Tribun penonton kosong saat pertandingan lanjutan BRI Liga 1 antara PSM Makassar dengan Persikabo 1973 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta, Senin (5/12/2022). | Republika/Wihdan Hidayat

Sepak Bola

Liga 1 Digelar Tanpa Penonton

Kapolri klaim sudah evaluasi penggunaan gas air mata di dalam stadion.

JAKARTA—Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menuturkan, pemerintah telah memutuskan untuk kembali menggelar Liga 1 musim 2022. Namun, pertandingan sepak bola itu bakal digelar tanpa penonton.

Adapun liga sepak bola nasional itu sempat dihentikan. Hal ini merupakan akibat tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur pada Oktober 2022 yang menewaskan ratusan suporter.

"Sekarang pemerintah mengumumkan bahwa sepak bola liga itu akan diselesaikan jadwal yang sudah ditentukan akan diselesaikan dan PSSI atau pemerintah (dalam hal ini) Menpora akan mengendalikan ini dan Bapak Kapolri itu sudah menjamin segi-segi keamanannya," kata Mahfud saat konferensi pers di Kantor Kemenko Polhukam, Senin (5/12).

Mahfud menjelaskan, Liga 1 akan digelar tanpa penonton. "Penyelesaian sepak bola ini kemudian pertandingan liga itu diizinkan tanpa ada penonton, tanpa ada penonton untuk menyelesaikan," tambahnya.

Menko Polhukam mengatakan, seiring dengan melanjutkan pertandingan Liga 1, reformasi persepakbolaan nasional, khususnya Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) terus berlangsung. Reformasi itu sesuai dengan kesepakatan maupun pembicaraan yang dilakukan pemerintah, baik dengan FIFA maupun dengan PSSI.

Selain itu, Mahfud melanjutkan, pengusutan Tragedi Stadion Kanjuruhan yang menewaskan ratusan pendukung Arema FC atau Aremania akan terus berjalan. Ia memastikan berbagai rekomendasi dari Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan hampir semuanya sudah dilakukan.

"Satu, untuk bidang keamanan yang dulu dipersoalkan sekarang Kapolri sudah mengeluarkan Perpol, Peraturan Polisi yang menjadi salah satu rekomendasi utama TGIPF. Kemudian. stadion-stadion sudah mulai dibangun, disiapkan untuk direnovasi agar memenuhi standar internasional," tutur Mahfud.

Evaluasi

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menegaskan keberadaan penonton di stadion pada lanjutan Liga 1, 2, dan 3 musim 2022-2023 tergantung pada evaluasi yang dilakukan seiring bergulirmya kompetisi. "Tentu dalam perjalanannya akan ada evaluasi yang dilakukan pemerintah dan Polri. Bisa saja ada hal-hal yang perlu diperbaiki," ujar Zainudin Amali.

Menpora melanjutkan, evaluasi nantinya akan melibatkan pemerintah, dalam hal ini beberapa kementerian seperti Kemenpora, Kementerian PUPR dan Kementerian Kesehatan, lalu PSSI, operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) serta Polri. Evaluasi kemudian akan menghasilkan rekomendasi yang berujung pada keluarnya izin dari pihak Polri. "Izin itu (keberadaan penonton-red) tergantung Polri," kata Menpora.

Sementara, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengaku, pihaknya sudah melakukan berbagai evaluasi usai Tragedi Kanjuruhan pada Oktober 2022 lalu. Salah satunya, yakni terkait penggunaan gas air mata. Ia mengeklaim ada beberapa perbaikan, baik terhadap sistem evaluasi, sistem perizinannya, kemudian metode dan kesiapan dari rangkaian pengamanan. Yakni mulai dari sebelum, pada saat pelaksanaan kegiatan, dan pascakegiatan.

photo
Penyerang Persikabo 1973 Gustavo dihadang dua pemain PSM Makassar pada pertandingan lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta, Senin (5/12/2022). Pada pertandingan ini PSM Makassar berhasil menang atas Persikabo 1973 dengan skor 2-0. Gol dicetak oleh Donald Bissa dan Everton. - (Republika/Wihdan Hidayat)

"Semuanya tentunya dilakukan evaluasi dan persiapan yang lebih baik, termasuk khususnya terkait dengan aturan-aturan FIFA yang kemudian kita perjelas, termasuk masalah penggunaan gas air mata,” tutur Listyo Sigit, Senin.

Kapolri menambahkan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Polri beberapa waktu lalu telah mengeluarkan Peraturan Polisi (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 terkait dengan pengamanan olahraga. Didalamnya khusus mengatur terkait dengan pengamanan penyelenggaraan sepakbola.

Listyo Sigit juga memastikan bahwa Polri akan terus mendukung pelaksanaan sepak bola di Indonesia, termasuk dilanjutkannya kembali penyelenggaraan Liga 1. Apalagi, sambung dia, Indonesia bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2023 mendatang. 

Cegah Lonjakan Inflasi Pangan

Hampir seluruh komoditas bahan pokok utama mulai mengalami kenaikan harga.

SELENGKAPNYA

RKUHP Dijadwalkan Disahkan Hari Ini

Menkumham mengeklaim RKUHP telah mengakomodasi berbagai aspirasi masyarakat menjelang disahkan menjadi UU.

SELENGKAPNYA

Piala Dunia dan 'Harga Selangit'

Piala Dunia 2022 di Qatar menjadi turnamen sepak bola termegah sekaligus termahal yang pernah ada.

SELENGKAPNYA