Legenda sepak bola Brasil, Ronaldinho (tengah) menerima kaus sepak bola dari Tamas Menczer, Menteri Negara Komunikasi dan Hungaria, di Budapest, Hungaria, Jumat (6/12/2019). | MTI

Sepak Bola

24 Jun 2022, 03:50 WIB

Selamat Datang, Ronaldinho!

Ronaldinho dijadwalkan akan mendarat di Indonesia pada Jumat (24/6) hari ini.

OLEH REJA IRFA WIDODO

 

 

David Seaman hanya termangu sembari membelakangi gawangnya. Kiper legendaris Arsenal itu seolah masih tidak percaya dengan apa yang dialaminya kurang dari satu menit sebelumnya.

Kesalahannya dalam mengantisipasi laju bola hasil tendangan bebas berujung gol ke gawang timnas Inggris pada babak perempat final Piala Dunia 2002.

Seaman, yang saat itu telah berusia 39 tahun, ditaklukkan pemuda berusia 22 tahun asal Brasil. Pemuda itu bernama Ronaldo de Assis Moreira atau biasa dikenal dengan nama Ronaldinho. Ia mencetak gol kemenangan Selecao atas the Three Lions.

Mengeksekusi tendangan bebas dari sebelah kiri pertahanan Inggris, Ronaldinho melepaskan sepakan keras dari jarak 38 meter. Bola melambung melewati kotak penalti, sebelum akhirnya menukik ke pojok kanan atas gawang the Three Lions.

 
Mengeksekusi tendangan bebas dari sebelah kiri pertahanan Inggris, Ronaldinho melepaskan sepakan keras dari jarak 38 meter.
 
 

 

Seaman sempat melompat dan berusaha menggapai bola. Namun, usaha itu sia-sia. Untuk sepersekian detik, Seaman sepertinya sempat melihat bola jatuh di dalam gawang. Gol itu akhirnya mengantarkan Brasil menyingkirkan Inggris dengan kemenangan 2-1.

"Apakah kami tahu Ronaldinho bisa sebagus itu? Tidak sama sekali. Kami pernah mendengarnya. Namun, hingga melihatnya di atas lapangan, Anda baru bisa menilai sebagus apa seorang pemain dan dia (Ronaldinho) benar-benar luar biasa," ujar Seaman saat mengenang proses gol tersebut dalam wawancara yang dikutip Talk Sports, beberapa waktu lalu.

photo
Mantan pemain sepak bola Luis Figo (kanan), Ronaldinho (kiri), dan Andreas Dzakacs (tengah), CEO OmegaPro Word, menghadiri konferensi pers menjelang pertandingan sepak bola pameran OmegaPro Legends Cup di hotel mewah Armani Arab di Uni Arab Emirat, 12 Mei 2022. - (EPA-EFE/ALI HAIDER)

Gol pada menit ke-50 dalam laga di Stadion Ecopa, Shizuoka, Jepang, itu juga kerap dikenang sebagai salah satu gol terbaik sepanjang sejarah gelaran Piala Dunia. Lewat gol itu pula Ronaldinho, yang tengah berada dalam grafik menuju puncak kariernya, mulai membuka jalan dan bakal dikenal sebagai salah satu pesepak bola terbaik serta paling atraktif yang pernah merumput di lapangan hijau.

Ronaldinho adalah spesimen unik dari panggung si kulit bundar. Keterampilan olah bola, kecepatan, dan visi bermain eks gelandang serang AC Milan itu berada di atas rata-rata pemain pada generasinya.

Dari semua kualitas itu, kemampuan olah bola Ronaldinho bisa dibilang paling menonjol. Lewat kecepatan pergerakan kaki, Ronaldinho mampu unggul saat duel satu lawan satu.

Kemampuan olah bola, gocekan, dan menempatkan bola yang tidak pernah dikira oleh lawan menjadi kemampuan pesepak bola yang mundur dari lapangan hijau pada 2015 silam tersebut. Mantan bintang Barcelona itu bisa dibilang sebagai perwujudan paling ideal slogan gaya permainan khas para penggawa asal Brasil, yang bisa disebut Jogo Bonito.

photo
Mantan pemain sepak bola Brasil Ronaldinho (kiri) dan mantan pemain Inggris John Terry (kanan) beraksi selama pertandingan sepak bola persahabatan OmegaPro Legends Cup di hotel Armani Arab dekat Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia, di Dubai, Uni Emirat Arab, 12 Mei 2022. - (EPA-EFE/ALI HAIDER)

Selama berkiprah di sepak bola Eropa dengan memperkuat tiga klub, Paris Saint Germain (PSG), Barcelona, dan AC Milan, Ronaldinho sudah meraih hampir semua gelar bergengsi. Dua titel La Liga dan satu trofi Liga Champions bersama Barcelona, ditambah scudetto kala memperkuat AC Milan digenggamnya.

Pun, dengan gelar individu berupa trofi Ballon d'Or pada 2005. Puncak karier Ronaldinho bisa dibilang berada saat memperkuat Barcelona, tepatnya pada 2003 hingga 2008. Dari 207 penampilan di semua ajang selama lima musim memperkuat Blaugrana, Ronaldinho menyumbang 94 gol dan 70 assist.

Kini, Ronaldinho akan menyambangi Indonesia. Dalam kunjungan pertamanya ke Indonesia, Ronaldinho akan terlibat dalam pertandingan ekshibisi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Ahad (26/6).

 
Ronaldinho akan merumput bersama Rans Nusantara FC dalam menghadapi Arema FC dan Persik Kediri.
 
 

Ia akan merumput bersama Rans Nusantara FC dalam menghadapi Arema FC dan Persik Kediri. Selama 45 menit, Ronaldinho dan Rans Nusantara FC akan menghadapi Arema FC. Kemudian, diikuti dengan laga kontra Persik Kediri selama 45 menit.

Media Officer Arema FC Sudarmaji mengatakan, kedatangan Ronaldinho ke Malang menjadi sebuah kehormatan besar. Ini terutama bagi Arema FC selaku tuan rumah dari penyelenggaraan pertandingan berformat trofeo itu. "Trofeo ini juga akan menjadi kesempatan bagi Aremania untuk menyaksikan langsung aksi Ronaldinho di lapangan," kata Sudarmaji.

Ronaldinho dijadwalkan akan mendarat di Indonesia pada Jumat (24/6) ini. Selamat datang, Ronaldinho!

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ronaldo de Assis Moreira (@ronaldinho)


Mane, Antara Prestasi dan Filantropi

Jejak kedermawanan dan aksi filantropi Mane terekam di kampung halamannya di Senegal.

SELENGKAPNYA

Wapres: Awasi Ternak Terjangkit PMK

Jabar dan Jateng mempercepat vaksinasi PMK menjelang Idul Adha untuk ternak sehat.

SELENGKAPNYA

Jokowi Segera Sambangi Zelenskiyy dan Putin

Jokowi akan bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiyy dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

SELENGKAPNYA
×