Pekerja melakukan perawatan rumput di Stadion Indomilk Arena, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (6/7/2022). Stadion yang menjadi markas klub Persita Tangerang tersebut menjalani perawatan rutin jelang dimulainya Liga 1 pada 23 Juli 2022. | ANTARA FOTO/Fauzan

Olahraga

14 Jul 2022, 06:05 WIB

PT LIB: Jadwal Liga 1 Sudah Fix

PT LIB sudah merilis jadwal resmi Liga 1 2022/2023 terbaru.

JAKARTA -- Persoalan Jadwal kompetisi Liga 1 musim 2022/2023 telah rampung. PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator Liga 1 mengatakan sudah berupaya mengakomodasi beberapa persoalan mengenai jadwal pertandingan. Ia juga menegaskan, jadwal sudah fix  atau beres.

Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, langsung merespons persoalan tersebut dengan menyebut pihaknya telah melakukan revisi juga menerima masukan serta pertimbangan dari berbagai aspek. "Kami sudah rapatkan dan untuk persoalan kemarin sudah diakomodir. Jadwal sudah fix," kata Sudjarno saat dikonfirmasi oleh Republika, Rabu (13/7).

Adapun PT LIB sudah merilis jadwal resmi Liga 1 2022/2023 terbaru, Rabu (13/7). Terdapat beberapa perubahan dari draf jadwal yang telah diberikan kepada klub-klub peserta.

Salah satu perubahan yang tampak adalah persoalan kick-off malam. Perubahan juga terjadi terhadap jadwal kick-off untuk partai pembuka antara Bali United melawan Persija Jakarta. Dalam draf awal, jadwal laga Bali United versus Persija berlangsung pada Sabtu (23/7), pukul 20.30 WIB. Kini, partai tersebut ditarik lebih cepat menjadi pukul. 16.00 WIB pada hari yang sama.

photo
Pekerja melakukan perawatan rumput di Stadion Indomilk Arena, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (6/7/2022). Stadion yang menjadi markas klub Persita Tangerang tersebut menjalani perawatan rutin jelang dimulainya Liga 1 pada 23 Juli 2022. - (ANTARA FOTO/Fauzan)

Untuk laga malam hari, liga akan mempertemukan PSIS Semarang melawan tim promosi RANS Nusantara FC. Sehari berselang, Ahad (24/7), Borneo FC akan menjajal kekuatan Arema FC.

Lebih lanjut Sudjana menyatakan, jadwal Liga 1 musim depan sudah disesuaikan dengan agenda FIFA, AFF, dan AFC. "Kemudian juga mempertimbangkan kesiapan infrastruktur stadion, lantas ada juga nantinya Piala Indonesia. Itu sudah kami pertimbangkan dan sesuaikan betul," kata dia.

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat Teddy Tjahjono mengaku akan berdiskusi dengan jajaran pelatih mengenai jadwal terbaru ini. Dalam draf, jadwal Persib bermain adalah pada sore sebanyak enam kali, sedangkan sisanya di atas pukul 20.00 WIB tanpa ada satu pun laga yang bermain pada pukul 18.00 WIB.

"Kami belum melihat secara detail, tim pelatih akan melihat secara keseluruhan, baru kami diskusikan" kata Teddy di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Rabu (13/7).

Teddy mengaku akan menjadi penyambung lidah dari tim kepada operator liga, termasuk kemungkinan Persib akan kembali mengirimkan surat keberatan kepada PT LIB. "Apabila ada masukan (dari tim), kami akan memberikan masukan ke PT LIB," kata Teddy.

Dari Bali, asisten pelatih Bali United Yogi Nugraha mengatakan, perkembangan tim sangat baik meski pelatih utama Stefano “Teco” Cugurra saat ini tengah di Brasil untuk menyelesaikan lisensinya. "Perkembangannya baik-baik saja, tidak ada masalah, sama seperti liga musim lalu. Beliau meninggalkan tim untuk menyelesaikan lisensi A Pro di Brasil dan normal, latihan berjalan seperti biasa," kata Yogi, Rabu.

Di sisi lain, Yogi mengaku baru melihat jadwal terbaru kompetisi. Bermain di Bali, Bali United harus bermain satu jam lebih lama daripada jadwal yang menggunakan zona waktu Indonesia bagian barat.

photo
Pekerja melakukan perawatan rumput di Stadion Indomilk Arena, Kabupaten Tangerang, Banten, Rabu (6/7/2022). Stadion yang menjadi markas klub Persita Tangerang tersebut menjalani perawatan rutin jelang dimulainya Liga 1 pada 23 Juli 2022. - (ANTARA FOTO/Fauzan)

"Hakikatnya, kalau main jadwal lama, 20.30 WIB, ketika kita main di Bali jadi 21.30 WITA, dan kalau pertandingan biasa kita baru selesai 23.30 WITA, 12 malam. Memang kalau untuk di timur, kita yang di Kalimantan, Bali, dan Sulawesi main terlalu malam," kata Yogi.

Meski keberatan dengan waktu, Yogi menyambut baik sistem tandang dan kandang yang kembali diterapkan pada musim ini. Yogi mengakui, dengan adanya sistem  tersebut, ditambah dengan hadirnya penonton, gairah sepak bola akan kembali hidup.

"Kami antusias dengan laga tandang-kandang dan ada kembali suporter dan gairah sepak bolanya ada .... Ini sebuah momentum dan kita rindu suasana seperti itu," kata Yogi.

Jadwal Pekan Pertama Liga 1 Indonesia 2022/2023:

Sabtu (23/7)

PSIS Semarang Vs RANS Nusantara FC (15.00 WIB)

Madura United Vs Barito Putera (18.15 WIB)

PSS Sleman Vs PSM Makassar (18.15 WIB)

Bali United Vs Persija Jakarta (20.00 WIB)

 

Ahad (24/7)

Borneo FC Samarinda Vs Arema FC (15.30 WIB)

Bhayangkara FC Vs Persib Bandung (20.54 WIB)

 

Senin (25/7) 

Persis Solo Vs Dewa United FC (16.00 WIB)

Persita Tangerang Vs Persik Kediri (18.15 WIB)

Persikabo 1973 Vs Persebaya Surabaya (20.30 WIB) ';

Meneropong Masa Depan De Jong

Perwakilan MU dilaporkan telah berada di Barcelona untuk mendorong kepindahan Frenkie de Jong

SELENGKAPNYA

Dominasi Australia Belum Tergoyahkan

Australia mengalahkan Yordania dengan skor 78-60.

SELENGKAPNYA

Indonesia Taklukkan Saudi di Laga Perdana

Para penggawa tim basket Indonesia bermain dengan baik tanpa melakukan kesalahan.

SELENGKAPNYA
×