata memiliki potensi dan peran strategis dalam pengembangan dan pertumbuhan perekonomian nasional maupun daerah. Pengembangan sektor pariwisata ke usaha atau bisnis jasa terkait lainnya, seperti restoran dan kafe, pelayanan perjalanan, transportasi, penginapan, jasa tour guide, jasa translator, jasa penukaran valuta asing, serta usaha dan bisnis lainnya, menjadi usaha yang menopang dan berkembang pesat.

Bisnis tersebut menjadi lapangan usaha yang sangat terbuka dan menyerap cukup banyak tenaga kerja di Bali sehingga pada akhirnya masyarakat Bali sadar bahwa sektor pariwisata merupakan bagian dari mereka.

photo
Warga menampilkan Tarian Barong saat mengikuti parade seni kemerdekaan di kawasan Ubud, Gianyar, Bali, Rabu (17/8/2022). - (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Kegagahan sektor pariwisata Bali dihantam keras pada saat adanya pandemi Covid-19 pada 2020. Pandemi Covid-19 membatasi mobilitas antarnegara maupun daerah, yang secara langsung sangat berdampak pada keberlangsungan perekonomian di Bali.

Pada saat itu hampir tidak ada kehidupan untuk sektor pariwisata Bali. Tahun 2018 dan 2019, sebelum adanya pandemi Covid-19 menjadi tahun kejayaan untuk pariwisata Bali. Pada saat itu jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di Bali mencapai enam juta wisatawan setiap tahunnya.

Pada 2019, bahkan angka pertumbuhan kunjungan wisatawan ke Bali lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan kunjungan wisatawan secara nasional. Pertumbuhannya, yaitu sebesar 3,37 persen lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan nasional sebesar 1,88 persen.

Namun, pada 2020, ketika pandemi Covid-19 melanda, pertumbuhan kunjungan wisatawan ke Bali turun secara drastis ke angka minus 83 persen. Hal tersebut sangat berdampak pada kegiatan perekonomian Bali karena banyak para masyarakat Bali yang menggantungkan kehidupannya dari sektor pariwisata.

Pada saat itu tak terhitung jari seberapa banyak karyawan yang terkena lay off lantaran tempat kerjanya, seperti hotel, restoran, kafe, atau usaha jasa pariwisata lainnya tidak lagi beroperasi. Selain itu, banyak wirausaha yang pada akhirnya menutup usahanya. Pada Agustus 2020, pengangguran di Bali naik drastis sebesar 268 persen atau menjadi 144,5 ribu pekerja yang akhirnya kehilangan pekerjaan.

photo
Wisatawan mancanegara berjalan di kasaawan Pantai Kuta, Bali, 27 September 2023.  - (EPA-EFE/MADE NAGI)

Transformasi
Pandemi Covid-19 pada akhirnya menjadi titik balik untuk geliat perekonomian Bali. Para stakeholder di level daerah maupun pusat pada akhirnya harus melakukan berbagai intervensi, kebijakan, dan transformasi besar pada sektor pariwisata Bali.

Sektor-sektor lainnya yang sebelumnya menjadi pendukung diuubah menjadi sektor yang berdampingan dengan sektor pariwisata. Sektor pariwisata bali yang semula menjadi leading sector di Bali berubah menjadi transformation sector.

Berbagai cara, imbauan, dan insentif dilakukan dengan tujuan dan motivasi utama adalah untuk peningkatan perekonomian dan mengembalikan kesejahteraan masayarakat Bali. Salah satu transformasi besar yang dilakukan oleh pemerintah daerah Bali bekerja sama dengan para pelaku usaha, asosiasi, dan pihak swasta yang terlibat di sektor pariwisata Bali adalah dengan adanya imbauan dan arahan penggunaan barang-barang atau sumber daya lokal sebagai input utama di sektor pariwisata. Contohnya adalah penggunaan bahan-bahan masak di hotel, kafe, dan restoran yang berasal dari lokal Bali.

Perubahan signifikan lainnya adalah penyajian buah-buahan di hotel yang hanya menggunakan buah lokal dari Bali maupun sekitarnya. Selain itu, arahan lainnya direalisasikan dengan penyajian kopi dan teh kemasan di hotel yang menggunakan kopi dan teh dari lokal dan Indonesia.

Langkah besar tersebut berdampak pada kelangsungan sektor lainnya, yaitu salah satunya adalah sektor pertanian yang juga memiliki potensi yang cukup tinggi di Bali. Sehingga, kegiatan perekonomian di Bali bisa berputar kembali karena adanya keterkaitan antarsatu sektor dengan sektor yang lainnya.

photo
Wisatawan menyaksikan matahari terbit pertama tahun 2021 di Desa Pinggan, Kintamani, Bangli, Bali, Jumat (1/1/2021). - (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Tahun kebangkitan
Tahun 2023 menjadi tahun kebangkitan untuk sektor pariwisata di Bali. Berbagai upaya dan kerja keras dari para stakeholder sektor pariwisata Bali seakan-akan dibayar lunas dengan melesatnya dan kembalinya kejayaan sektor pariwisata pasca pandemi Covid-19.

Saat ini, sektor pariwisata tidak menjadi kaki utama untuk pergerakan perekonomian Bali, tapi bersama-sama dengan sektor lainnya membangun perekonomian Bali. Kini rasanya sektor pariwisata menjadi lebih siap dan sigap setelah menghadapi gelombang besar pandemi Covid-19.

Kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali per September 2023 mencapai 3,4 juta orang. Angka ini sangat cukup menggambarkan betapa membaiknya sektor pariwisata di Bali. Kini jalanan di Kuta, Sanur, Ubud, Kintamani, dan daerah lainnya sudah mulai dipenuhi lagi dengan para turis asing.

Tahun ini Bali seperti hidup kembali, semua usaha pendukung pariwisata Bali kembali beroperasi. Bandara Ngurah Rai pun terasa penuh kembali dengan hiruk pikuk dengan kegiatan pariwisata.

Kunjungan wisatawan mancenegara diprediksi akan terus meningkat hingga akhir tahun 2023, yaitu bisa mencapai 5,5 juta wisatawan. Saat ini bisa dikatakan pariwisata Bali kembali dengan membawa kualitas dan transformasi yang lebih berkualitas.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat