Pengunjung memilah buku saat di stan Republika Penerbit dalam acara Islamic Book Fair 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (20/9/2023). Dalam gelaran IBF 2023, Republika Penerbit turut meramaikan kegiatan tersebut dengan memberikan diskon 20-25 persen ba | Republika/Thoudy Badai

Gaya Hidup

Tak Hanya Buku, Ada Deretan Hal Menarik Lain di IBF 2023


Gelaran Islamic Book Fair (IBF) selalu menarik perhatian banyak pencinta buku setiap tahunnya. Di samping menghadirkan banyak pilihan buku, ada beberapa hal menarik lain yang turut disediakan dalam gelaran IBF ke-21.


Bagi pencinta buku, IBF 2023 selalu menjadi momen yang tepat untuk menambah koleksi buku. Alasannya, selain menyediakan banyak jenis dan genre buku, IBF 2023 juga menghadirkan beragam diskon dan penawaran menarik. Tak jarang, para perusahaan penerbit buku menggelar flash sale pada waktu-waktu tertentu.


Di samping ragam penawaran buku yang menarik, gelaran IBF 2023 juga turut diramaikan dengan beberapa kegiatan dan fasilitas menarik yang bisa ditemukan oleh pengunjung. Berikut ini adalah tujuh hal menarik di antaranya.


Talkshow dan Penandatanganan Buku

photo
Peserta mengikuti lomba marawis saat acara Islamic Book Fair 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (20/9/2023). Lomba marawis tersebut diikuti oleh beberapa pondok pesantren di kawasan Jabodetabek dalam rangka gelaran Islamic Book Fair ke-21. Selain itu, IBF 2023 juga meyajikan pameran buku Islam dari 71 perusahaan penerbit buku dengan jumlah stan sebanyak 191 yang berlangsung mulai dari Rabu (20/9) hingga Ahad (24/9) mendatang. - (Republika/Thoudy Badai)


Setiap harinya IBF 2023 akan menghadirkan beragam acara talkshow hingga bedah buku dengan tema yang menarik. Pengunjung juga berkesempatan untuk mengikuti acara penandatanganan buku dari penulis-penulis ternama.


Pada Kamis, misalnya, IBF 2023 menggelar acara penandatanganan buku sekaligus meet and greet bersama Prof Dr Muhammad Quraish Shihab. Para pengunjung bisa mendapatkan kesempatan istimewa ini dengan membuka rekening BSI atau melakukan top up saldo dengan besaran minimal Rp 500 ribu.


Haula Kids Zone


IBF 2023 juga menghadirkan Haula Kids Zone untuk anak-anak. Di area ini terdapat beragam permainan yang menyenangkan untuk anak, seperti perosotan. Dengan demikian, anak-anak kecil tidak akan merasa bosan selama mengunjungi IBF 2023 dengan orang tua mereka.

photo
Peserta mengikuti lomba marawis saat acara Islamic Book Fair 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (20/9/2023). Lomba marawis tersebut diikuti oleh beberapa pondok pesantren di kawasan Jabodetabek dalam rangka gelaran Islamic Book Fair ke-21. Selain itu, IBF 2023 juga meyajikan pameran buku Islam dari 71 perusahaan penerbit buku dengan jumlah stan sebanyak 191 yang berlangsung mulai dari Rabu (20/9) hingga Ahad (24/9) mendatang. - (Republika/Thoudy Badai)


Photo Booth


Photo booth tersedia di stan penerbit dan percetakan Thursina Salsabila Utama. Pengunjung dapat mengabadikan momen bersama teman atau keluarga hanya dengan membayar Rp 35 ribu. Sesi photo booth ini juga bisa didapatkan secara gratis bila pengunjung berbelanja di stan tersebut dengan nominal minimal Rp 150.000. Untuk satu sesi foto di photo booth, pengunjung akan mendapatkan dua strip foto dengan tiga kali gaya foto.


Simulasi Manasik Haji


Pengunjung IBF 2023 yang sudah melakukan registrasi terlebih dahulu juga dapat membawa anak-anak mereka yang berusia 7-12 tahun untuk mengikuti simulasi manasik haji. Kegiatan ini berlangsung pada 20-22 September 2023 dengan biaya pendaftaran Rp 100 ribu. Biaya pendaftaran ini akan menjadi saldo tabungan Haji Muda Indonesia BSI sebesar Rp 100 ribu.


Pembacaan Dongeng


Penerbit Growtheseed turut menghadirkan sesi Read Aloud untuk pengunjung anak-anak di IBF 2023. Kegiatan pembacaan dongeng ini berlangsung selama penyelenggaraan pameran buku di stan Growtheseed. Stan ini terletak di Ruang Mekah nomor 119. Ada dua sesi yang dihadirkan setiap harinya, yaitu sesi pagi jam 10.00 WIB dan sesi sore jam 16.00 WIB.

photo
Pengunjung memilah buku saat di stan Republika Penerbit dalam acara Islamic Book Fair 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (20/9/2023). Dalam gelaran IBF 2023, Republika Penerbit turut meramaikan kegiatan tersebut dengan memberikan diskon 20-25 persen bagi pengunjung IBF, dengan harga buku dibandrol mulai dari Rp60 ribu hingga Rp100 ribu. - (Republika/Thoudy Badai)


Pameran Artefak


Hal menarik lainnya yang bisa ditemukan di IBF 2023 adalah pameran artefak perdagangan dunia Islam di nusantara. Melalui pameran ini, pengunjung dapat menyimak keragaman artefaktual hasil penelitian arkeologis mengenai interaksi peradaban Islam dengan nusantara, berupa alat tulis qalam, perkakas kedokteran Muslim, resin aromatika, aneka dacin atau uqiyah, hingga koin-koin masa awal Islam. Pameran ini bisa dilihat di stan nomor 112-113 yang berada tepat di depan panggung utama.


Kuliner


Berkeliling di area pameran yang luas tentu akan menguras energi. Pengunjung IBF 2023 bisa kembali mengisi energi mereka dengan beragam hidangan lezat dan minuman menyegarkan yang tersedia di area food court. Sebagian makanan dan minuman yang tersedia adalah es krim potong, corn dog, es pelangi, jajanan khas Korea Selatan, aneka steik, kopi kekinian, cumi dan gurita bakar jumbo, aneka soto, pecel, jeruk peras, nasi kebuli, bakso malang, siomay, ragam minuman manis, hingga kebab. 

 

Tumbuhkan Minat Membaca 

photo
Pengunjung memilah buku dalam acara Islamic Book Fair 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (20/9/2023). Pameran buku islam atau Islamic Book Fair ke-21 kembali digelar di Istora Senayan dengan menyajikan beragam program seperti IBF Awards 2023, lomba marawis dan pameran buku. Pameran tersebut menghadirkan sebanyak 71 perusahaan penerbit buku dan 191 stan yang berlangsung mulai dari Rabu (20/9) hingga Ahad (24/9) mendatang. - (Republika/Thoudy Badai)


Hari kedua penyelenggaraan Islamic Book Fair (IBF) 2023 semakin dipadati oleh pengunjung. Banyak dari para pengunjung tersebut yang merupakan pelajar dari berbagai sekolah.


Para pelajar yang hadir dalam IBF 2023 tampak memenuhi berbagai booth penerbit buku. Para pelajar tersebut tampak melihat-lihat dan memilih buku yang mereka sukai dengan antusias.


Hal itu pula yang dilakukan oleh siswi kelas XI dari Insantama Bogor, Alma dan Amira. Suasana IBF 2023 yang sangat ramai tak menyurutkan semangat keduanya untuk mengeksplorasi area pameran buku. "Ada buku-buku menarik dan rame banget," ujar Amira kepada Republika saat ditemui di IBF 2023 pada Kamis (21/9/2023).


Alma dan Amira menilai penyelenggaraan IBF 2023 dapat menumbuhkan minat dan semangat membaca di kalangan para pelajar. Alasannya, penyelenggaraan IBF 2023 sangat ramai dan diisi dengan beragam acara menarik. Selain itu, IBF 2023 juga menghadirkan banyak pilihan buku dengan kover atau sampul buku yang menarik perhatian. "Banyak sekali pilihan buku, jadi tertarik untuk membacanya," kata Alma.


Alma mengungkapkan bahwa jenis buku yang paling dia sukai saat ini adalah novel, khususnya novel-novel karya Tere Liye. Sedangkan, Amira lebih menyukai jenis buku self improvement dan novel dengan latar belakang sejarah. "Saya suka novel yang mengambil latar belakang tentang sejarah tetapi dibikin fiksi," ujar Amira.


Selain itu, Alma dan Amira menilai penyelenggaraan IBF 2023 juga bisa menumbuhkan minat baca karena menghadirkan banyak penawaran menarik. Beragam penawaran menarik, seperti diskon, memungkinkan mereka untuk mendapatkan buku dengan harga yang jauh lebih murah.

photo
Pengunjung memilah buku dalam acara Islamic Book Fair 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (20/9/2023). Pameran buku islam atau Islamic Book Fair ke-21 kembali digelar di Istora Senayan dengan menyajikan beragam program seperti IBF Awards 2023, lomba marawis, dan pameran buku. Pameran tersebut menghadirkan sebanyak 71 perusahaan penerbit buku dan 191 stan yang berlangsung mulai dari Rabu (20/9) hingga Ahad (24/9) mendatang. - (Republika/Thoudy Badai)


IBF 2023 merupakan gelaran IBF ke-21 yang diselenggarakan oleh Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) DKI Jakarta. IBF 2023 digelar di Istora Gelora Bung Karno, Senayan pada 20-24 September 2023.


Pameran buku Islam terbesar se-Asia Tenggara ini diramaikan oleh 71 perusahaan penerbit buku dan 33 perusahaan multiproduk. Ada total 191 stan pameran yang bisa disambangi oleh para pengunjung selama berada di IBF 2023.


Dari total 191 stan, sebanyak 124 stan akan diisi oleh peserta dari perusahaan penerbit buku. Sedangkan 55 stan lainnya diisi oleh perusahaan multiproduk dan 12 stan sisanya diisi oleh media dan sponsor.


Tiket untuk masuk ke IBF 2023 bisa dibeli secara daring melalui Tiket.com. Selain itu, tiket IBF 2023 juga dapat dibeli secara langsung atau on the spot di lokasi pameran buku.

photo
Pengunjung memilah buku dalam acara Islamic Book Fair 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (20/9/2023). Pameran buku Islam atau Islamic Book Fair ke-21 kembali digelar di Istora Senayan dengan menyajikan beragam program, seperti IBF Awards 2023, lomba marawis, dan pameran buku. Pameran tersebut menghadirkan sebanyak 71 perusahaan penerbit buku dan 191 stan yang berlangsung mulai dari Rabu (20/9) hingga Ahad (24/9) mendatang. - (Republika/Thoudy Badai)


Harga tiket IBF 2023 untuk anak-anak, pelajar, dan mahasiswa dibanderol sebesar Rp 10 ribu. Sedangkan untuk pengunjung umum, harga tiket dibanderol sebesar Rp 15 ribu.


Tiket IBF 2023 juga bisa didapatkan dengan harga Rp 1 bagi pengguna BSI Mobile dan Kartu BSI. Tiket seharga Rp 1 ini tersedia dengan kuota 100 tiket per hari. BSI juga menyediakan diskon 50 persen untuk tiket masuk IBF 2023 bagi nasabah BSI. Kuota yang tersedia adalah 100 tiket untuk transaksi dengan BSI QRIS di BSI Mobile dan 100 tiket untuk transaksi dengan Kartu BSI per hari. 

 

 
Pameran buku Islam terbesar se-Asia Tenggara ini diramaikan oleh 71 perusahaan penerbit buku dan 33 perusahaan multiproduk.
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Buku Pengembangan Diri dari Ibnu al-Jauzi

Melalui buku ini, Imam Ibnu al-Jauzi memberikan insight tentang menjadi seorang Muslim yang ideal.

SELENGKAPNYA

Unbreakable, Membedah Profesi Pewarta Foto Melalui Buku Foto

Sejumlah Foto dilengkapi peristiwa yang melatari saat pengambilan foto berlangsung, termasuk pergolakan batin pemotret.

SELENGKAPNYA

Shahihain Dalam Satu Buku

Karya Syekh Fu'ad Abdul Baqi ini mengumpulkan hadis-hadis yang terdapat dalam mahakarya Imam Bukhari dan Muslim.

SELENGKAPNYA