Pelatih timnas Spanyol, Luis Enrique. | AP/Luis Vieira

Piala Dunia

Akhir Cerita Grup Neraka

Grup E dianggap sebagai grup terberat hingga mendapatkan label grup neraka.

AL RAYYAN -- Dua mantan juara dunia, Spanyol dan Jerman, serta negara tersukses di gelaran Piala Asia, Jepang, ditambah perempat finalis Piala Dunia 2014, Kosta Rika, berada dalam satu grup yang sama. Komposisi itu yang mengisi Grup E Piala Dunia 2022.

Alhasil, Grup E dianggap menjadi yang terberat dan mendapatkan label grup neraka di Qatar 2022. Salah satu tim unggulan, Jerman, bahkan sepertinya sudah merasakan betul panasnya persaingan di grup neraka ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Selección Española de Fútbol (@sefutbol)

Die Mannschaft menjadi korban kejutan di Grup E saat dibekap Jepang, 1-2, di laga pembuka, pekan lalu. Pengoleksi empat gelar trofi Piala Dunia itu pun belum kunjung mencatatkan kemenangan setelah berbagi poin dengan Spanyol, 1-1, di laga kedua. Hanya bisa memetik satu poin di dua laga penyisihan, Jerman terpuruk di dasar klasemen sementara Grup E.

Jerman masih memiliki asa untuk bisa lolos ke babak 16 besar, tapi itu bergantung pada hasil di laga lainnya. Selain harus mampu membungkam Kosta Rika di laga pamungkas Grup E, Jerman berharap Spanyol mampu mengalahkan Jepang di laga lainnya, Jumat (2/12) dini hari WIB.

Sementara itu, Kosta Rika bisa tampil di babak 16 besar apabila bisa membungkam Jerman. Jika hanya bisa memetik satu poin di laga tersebut, maka peluang Los Ticos ke babak 16 besar akan bergantung di hasil laga Spanyol kontra Jepang. Dengan begitu, laga Spanyol kontra Jepang bisa dibilang menjadi kunci utama dalam menentukan akhir cerita grup neraka di Piala Dunia 2022.

Spanyol, yang membungkam Kosta Rika, 7-0, di putaran pertama memang mengantongi peluang terbesar untuk melaju ke babak 16 besar sebagai wakil Grup E. Berada di puncak klasemen sementara dengan raihan empat poin, La Furia Roja sudah bisa melaju ke babak 16 besar apabila hanya memetik hasil imbang di laga kontra Jepang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by DFB-Team (@dfb_team)

Pelatih Spanyol Luis Enrique sadar dengan peta persaingan yang terhampar di Grup E, termasuk dengan keuntungan bagi Jerman apabila berhasil mengalahkan Jepang. La Furia Roja tetap mengincar kemenangan di laga yang bakal digelar di Stadion Al Khalifa Internasional, Al Rayyan.

Namun, target raupan tiga angka itu bukan semata-mata demi memberikan angin segar kepada Die Mannschaft, melainkan guna memenuhi target finis sebagai juara Grup E. Bisa mengakhiri grup neraka sebagai juara grup dapat mendongkrak kepercayaan diri La Furia Roja di babak 16 besar.

"Kami akan berusaha tampil dengan kekuatan penuh dan berusaha menjuarai grup yang disebut grup neraka ini," kata Enrique, seperti dilansir Daily Mail, Rabu (30/11).

Di sisi lain, Jepang dilaporkan memiliki problem yang sama mengenai kesiapan pemain. Wataru Endo disebut-sebut tengah mengalami cedera lutut kanan dan diragukan untuk tampil. Tidak hanya itu, Takehiro Tomiyasu dan Hiroki Sakai juga disebut tengah mengalami masalah kebugaran setelah didera cedera hamstring.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Japan Football (@japan_football__)

Pelatih tim nasional Jepang Hajime Moriyasu menegaskan, hal terpenting dalam persiapan anak asuhnya untuk menghadapi Spanyol adalah kondisi mentalitas bertanding. Kegembiraan seusai membungkam Jerman, kemudian berlanjut dengan kekecewaan besar seusai ditundukkan Kosta Rika sudah benar-benar dilupakan tim Samurai Biru.

"Dengan kemampuan teknik, mereka (Spanyol) telah membuktikan sebagai salah satu tim terbaik di dunia. Namun, kami ingin meraih kemenangan dan melewati mereka. Hanya itu yang harus kami pikirkan," kata Moriyasu seperti dilansir Japan Today, Rabu (30/11).

 

Prediksi Susunan Pemain:

Jepang (4-2-3-1)

  • Pelatih: Hajime Moriyasu
  • Kiper: Gonda
  • Belakang: Yamane, Itakura, Yoshida, Nagatomo
  • Tengah: Morita, Tanaka; Ito, Kamada, Kubo
  • Depan: Ueda

 

Spanyol (4-3-3)

  • Pelatih: Luis Enrique
  • Kiper: Simon
  • Belakang: Alba, Laporte, P Torres, Carvajal
  • Tengah: Pedri, Rodri, Koke
  • Depan: Torres, Morata, Olmo

 

Data dan Fakta: 

  • 0 -- Spanyol tercatat tidak pernah kalah dalam tujuh laga terakhir di Piala Dunia (tiga kemenangan dan empat hasil imbang).
  • 1 -- Jepang berpeluang melaju ke babak 16 besar dalam dua edisi beruntun untuk pertama kalinya sepanjang partisipasi di Piala Dunia. 
  • 3 -- Di tiga laga terakhir di Piala Dunia, Jepang menelan tiga kekalahan dan satu kemenangan.
  • 5 -- Dalam lima kesempatan terakhir menghadapi wakil Asia di Piala Dunia dalam waktu normal, Spanyol tidak pernah kalah dengan torehan tiga kemenangan dan dua hasil imbang.
  • 9 -- Dalam sembilan partisipasi terakhir di Piala Dunia, Spanyol berhasil mencatatkan kemenangan di delapan laga terakhir penyisihan grup.

Pedagang: Pasokan Beras Menurun

Mentan optimistis produksi beras lokal tetap mencukupi kebutuhan dalam negeri.

SELENGKAPNYA

Dakwah Wasathiyah Jadi Materi Utama Standardisasi Dai MUI

Materi utama peserta standardisasi kompetensi dai adalah penguatan dakwah Islam wasathiyah.

SELENGKAPNYA

'Tuntaskan Persoalan Istithaah Haji'

Muzakarah Perhajian diharapkan menghasilkan konsep istithaah berkeadilan.

SELENGKAPNYA