Pebasket Australia Samson James Froling dalam laga pertama di FIBA Asia Cup 2022 melawan Yordania. | ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.

Olahraga

Dominasi Australia Belum Tergoyahkan

Australia mengalahkan Yordania dengan skor 78-60.

JAKARTA -- Australia menunjukkan tajinya dalam laga pertamanya di FIBA Asia Cup 2022 melawan Yordania. Pada laga penyisihan Grup A yang berlangsung Selasa (12/7) di Istora Senayan, Jakarta, tim berjuluk Boomers ini menang 78-60.

Pemain Australia yang pernah memperkuat Milwaukee Bucks, Thon Maker, menjadi top skorer dengan 23 poin dan Samson James Froling menambah 16 poin. Di kubu Yordania, Dar Tucker mendulang 20 poin serta Ahmad Al Dwairi membukukukan double-double, 10 poin dan 13 rebound.

Pelatih Australia Kelly Clancy seusai laga mengaku senang dengan kemenangan pada laga perdana ini. "Saya senang dengan hasil ini. Masalah mentalitas, saya rasa kami mempersiapkan diri dengan baik," kata dia.

Pada penampilan pembuka ini, Australia yang datang dengan status juara bertahan menurunkan lima pemain utama, di antaranya Thon Maker, William McDowell White, Michel Mc Camon, Samson James Froling, dan Clinton Harold Steindl.

Sementara itu, Yordania menurunkan formasi terbaiknya seperti ketika kualifikasi FIBA World Cup 2023 lalu. Lima pemain utama mereka adalah Dar Tucker, Freddy Ibrahim, Ahmad Almamshah, Zaid Abbas, dan Ahmad Al Dwairi.

photo
Pebasket Australia Thon Maker (kanan) menghalangi pebasket Yordania Ahmad Al Dwairi (kiri) dalam laga babak penyisihan Grup A FIBA Asia Cup 2022 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (12/7/2022). Australia mengalahkan Yordania dengan skor 78-60. - (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.)

Namun, perbedaan peringkat FIBA yang cukup jauh—Australia posisi tiga dunia dan Yordania peringkat 39—membuat sang juara bertahan tampil dominan. Dominasi itu ditunjukkan dalam sepanjang laga akhir kuarter satu dengan keunggulan 27-12. Selanjutnya, pada akhir kuarter dua menjauh menjadi 52-26 untuk keunggulan Boomers.

Wesam Al-Sous, pelatih Yordania, mengaku pemainnya bermain kurang baik. "Pada pertandingan hari ini, selamat buat Australia untuk kemenangannya, kami bermain kurang baik pada gim awal. Kami kehilangan momentum saat defense, kami mencoba untuk mengejar, sayang gagal," ujarnya.

Wesam mengaku Australia dihuni oleh pemain yang sarat pengalaman. "Kami mencoba segala cara menghentikan center mereka. Kami berusaha memperbaiki kekurangan yang ada dalam gim ini," katanya.

Sementara itu, Taiwan membuka laga pertama babak penyisihan Grup B FIBA Asia Cup 2022 dengan kemenangan atas Bahrain dengan skor 102-84.

Dalam pertandingan ini, Cheng Liu menjadi pemain dengan kontribusi terbesar bagi kemenangan Taiwan melalui 29 poin. Lalu, Ying-Chun Chen dengan 16 poin dan William Artino dengan 15 angka. Di kubu Bahrain, Devon Dwayne Chism mencetak angka terbanyak dalam pertandingan kali ini dengan 24 poin. Disusul Ahmed Alderazi dengan 20 angka.

photo
Pebasket Australia Wani Lodu Swaka Lo Buluk (tengah) berebut bola dengan pebasket Yordania Yousef Abuwazaneh (kiri) dalam laga babak penyisihan Grup A FIBA Asia Cup 2022 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (12/7/2022). Australia mengalahkan Yordania dengan skor 78-60. - (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.)

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Arema FC Pastikan Tiket Final Piala Presiden

Pelatih PSIS terpaksa melempar handuk setelah pasukannya menyerah dari Singo Edan.

SELENGKAPNYA

Akankah Ronaldo Meninggalkan Manchester United? 

Pemilik anyar Chelsea, Todd Boehly, terbuka dengan kemungkinan mendatangkan Ronaldo.

SELENGKAPNYA

Shin Kritik Penyelenggara AFF, PSSI Gamang

Timnas Indonesia harus melakukan introspeksi, bukan mencari kambing hitam.

SELENGKAPNYA