Pekerja mengecat ulang tiang Pendopo Agung Royal Ambarukmo, Yogyakarta, Kamis (1/12/2022). Santer dikabarkan pendopo ini rencananya akan digunakan untuk resepsi pernikahan putera Presiden Joko Widodo, Kaesang Pengarep dengan mantan Puteri Indonesia, Erina | Republika/Wihdan Hidayat

Nusantara

Larangan Amplop di Pernikahan Kaesang-Erina

Putra bungsu Presiden Jokowi akan segera melepas masa lajangnya.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana akan segera melepas masa lajangnya. Persiapan demi persiapan sudah dituntaskan menuju hari H yaitu akad nikah pada Sabtu (10/12) dan ngunduh mantu di keesokan harinya.

Acara ngunduh mantu pada Ahad (11/12) di Solo rencananya akan diramaikan seniman lokal dari berbagai genre. Kakak Kaesang yang juga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan ada sembilan titik sepanjang Jalan Slamet Riyadi yang digunakan kirab pengantin. Di tiap titik ada seniman berbeda-beda yang akan pentas.

Selanjutnya, Gibran mengatakan bahwa tidak ada seniman Ibu Kota yang akan meramaikan acara pernikahan adik bungsunya. "Ndak. Setahu saya ndak ada. Yang punya gawe orang Solo jadi  sebisa mungkin orang Solo juga yang terlibat di sini," katanya, Senin (5/12).

Gibran mengklarifikasi pula mengenai undangan pernikahan Kaesang dan Erina yang menyatakan tidak menerima sumbangan pernikahan. "Intinya kita tidak mau merepotkan tamu yang kita undang, kita didatangi tamu undangan bisa rawuh saja sudah senang," kata Gibran.

photo
Pekerja mengecat ulang tiang Pendopo Agung Royal Ambarukmo, Yogyakarta, Kamis (1/12/2022). Santer dikabarkan pendopo ini rencananya akan digunakan untuk resepsi pernikahan putera Presiden Joko Widodo, Kaesang Pengarep dengan mantan Puteri Indonesia, Erina Gudono. - (Republika/Wihdan Hidayat)

Ia menjelaskan, keluarga hanya meminta tamu yang diundang untuk menyumbangkan doa bagi pasangan pengantin. Ia memperbolehkan membawa karangan bunga, tetapi ia menegaskan tamu undangan tidak usah membawa amplop maupun barang.

"Ya minta doa saja, minta doa. Karangan bunga boleh, sudah itu aja. Kalau barang-barang, amplop tidak usah nanti malah merepotkan," jelasnya.

Gibran juga menjelaskan bahwa sebelumnya pernikahan antara dirinya dan Selvi Ananda pihak keluarga juga tidak menerima sumbangan. "Iya memang (tidak terima sumbangan) zamanku kan yo ora (tidak) menerima sumbangan, tidak ada sumbangan ya, tidak usah bawa sumbangan," katanya.

Selain itu, ketika disinggung alasanya tak terima sumbangan ada kaitannya dengan posisi Jokowi sebagai presiden, Gibran tak membantahnya. "Iya juga (karena Presiden), tapi intinya kita tidak mau merepotkan tamu yang kita undang," pungkasnya.

photo
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan kepada wartawan usai menghadiri rapat persiapan pernikahan putra bungsunya Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Ndalem Wuryaningratan Danar Hadi, Solo, Jawa Tengah, Ahad (4/12/2022). - (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Sementara untuk akad nikah, Wakil Kepala Polda DIY Kombes Pol Raden Slamet Santoso mengatakan, pengamanan akan dilakukan di beberapa titik. Artinya, pengamanan tidak hanya akan dilakukan di lokasi berlangsungnya acara pernikahan di Royal Ambarrukmo.

"Kan rangkaiannya ada dari, mulai kediaman, di Ambarrukmo hotel dan tamu-tamu hotel lainnnya," kata Slamet, Senin (5/12).

Pengamanan terkait lalu lintas pun akan dilakukan di beberapa titik, mengingat Presiden Jokowi juga akan hadir. Namun, Slamet menyebut, seperti apa pengamanan terkait lalu lintas ini masih akan dibahas lebih lanjut.

"Cuma nanti kita persiapkan di seluruh jalur, sehingga acara juga bisa berjalan dengan lancar. Karena ada beberapa event (lain) pada hari itu dan kemudian masyarakat juga bisa melaksanakan kegiatannya masing-masing. Jadi berjalan simultan, jadi semuanya kita antisipasi," tambahnya.

Terkait pengamanan nantinya, 500 personel kepolisian disiagakan. Seluruh personel tersebut, kata Slamet, juga akan mengamankan kegiatan lainnya di hari yang sama. "(Pengamanan dilakukan) Termasuk kebutuhan masyarakat lainnya, itu ada di beberapa titik, kita perkirakan (personel yang disiapkan) sejumlah itu," jelasnnya. 

Cegah Lonjakan Inflasi Pangan

Hampir seluruh komoditas bahan pokok utama mulai mengalami kenaikan harga.

SELENGKAPNYA

Liga 1 Digelar Tanpa Penonton

Kapolri klaim sudah evaluasi penggunaan gas air mata di dalam stadion.

SELENGKAPNYA

Piala Dunia dan 'Harga Selangit'

Piala Dunia 2022 di Qatar menjadi turnamen sepak bola termegah sekaligus termahal yang pernah ada.

SELENGKAPNYA