Pemeriksaan dan vaksinasi gratis hewan dalam rangka memeringati Hari Rabies Sedunia yang digelar Diskominfo dan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat di Ciwalk, Kota Bandung, Rabu (28/9/2022). | Edi Yusuf/Republika

Kisah Dalam Negeri

60 Persen Daerah di Indonesia Masih Endemik Rabies

Infeksi penyakit ini menyebabkan puluhan ribu kematian di dunia setiap tahunnya, utamanya di Asia dan Afrika.

OLEH DIAN FATH RISALAH

Pada setiap 28 September, orang-orang di seluruh dunia memperingati Hari Rabies Sedunia untuk menyebarkan kesadaran tentang bahaya penyakit ini, dan bagaimana cara menghentikannya. Acara yang diselenggarakan oleh Alliance for Rabies Control (GARC) ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang bagaimana rabies dapat diberantas pada manusia dan hewan peliharaan jika kita mengambil langkah yang tepat.

Direktur Pasca Sarjana Universitas YARSI, Prof Tjandra Yoga Aditama mengatakan, infeksi penyakit ini menyebabkan puluhan ribu kematian di dunia setiap tahunnya, utamanya di Asia dan Afrika. Untuk Indonesia, data menunjukkan bahwa setidaknya 26 Provinsi di Indonesia ada dalam situasi endemis Rabies dan delapan Provinsi lainnya adalah bebas rabies.

"Sekitar 60 persen wilayah Indonesia masih merupakan daerah endemis rabies. Bali adalah salah satu provinsi dengan kasus dan kematian akibat rabies, termasuk pada 2022 ini, yang tentu perlu jadi perhatian sehubungan pertemuan puncak G 20 akan diselenggarakan dalam waktu tidak lama lagi," kata Tjandra, Rabu.

Dari kacamata kesehatan manusia maka strategi penanganan kasus Gigitan Hewan Penular Rabies (GHPR) pada dasarnya dilakukan melalui tiga aspek. Pertama meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan melalui dua cara, ke satu meningkatkan jumlah “rabies center” sebagai pusat pelayanan kasus GHPR dan pusat promosi kesehatan rabies dan kedua melakukan pelatihan tenaga kesehatan dalam tatalaksana kasus GHPR.

Aspek kedua strategi ini yaitu meningkatkan ketersediaan dan distribusi logistik vaksin anti rabies (VAR) dan serum anti rabies (SAR). Untuk aspek strategi ketiga adalah penguatan jejaring lintas program dan lintas sektor untuk penanganan kasus GHPR terpadu.

Rabies adalah masalah kesehatan penting yang perlu ditangani bersama. Hari Rabies Sedunia 28 September ini perlu diikuti dengan kegiatan nyata di lapangan.

"Untuk Indonesia diberitakan akan ada kegiatan penyuntikan massal pada anjing di Bali, dan akan ada pula seminar ilmiah di RS Pusat Infeksi Sulianti Suroso (RSPI-SS) dan juga di Universitas Udayana. Semoga kita dapat mengendalikan rabies dengan lebih baik di hari-hari ke depan ini," ujar Tjandra.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin juga menyatakan bahwa Pemerintah Indonesia menggunakan pendekatan "one health" untuk melakukan penanggulangan pada penyakit rabies dan penyakit akibat zoonosis lainnya.

“Oleh karena itu, pemeliharaan anjing domestik dan penanganan anjing liar secara tepat dan benar sangat menentukan keberhasilan pencegahan rabies,” kata Budi.

photo
Warga membawa kucing untuk vaksinasi rabies saat Bulan Vaksinasi Rabies Gratis di Kelurahan Parangpuluhan, Yogyakarta, Selasa (6/9/2022). Vaksinasi rabies gratis ini menyasar 2.600 hewan peliharaan warga seperti kucing, anjing, dan kera. - (Republika/Wihdan Hidayat)

Dia menyatakan pemerintah terus berupaya memantau perkembangan penyakit tersebut, dengan menerapkan pendekatan one health. Di mana pendekatan itu mengajak seluruh jajaran dalam pemerintahan bersama masyarakat, bekerja sama melaksanakan penanggulangan rabies untuk mencapai eliminasi rabies global pada tahun 2030 mendatang.

“Maka tugas kita harus membebaskan 26 provinsi lainnya dari rabies,” kata dia.

Ia menambahkan, pendekatan one health diharapkan dapat memaksimalkan pencegahan kematian akibat rabies pada manusia, yang ditentukan oleh penanganan luka gigitan secara tepat, vaksinasi anti rabies dan pemberian serum anti rabies. Hal ini berarti, pekerjaan ini adalah pekerjaan bersama lintas kementerian baik kesehatan pertanian maupun lingkungan hidup.

“Dukungan seluruh komponen bangsa sangat diperlukan agar eliminasi rabies global 2030 dapat tercapai,” kata dia.

Bergembira Bersama di Pestapora

Aksi-aksi Vincent dan Desta membuat suasana pertunjukan makin meriah dengan banyaknya celotehan di sela-sela lagu.

SELENGKAPNYA

Mitigasi Haji untuk Tahun Depan Mulai Disiapkan

Bimbingan ibadah haji harus dilakukan secara profesional

SELENGKAPNYA

Panjat Tebing Bidik Medali Olimpiade

Aspar yang tampil meyakinkan akhirnya keluar sebagai juara dan meraih medali emas

SELENGKAPNYA