Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (ketiga kiri) bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kedua kanan) dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa (kedua kiri) menyampaikan keterangan pers usai melakukan pertemuan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis ( | Republika/Thoudy Badai

Nasional

02 Jul 2022, 03:45 WIB

Pengamat: Gerakan KIB Jalan di Tempat

Partai Gerindra-PKB menggelar silaturahim kebangsaan pada Kamis malam.

JAKARTA -- Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang beranggotakan Partai Golkar, PAN, dan PPP tidak banyak melakukan manuver dan gerakan. Padahal, KIB seharusnya memanfaatkan momentum setelah ketua umum ketiga partai tersebut menyatakan kerja sama politik.

"Seharusnya, di titik inilah momentum KIB untuk melahirkan terobosan kembali terbuka karena banyak partai masih belum  sepakat secara resmi untuk berkoalisi,” Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis (TPS) Agung Baskoro, Jumat (1/7).

Agung mencontohkan, PDIP sebagai parpol yang dapat mengusung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden tanpa berkoalisi sudah menugaskan Puan Maharani (Puan) untuk bersafari politik. "Safari ini untuk menjalin komunikasi dengan berbagai partai, kecuali dengan Partai Demokrat dan PKS,” kata dia.

photo
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kiri) dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa (kanan) menandatangani nota kesepahaman dibentuknya Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pada acara silaturahmi di Plataran Senayan, Jakarta, Sabtu (4/6/2022). - (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Ia mengatakan, Partai Nasdem sudah mengumumkan tiga kandidat bakal calon presiden, yakni Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Andika Perkasa. Dua partai lain, yakni Partai Gerindra dan PKB juga sudah mulai mengenalkan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR).

“Basis massa Gerindra yang nasionalis, dilengkapi oleh PKB yang didominasi kalangan santri,” kata Agung.

Pada Kamis (30/6) malam, DPP Partai Gerindra dan DPP PKB menggelar silaturahim kebangsaan untuk mengakrabkan struktur partai di tingkat daerah di Jakarta. Pertemuan tersebut mempertemukan antara pimpinan DPD Partai Gerindra dan pimpinan DPW PKB di seluruh Indonesia.

"Tidak ada hambatan semuanya saling menyamakan chemistry, semuanya saling menyamakan persepsi. Karena itu kita merasa dapat kawan, merasa dapat semangat," ujar Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani.

Muzani mengatakan, Partai Gerindra-PKB sedang merumuskan masa depan Indonesia lewat Pemilu 2024. “Silaturahmi antara PKB dan Gerindra yang sekarang sedang digagas di tingkat provinsi bisa efektif menggapai kemenangan," ujar Muzani.

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan, intensitas komunikasi akan mulai terjalin dari pengurus tingkat bawah sampai teratas. Tujuan utama dari koalisi Partai Gerindra-PKB tersebut adalah menang di Pemilu 2024.

"Kalau udah nyebut koalisi tentu ujungnya pengen menang. Nah, kalau berjodoh atau nikah ujungnya punya anak, sama ini koalisi ujungnya mesti ingin menang," ujar Jazilul.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa menggelar pertemuan untuk membahas KIB pada 12 Mei 2022. Selanjutnya, KIB menggelar Silaturahim Nasional pada 4 Juni 2022.

photo
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kanan) bersalaman dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) usai berkunjung ke rumah dinas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian di Jakarta, Ahad (15/5/2022). - (Republika/Thoudy Badai)

Selanjutnya, KIB tidak melakukan gerakan politik. Sebaliknya, kelompok yang menamakan Front Kader Penyelamat Partai (FKPP) PPP melakukan demonstrasi menuntut Suharso mundur dari jabatan ketua umum PPP di seberang jalan kantor DPP PPP, Jakarta Pusat, Jumat (24/6).

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Roda Institut Ahmad Rijal Ilyas menduga, ada pihak eksternal yang sengaja mengganggu soliditas KIB dengan melakukan upaya pelemahan terhadap PPP. “Tiga partai ini sangat berpengalaman, dan tiga ini jadi penentu, mungkin saja terjadi penggembosan dari eksternal yang memakai kaki internal PPP,” kata dia, awal pekan ini. 

Sekretaris Jenderal PPP Arwani Thomafi mengakui, ada pihak yang mempertanyakan bahwa desakan agar Suharso mundur tersebut terjadi usai KIB terbentuk. Di sisi lain, ia menyayangkan masa pendemo mempersoalkan elektabilitas partai ketika partai seharusnya fokus melakukan konsolidasi. 

"Jika memang ada perhatian untuk elektabilitas partai mari kita duduk bersama dan bekerja, bergerak bersama untuk membesarkan partai," ujarnya.

Sumber : Antara


Inovasi Pembiayaan Hijau

Memitigasi dampak negatif perubahan iklim perlu biaya besar dengan rentang waktu panjang.

SELENGKAPNYA

Subsidi Energi

Subsidi merupakan isu sensitif sehingga selalu digoreng menjelang pilpres.

SELENGKAPNYA

Penentuan Capres KIB Melalui Mufakat

Relawan Pro Jokowi menyebut KIB sebagai koalisi cerdas.

SELENGKAPNYA
×