Jet Dassault Rafale dipamerkan di Terminal Selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (3/11/2022). | Republika/Erick Purnama Putra

Internasional

Uni Eropa Investasi Besar Sektor Pertahanan

Dana tersebut akan digunakan untuk berbagai proyek, termasuk pengembangan pesawat tempur generasi baru.

BRUSSELS – Komisi Eropa telah mengumumkan investasi perdana senilai 1,2 miliar euro atau setara Rp19,6 triliun dari European Defense Fund, Senin (5/12). Dana tersebut akan digunakan untuk berbagai proyek, termasuk pengembangan pesawat tempur generasi baru.

“(Dana investasi) akan mendukung pesawat tempur generasi berikutnya, kendaraan lapis baja dan kapal, serta teknologi pertahanan kritis di bidang luar angkasa, dunia maya, cloud militer, kecerdasan buatan (artificial intelligence), semikonduktor, dan penanggulangan medis,” kata Komisi Eropa dalam sebuah pernyataan.

Komisi Eropa juga mengalokasikan hampir 100 juta euro untuk program pencegat rudal hipersonik atau dikenal dengan istilah European Hypersonic Defence Interceptor (EU HYDEF) yang dikembangkan untuk 2035. Perusahaan Spanyol, Sener, akan menjadi penanggungjawab dari proyek tersebut.

 
Dana sebesar 75 juta euro juga bakal dialokasikan untuk proyek pertempuran udara atau Engine Indicating and Crew Alerting System (EICACS).
 
 

Dana sebesar 75 juta euro juga bakal dialokasikan untuk proyek pertempuran udara atau Engine Indicating and Crew Alerting System (EICACS). Proyek tersebut bakal dikembangkan perusahaan Prancis, Dassault Aviation.

European Defense Fund dibentuk pada 2019. Ia menawarkan anggaran 7,9 miliar euro untuk periode 2021-2027. European Defense Fund dimaksudkan unutk mendukung kerja sama dalam produksi pertahanan Uni Eropa dan pengembangan teknologi militer. Sebanyak 61 proyek yang dipilih pada Juli lalu oleh Komisaris Pasar Internal Uni Eropa Thierry Breton didanai bersama.

Saat ini sejumlah negara Uni Eropa masih memberikan bantuan pertahanan pada Ukraina. Hal itu telah mengurangi pasokan persenjataan mereka, sekaligus menunjukkan kapasitas militer negara-negara Benua Biru. 

photo
Prajurit Ukraina berlatih menggunakan senjata bantuan dari mancanegara pada Maret 2022 lalu. - (AP/Efrem Lukatsky)

Bantahan Cina

Dalam perkembangan betbeda, Pemerintah Cina telah menyangkal laporan Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) tentang peningkatan dan kecepatan program senjata nuklir Negeri Tirai Bambu. Beijing menilai laporan itu merupakan spekulasi yang tidak wajar.

Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Cina mengatakan, AS telah mulai “menggerakkan tangan” dan menebak-nebak tentang modernisasi kekuatan nuklir Cina. “Harus ditekankan bahwa Cina dengan tegas mengejar strategi nuklir pertahanan diri, selalu berpegang pada kebijakan untuk tidak menjadi yang pertama menggunakan senjata nuklir kapan pun atau dalam keadaan apa pun serta mempertahankan kekuatan nuklirnya pada tingkat terendah yang dibutuhkan oleh keamanan nasional,” kata Kemenhan Cina dalam sebuah pernyataan, Selasa (6/12).

Pekan lalu Departemen Pertahanan AS merilis laporan yang memprediksi bahwa Cina akan memiliki 1.500 hulu ledak nuklir pada 2035. Washington memperkirakan, saat ini Negeri Tirai Bambu sudah memiliki lebih dari 400 hulu ledak nuklir.

“Departemen Pertahanan memperkirakan persediaan hulu ledak nuklir operasional (Cina) telah melampaui 400. Jika Cina melanjutkan laju ekspansi nuklirnya, kemungkinan akan memiliki persediaan sekitar 1.500 hulu leda” pada 2035,” kata Pentagon dalam laporannya yang dirilis 29 November lalu.

Menurut laporan itu, Cina juga disebut tengah berusaha memodernisasi rudal balistiknya yang dapat mengirimkan senjata nuklir. Pentagon mengatakan, sepanjang 2021 lalu, Cina melakukan 135 kali pengujian rudal. Jumlah itu lebih banyak dibandingkan dengan uji coba rudal yang dilakukan berbagai negara.

Pentagon berpendapat, angkatan udara Cina membuat kemajuan untuk menyamakan kemampuannya dengan angkatan udara Barat. Sebelum laporan Pentagon dirilis, seorang pejabat senior Departemen Pertahanan AS mengatakan, angkatan udara berusaha maju di semua lini atau aspek, mulai dari peralatan yang dioperasikan, hingga kemampuan pilot dan personel lainnya.

KJCB Dipastikan Terintegrasi

Perpindahan antarmoda dan fasilitas bagi penumpang dibuat senyaman dan semudah mungkin.

SELENGKAPNYA

Giroud, Sang Raja Gol Prancis

Giroud sempat disindir Benzema bahwa kualitas mereka jauh berbeda bak mobil F1 dan gokart.

SELENGKAPNYA

Erick Perkuat CSR BUMN untuk Biayai Usaha Mikro

Erick mengatakan, rasio utang terhadap modal BUMN juga terus mengalami penurunan.

SELENGKAPNYA