Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo saat meninjau kegiatan Gelar Bawang dan Cabai Merah di halaman Toko Tani Indonesia Center, Jakarta, Ahad (19/6/2022). | Republika/Thoudy Badai

Ekonomi

30 Jun 2022, 08:15 WIB

Mentan: Pertahankan Lahan Pertanian

Kemendag menggencarkan stabilisasi harga bahan pangan di seluruh Indonesia.

JAKARTA -- Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meminta seluruh pihak untuk menjaga lahan pertanian di Indonesia. Dia mengingatkan, pengalihfungsian lahan pertanian ke nonpertanian bisa mendapatkan sanksi hingga kurungan penjara.

"Mestinya (pemerintah) daerah mencari tahu bagaimana pertanian mau baik kalau alih fungsi lahan terjadi terus. Sekali-kali, masukkan penjara orang yang alih fungsikan lahan," kata Syahrul dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Pertanian Nasional 2022 di Jakarta, Rabu (29/6).

Ia menyampaikan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2009 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B), baik pejabat maupun pengusaha, bisa dikenakan sanksi penjara. Pejabat yang kedapatan menyetujui alih fungsi lahan yang mengakibatkan luas lahan pertanian berkurang bisa diancam delapan tahun penjara. Ancaman untuk pengusaha mencapai lima tahun penjara.

"Misalnya, lahan pertanian yang sudah masuk lahan berkelanjutan dijadikan perumahan meski ada IMB itu bisa kena (sanksi). Masukkan penjara sekali-kali lah," ujarnye menegaskan.

 

Badan Pusat Statistik (BPS) pada akhir 2019 lalu telah merilis total luas baku sawah secara nasional mencapai 7,46 juta hektare (ha). Luas baku sawah itu juga menjadi basis perhitungan produktivitas maupun produksi padi secara nasional.

Sepanjang 2021 terdapat penurunan produksi gabah kering giling (GKG) yang diikuti dengan turunnya produksi beras. Penurunan produksi itu akibat penurunan luas panen sepanjang tahun lalu yang disebabkan oleh faktor cuaca hingga serangan hama di persawahan.

Berdasarkan penghitungan BPS, total produksi GKG sepanjang tahun lalu sebanyak 54,42 juta ton, turun 230 ribu ton atau sekitar 0,43 persen dari produksi 2020 yang sebesar 54,65 juta ton.

photo
Pengojek mengangkut karung berisi gabah di area persawahan Mangarabombang, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Jumat (20/3/2022). Petani di daerah itu memanfaatkan jasa ojek pertanian untuk mengangkut hasil panen mereka dengan tarif Rp 10 ribu per karung. - (ANTARA FOTO/Arnas Padda/rwa.)

Meski begitu, BPS memprediksi adanya peningkatan luas panen padi periode Januari-April 2022. Berdasarkan hasil penghitungan kerangka sampel area (KSA), total luas panen Januari-April tahun ini diperkirakan mencapai 4,81 juta hektare (ha) naik 8,58 persen dari periode sama tahun lalu.

Seiring dengan proyeksi kenaikan luas panen musim pertama tahun ini, total produksi gabah kering giling (GKG) diperkirakan tembus 25,4 juta ton. Angka itu meningkat signifikan sebesar 7,7 persen dari produksi periode sama tahun lalu yang hanya 23,58 juta ton.

Kenaikan pada GKG lantas akan berdampak pada bertambahnya produksi beras di level hilir. Produksi beras Januari-April 2022 diperkirakan sebanyak 14,63 juta ton atau naik 7,7 persen dari Januari-April 2021 sebesar 13,58 juta ton.

Syahrul juga meminta seluruh jajarannya membuat strategi kerja yang adaptif terhadap situasi krisis pangan dunia yang telah terjadi. Langkah-langkah mitigasi pada sektor pertanian Indonesia harus mampu menjawab tantangan ketahanan pangan ke depan.

 

Syahrul menegaskan, seluruh jajarannya harus memperbaiki konsolidasi, konsep kerja, serta perilaku. Sebab, tantangan sektor pangan dan pertanian telah berubah dan sangat berbahaya bila tak mampu diatasi. "Dunia sedang tidak lagi biasa-biasa. Hati-hati dan jangan menganggap remeh-remeh saja," katanya.

Minyak Goreng

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, pemerintah tak akan hanya fokus menurunkan harga minyak goreng curah di Jawa dan menstabilisasi harga barang-barang kebutuhan pokok lainnya. Upaya pemerintah akan digencarkan di seluruh wilayah Indonesia.

Ia menuturkan, seusai meninjau langsung Pasar Toaya, Donggala, Sulawesi Tengah, minyak goreng curah dapat ditemukan dan stabil dengan harga Rp 14 ribu liter. Ia menyampaikan, para pedagang setempat juga secara swadaya mengemas minyak goreng curah dalam botol-botol plastik.

Minyak goreng curah yang dijual bersama botol plastik tersebut dibanderol dengan harga Rp 14.500 per liter. Selisih Rp 500 dari HET menjadi biaya pengemasan botol plastik.

“Agar nanti tidak ada lagi beban pedagang harus menyiapkan kemasan sendiri, pemerintah akan menyiapkan minyak goreng kemasan sederhana yang dikemas dengan baik dan terstandar. Harga jualnya akan tetap Rp 14 ribu per liter,” kata Mendag.

 


Menuju Ibadah Haji

Bila ibadah Ramadhan dihubungkan dengan pencucian dosa, ibadah haji pengguguran dosa.

SELENGKAPNYA

Setiap yang Berlebihan tidak Baik

Segala yang berlebihan termasuk dalam urusan ibadah bukan hanya tidak baik, melainkan juga ditolak dalam ajaran Islam.

SELENGKAPNYA

Risiko Reputasi Dalam Pandangan Syariah

Apakah reputasi itu bagian dari risiko yang harus dimitigasi atau tidak?

SELENGKAPNYA
×