Cristiano Ronaldo | AP Photo/Jon Super

Olahraga

Akankah Ronaldo Meninggalkan Manchester United? 

Pemilik anyar Chelsea, Todd Boehly, terbuka dengan kemungkinan mendatangkan Ronaldo.

OLEH REJA IRFA WIDODO

Cristiano Ronaldo terlihat berjalan menjauhi rekan-rekan setimnya di kompleks latihan Juventus, Continassa, Turin. Kala itu, rumor meruak bahwa pengoleksi lima gelar Ballon d'Or itu memiliki masalah kebugaran. Cerita itu berlanjut saat ia harus mengawali musim Seri A Italia 2021/2022 dari bangku cadangan. 

Tak lama, kabar miring mengemuka yang menyebut Ronaldo ingin mengakhiri kariernya bersama Juventus. Ujungnya, sehari sebelum penutupan bursa transfer musim panas 2021, Ronaldo resmi hengkang dari Juventus menuju Manchester United. Pengumuman itu menjadi tindak lanjut dari kesepakatan yang dicapai antara MU dan Juventus tiga hari sebelumnya. 

Rupanya, situasi serupa seperti berulang saat ini. Hanya semusim membela MU, Ronaldo sudah tidak kerasan. Pemain pertama yang mampu meraih tiga gelar liga domestik di lima liga top Eropa itu dilaporkan telah meminta manajemen MU untuk melepasnya. 

 

Dalihnya, jika bertahan di Old Trafford maka Ronaldo tidak akan merumput di Liga Champions untuk pertama kalinya sejak 2003. Setelah memecahkan berbagai rekor individu di kompetisi paling bergengsi antarklub Eropa tersebut, media mengabarkan Ronaldo sepertinya tak mau melepas kesempatan bermain di Liga Champions pada musim depan. 

Sinyal tidak betahnya Ronaldo sesungguhnya sudah mulai tampak. Untuk pertama kalinya sejak 2010, Ronaldo gagal meraih trofi bergengsi bersama klub yang diperkuatnya. Absennya Ronaldo dalam tur pramusim MU pada awal musim 2022/2023 di Thailand dan Australia pada sepanjang bulan ini kian memperkuat rumor kepergian Ronaldo. 

Alasan yang muncul dari absennya Ronaldo adalah urusan keluarga. Ini menjadi salah satu perbedaan situasi yang dihadapi Ronaldo pada musim panas kali ini dengan musim panas tahun lalu. Perbedaan lain adalah soal opsi klub. Pada tahun lalu, MU menyambut kedatangan Ronaldo dengan tangan terbuka. Terlebih dengan berbagai memori kesuksesan pencetak gol terbanyak di pentas sepak bola internasional itu saat pertama kali memperkuat Setan Merah. 

Dengan alasan ingin merumput di Liga Champions, opsi klub anyar Ronaldo pada musim depan tentu akan semakin sedikit. Hanya klub-klub yang tampil di Liga Champions yang memiliki kemungkinan terbesar untuk merekrut top skorer sepanjang masa Liga Champions ini. 

Tidak hanya itu, klub-klub peminat Ronaldo harus menyediakan ruang untuk bintang timnas Portugal tersebut di tim utama. Artinya, harus ada perubahan, tidak hanya soal susunan skuad, tapi juga dalam gaya permainan yang diusung tim-tim tersebut guna memaksimalkan kemampuan Ronaldo. 

Selanjutnya, aspek finansial, terutama soal gaji tinggi Ronaldo yang dikabarkan mencapai 480 ribu poundsterling per pekan. Dua klub yang sebelumnya sempat dikabarkan siap menampung Ronaldo, Bayern Muenchen dan Napoli, diketahui sudah menarik diri.

Berdasarkan laporan Marca, Senin (11/7), Paris Saint-Germain (PSG) menyatakan niatnya untuk memboyong Ronaldo. Direktur Olahraga PSG Luis Campos kabarnya telah mengontak Mendes selaku agen Ronaldo. Sama-sama berasal dari Portugal, komunikasi antara keduanya dikabarkan berjalan intens. 

''Obsesi PSG untuk bisa meraih titel Liga Champions coba dipenuhi dengan menduetkan dua pemain terbaik di pentas sepak bola saat ini, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo,'' tulis laporan Marca. 

Klub lain yang muncul sebagai kandidat terkuat membawa Ronaldo adalah Chelsea. Pemilik anyar Chelsea, Todd Boehly, terbuka dengan kemungkinan mendatangkan Ronaldo. Hengkangnya Romelu Lukaku sebagai pemain pinjaman di Inter Milan membuat rumor Ronaldo merapat ke Stamford Bridge terbuka. 

Jadi, akankah Ronaldo mewujudkan rumor bakal meninggalkan MU? 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Wabah PMK Tahan Lonjakan Harga Daging

Harga sapi kurban melonjak karena terdapat kebutuhan ternak yang sehat.

SELENGKAPNYA

Stagflasi Global?

Inflasi kelak akan hilang dengan sendirinya dan pertumbuhan global akan kembali normal.

SELENGKAPNYA

Indonesia Sabet Dua Gelar dari Malaysia Masters 2022

Chico menjadi pebulu tangkis Papua pertama yang menjadi juara di ajang bulu tangkis internasional.

SELENGKAPNYA