Frenkie de Jong (kanan) | EPA-EFE/Alberto Estevez

Olahraga

13 Jul 2022, 05:25 WIB

Meneropong Masa Depan De Jong

Perwakilan MU dilaporkan telah berada di Barcelona untuk mendorong kepindahan Frenkie de Jong

OLEH EKO SUPRIYADI

Frenkie de Jong kembali ke Barcelona dan memulai latihan pramusimnya di Ciutat Esportiva, Selasa (12/7). Dia datang terlambat, tidak seperti rekan setimnya yang lain. 

Namun, hal itu terjadi karena ia menjalani semua pertandingan internasional bersama tim nasional Belanda di UEFA Nations League. Kontrak De Jong di Barcelona berlaku sampai musim panas 2025.

Sejauh ini, tak ada jaminan masa depannya di Barcelona. Chelsea dan Manchester United dikabarkan telah jatuh hati pada mantan pemain Ajax tersebut. Demi mendapatkan dana segar dari menjualnya, Barcelona siap mendengarkan penawaran. 

Dikutip dari Football-espana, pertemuan penting sudah diagendakan antara sang pemain dan klub. Dari laporan Marca juga disebut, perwakilan MU dilaporkan telah berada di Barcelona untuk mendorong kepindahan Frenkie de Jong. 

Pelatih MU, Erik ten Hag, sangat ingin pemain gelandang itu hadir di Old Trafford, setelah sukses bersama di Ajax. Kini, MU ingin segera menyelesaikan negosiasi yang telah berjalan selama satu bulan.

 

MU diklaim telah mengirim delegasi ke ibu kota Katalan untuk negosiasi soal transfer. De Jong saat itu sedang menjalani sesi latihan tim. Pada saat yang sama, CEO dan direktur sepak bola MU menggelar pertemuan dengan manajemen olahraga Barcelona yang dihadiri Rafa Yuste, Mateu Alemany, dan Jordi Cruyff.

Dari sisi keuangan, MU siap membayar biaya transfer sesuai permintaan Barcelona sebesar 75 juta euro atau sekira Rp 1,1 triliun. MU juga bisa menawarkan kontrak yang menggiurkan untuk pemain gelandang itu walaupun sebenarnya pemain internasional Belanda itu telah mendapatkan gaji besar di Barcelona. 

Namun, sampai saat ini negosiasi belum mendapatkan kesepakatan. Hanya saja, akan ada perkembangan berarti dalam waktu dekat. Semua kabar terbaru tersebut bertolak belakang dengan pernyataan Presiden Joan Laporta pekan lalu, yang menegaskan kalau akan melakukan segala cara untuk mencegah De Jong pergi.  

''Kami tidak berniat menjualnya dan dia ingin bertahan. Manchester United bukan satu-satunya yang menginginkannya,'' ujar Laporta.

Kini, Barcelona telah menempatkan De Jong di bursa transfer dan kedatangannya ke MU semakin dekat. Karena itu, pernyataan Laporta tersebut kemungkinan hanya untuk meningkatkan harga jual De Jong. 

Dengan kondisi keuangan Barca yang sedang sulit, pilihan paling masuk akal adalah menjual De Jong. Apalagi, pemain berpostur 1,8 meter ini merupakan salah satu pemain dengan gaji tertinggi di klub dengan bayaran 14 juta euro per musim.

Keinginan De Jong untuk bertahan di Camp Nou juga diusik oleh rencana pengurangan gajinya oleh klub. Rekan setim De Jong, bahkan yang sudah lebih senior, telah lebih dulu mengalami pemotongan gaji akibat ketidakmampuan klub membayar secara penuh. 

 
Hanya saja, De Jong mengalami dilema. Ia bisa memilih MU untuk reuni dengan mantan pelatihnya di Ajax, Ten Hag. Tapi, ia tidak akan tampil di Liga Champions musim depan karena Iblis Merah hanya bermain di Liga Europa. 

Pilihan kedua, bisa bergabung dengan the Blues jika ingin tampil di Liga Champions. Namun, tidak ada jaminan bakal mendapatkan waktu bermain yang cukup di bawah pelatih Thomas Tuchel. 

Jadi, di manakah De Jong bakal melanjutkan kariernya musim depan?

 

Statistik De Jong di Barcelona:

La Liga Spanyol 

Main: 97

Gol: 8

Assist: 9

Copa del Rey:

Main: 9

Gol: 3

Assist: 4

Super Copa:

Main: 4

Gol: 1 ';

Indonesia di Mata Kepala Negara AS

Para pemimpin AS sering mengatakan Indonesia sebagai model persemaian antara agama dan nasionalisme.

SELENGKAPNYA

Jamaah Haji Fokus Pemulihan Usai Armuzna

Total jamaah haji Indonesia yang wafat sejak awal keberangkatan berjumlah 41 orang.

SELENGKAPNYA
×