vp,,rm
Pengunjung melihat produk yang dipamerkan pada acara UMKM Merah Putih 2022 di Jakarta, Selasa (29/11/2022). Bazzar yang diikuti oleh ribuan UMKM yang sebagaian besar binaan dari Rumah BUMN, Kemenkop UKM dan instansi lainnya tersebut berlangsung secara hyb | Republika

Kabar Utama

Erick Perkuat CSR BUMN untuk Biayai Usaha Mikro

Erick mengatakan, rasio utang terhadap modal BUMN juga terus mengalami penurunan.

JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir terus melakukan transformasi untuk mempertajam daya tembus program tanggung jawab sosial (CSR) perusahaan negara kepada pelaku usaha mikro dan kecil (UMK).

Erick memberikan sentuhan baru untuk program pendanaan usaha mikro dan kecil (PUMK) yang merupakan bagian dari program Bakti BUMN. Tujuannya untuk meningkatkan akses permodalan bagi UMK.

Berbeda dengan pelaksanaan PUMK sebelumnya, Erick kini mengatur agar kerja sama program PUMK dapat dilakukan oleh BUMN dengan BUMN lain atau anak usaha yang menjalankan bisnis sebagai lembaga pembiayaan dan perbankan. "Intinya, BUMN dapat menggandeng BUMN di sektor keuangan yang memiliki kemampuan dalam menyalurkan pinjaman," ujar Erick saat peluncuran kerja sama program PUMK di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (5/12).

Erick menyampaikan, mekanisme kerja sama antara BUMN tersebut harus dituangkan dalam surat perjanjian dan/atau kontrak. Kesepakatan tersebut minimal memuat hak dan kewajiban serta tugas dan tanggung jawab masing-masing pihak. Ketentuan terbaru itu diatur dalam Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-6/MBU/09/2022 tanggal 8 September 2022. Aturan itu mengatur tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-05/MBU/04/2021 tentang Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN.

Erick mengatakan, terobosan itu dilandasi hasil evaluasi terhadap pelaksanaan program PUMK di BUMN sebelumnya. Hasil evaluasi menunjukkan telah terjadi tantangan yang dinamis dalam hal penyaluran dan tingkat kolektabilitas piutang yang belum optimal. Ia menyampaikan, pelaksanaan program pendanaan usaha mikro dan usaha kecil sebelumnya disebut program kemitraan yang secara umum mampu meningkatkan skala usaha bagi usaha mikro dan kecil.

photo
Pengunjung melihat produk yang dipamerkan pada acara UMKM Merah Putih 2022 di Jakarta, Selasa (29/11/2022). - (Republika)

Dia melanjutkan, peraturan baru tersebut juga mengatur bentuk pendanaannya. Pertama, berbentuk pemberian modal kerja dalam bentuk pinjaman dan/atau pembiayaan syariah dengan jumlah pinjaman maksimal Rp 250 juta per UMK.

Kedua, berbentuk pinjaman tambahan dalam bentuk pinjaman dan/atau pembiayaan syariah untuk membiayai kebutuhan yang bersifat jangka pendek (maksimal satu tahun) dengan jumlah maksimal Rp 100 juta per UMK.

Erick mengatakan, modal kerja yang diberikan dalam bentuk pinjaman dikenakan jasa administrasi sebesar 3 persen per tahun, dihitung dari saldo pinjaman awal tahun atau suku bunga flat yang setara dengan 3 persen per tahun, terhitung dari saldo pinjaman awal tahun. Pinjaman modal kerja ini diberikan dengan jangka waktu atau tenor pinjaman paling lama tiga tahun.

"Dengan demikian, ini akan jauh lebih ringan dari KUR dan sifatnya harus berputar atau revolving. Cocok untuk UMK yang memang belum bankable dan diharapkan nantinya akan naik kelas, sehingga layak untuk mendapatkan dukungan dari skema pembiayaan yang lebih tinggi,” ucap Erick.

Sebagai langkah awal, Erick merekomendasikan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI sebagai pengelola kerja sama program PUMK, terutama dengan BUMN dan perusahaan dengan kepemilikan negara minoritas (PKNM). Dalam pelaksanaannya, BRI dapat mengajak anak perusahaan yang memiliki kegiatan usaha penyaluran program PUMK dengan skema pembiayaan yang belum dapat dilakukan oleh BRI.

Selanjutnya, ia meminta BRI mempersiapkan berbagai hal-hal demi berjalannya program PUMK dengan skema kerja sama tersebut. "Prioritas utama program PUMK dapat memberikan kemudahan UMK untuk mendapatkan akses permodalan. Hal itu dibuktikan dengan kebijakan program PUMK menyasar UMK yang belum mendapatkan pinjaman usaha serta belum memenuhi kriteria untuk mendapat pinjaman usaha perbankan," ungkap pria kelahiran Jakarta tersebut.

Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) mendukung program PUMK yang merupakan bagian dari program Bakti BUMN. Anggota Himbara, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, menilai program ini sekaligus menjadi bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan bagi perusahaan BUMN. Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan, melalui program tersebut, perseroan dapat makin berperan untuk memperkuat daya saing sehingga menciptakan UMKM Indonesia yang unggul. 

“Sebagai upaya dalam mengembangkan segmen UMKM, Bank Mandiri juga memiliki beberapa inisiatif, antara lain melalui pengembangan Rumah BUMN sebagai wadah pelatihan dan pembinaan yang menjadi bagian program tanggung jawab sosial dan lingkungan,” ujarnya ketika dihubungi Republika, Senin (5/12).

Menurut dia, perseroan secara aktif melakukan pelatihan dan pembinaan untuk meningkatkan kapasitas, wawasan dan kemampuan pelaku usaha UMKM secara langsung. Salah satunya dengan memanfaatkan ekosistem digital seperti e-commerce dan media sosial untuk memperluas pasar UMKM lokal.

photo
Penggagas Event UMKM Merah Putih sekaligus Penasihat Utama Ikatan Istri Karyawan Bank Mandiri (IIKBM) Henny Darmawan melihat produk UMKM pada acara UMKM Merah Putih 2022 di Jakarta, Selasa (29/11/2022). - (Republika)

Hasilnya, sejak dijalankan pada 2017, perseroan telah mendirikan 22 Rumah BUMN yang tersebar di Indonesia. Dari jumlah itu, total UMKM yang tergabung dalam Rumah BUMN Bank Mandiri sudah lebih dari 13.600 UMKM dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 42 ribu.

Dari sisi fungsi intermediasi, Bank Mandiri per Oktober 2022 sudah menyalurkan kredit usaha rakyat senilai Rp 34,38 triliun kepada lebih dari 319 ribu debitur di Indonesia atau 85,96 persen dari target 2022 sebesar Rp 40 triliun.

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk berkomitmen untuk meningkatkan pengembangan ekonomi masyarakat dalam rangka penguatan kestabilan ekonomi saat masa pemulihan. Perseroan memiliki program Rumah BUMN yang menjaring komunitas pelaku UMKM untuk membentuk ekosistem agar dapat mendukung pertumbuhan bisnis lebih kuat serta menembus pasar global.

Sekretaris Perusahaan BNI Okki Rushartomo mengatakan, program tanggung jawab sosial perusahaan terus dijalankan perseroan. “Tentunya semua program yang telah berjalan baik, seperti pengembangan masyarakat. Kami harap dapat lebih banyak komunitas yang lebih berdaya dan mampu melompat lebih tinggi," katanya.

Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) menyambut baik program PUMK yang digulirkan Menteri BUMN Erick Thohir. Ia berharap program pendanaan tersebut bisa tepat sasaran.

"Membantu permodalan pelaku UMKM merupakan langkah yang baik. Namun, bagaimana distribusinya? Sumber dananya kan CSR, jangan sampai alokasinya menjadi tidak tepat sasaran," kata dia.

Edy menjelaskan, pemerintah atau BUMN perlu berdiskusi dengan asosiasi UMKM supaya dapat menyalurkan dana secara tepat. Dia menegaskan, asosiasi mengetahui UMKM yang membutuhkan permodalan.

BUMN Catatkan Laba Rp 155 Triliun

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, transformasi BUMN menghasilkan kinerja positif dan berkontribusi besar untuk perekonomian Indonesia. Laba konsolidasi BUMN hingga kuartal III 2022 disebut sudah mencapai Rp 155 triliun.

“Capaian dan kontribusi ini menjadi bukti adanya konsolidasi, efisiensi, dan fokus pembangunan ekosistem di BUMN,” ujar Erick saat rapat kerja dengan Komisi VI DPR di gedung DPR, Jakarta, Senin (5/12).

Erick menyebut, laba konsolidasi sebesar Rp 155 triliun meningkat dari laba konsolidasi pada tahun lalu yang sebesar Rp 125 triliun atau pada 2020 yang hanya Rp 13 triliun. Erick mengatakan, capaian apik ini pun terlihat pada kontribusi BUMN kepada negara.

photo
Menteri BUMN Erick Thohir saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (5/12/2022). Rapat tersebut membahas evaluasi pelaksanaan kinerja Kementerian BUMN Tahun 2022, evaluasi pencapaian kinerja BUMN Tahun 2022 dan rencana aksi pembinaan BUMN Tahun 2023. - (Republika/Prayogi)

“Sampai kuartal III 2022, itu untuk tiga tahun terakhir (2020-kuartal III 2022), termasuk juga saat Covid-19, kontribusi total BUMN kepada negara sebesar Rp 1.198 triliun terdiri atas pajak, bagi hasil, PNBP, dan dividen. Artinya, lebih tinggi Rp 68 triliun dari kumulatif tiga tahun (2017-2019) yang sebesar Rp 1.130 triliun,” ucap dia.

Menurut Erick, laba konsolidasi BUMN pada kuartal III 2022 sejatinya lebih besar, yakni Rp 209 triliun. Namun, hal ini karena adanya laba hasil restrukturisasi Garuda yang mencapai Rp 54 triliun.

“Memang kita hanya bicara yang laba cash, kalau yang cash dan noncash digabungkan itu bisa tinggi sekali karena tahun depan, belum tentu ada noncash sebesar ini seperti yang dari Garuda,” ujarnya.

Erick mengatakan, kinerja positif BUMN juga tergambar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Ia menyebut performa BUMN lebih unggul daripada sektor swasta. Capital gain emiten BUMN tercatat sebesar 8,2 persen dengan kumulatif dividen mencapai 9,8 persen.

Menurut Erick, return atau total pengembalian yang diterima pemegang saham BUMN mencapai 18 persen atau lebih baik ketimbang sektor swasta, yang hanya sebesar 10,8 persen. Hal ini juga membuat BEI sangat senang dapat bekerja sama dengan BUMN. Tak heran, menurut dia, BUMN memiliki kontribusi hingga 25 persen sebagai penggerak bursa.

photo
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) bersama Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury (kiri) dan Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo (kanan) bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (56/12/2022). - (Republika/Prayogi)

Selain itu, Erick mengatakan, rasio utang terhadap modal BUMN juga terus mengalami penurunan. Rasio utang terhadap modal pada 2020 mencapai 38,6 persen, kemudian turun menjadi 36,2 persen, dan 2022 yang turun hingga 34 persen. “Artinya, kadang ada persepsi BUMN ini ada utang, tetapi ketika dikonsolidasikan ini sehat,” katanya.

Erick menambahkan, utang Garuda Indonesia turun signifikan hampir 50 persen. Pun dengan ekuitas Garuda yang sempat minus 53 persen kini tinggal 1,5 persen. Dia menyampaikan hal ini berbanding lurus dengan laba yang diraih Garuda.

“Sudah menurun jauh daripada cengkeraman utang dan lain-lain. Kalau lihat performa pada Juni 2022, Garuda sudah mulai menciptakan laba sebesar 3,8 miliar dolar (Rp 57 triliun),” ujar Erick.

Untuk itu, Erick mengatakan, penyertaan modal negara (PMN) akan membuat kinerja Garuda kian optimal. Hal ini bertujuan dalam menambahkan armada dan frekuensi penerbangan domestik.

Tak hanya Garuda, Erick juga menyebut utang PT PLN turun Rp 96 triliun. PLN akan mengoptimalisasi aset yang memiliki manfaat terhadap pengembangan infrastruktur digital. Erick mengatakan, PLN memiliki sumber daya yang besar dalam meningkatkan akselerasi pengembangan infrastruktur digital.

“Ini juga bagian bagaimana kita menyehatkan PLN dan terbukti hari ini dari total utang Rp 500 triliun, sekarang sudah turun jadi Rp 404 triliun, ada penurunan Rp 96 triliun, baik merupakan utang maupun cicilan yang dipercepat,” ujar Erick.

Menguji Konsistensi Maroko

Maroko memiliki peluang mengalahkan La Roja.

SELENGKAPNYA

Piala Dunia dan 'Harga Selangit'

Piala Dunia 2022 di Qatar menjadi turnamen sepak bola termegah sekaligus termahal yang pernah ada.

SELENGKAPNYA