Sadio Mane | AP

Sepak Bola

23 Jun 2022, 08:00 WIB

Mane, Antara Prestasi dan Filantropi

Jejak kedermawanan dan aksi filantropi Mane terekam di kampung halamannya di Senegal.

OLEH REJA IRFA WIDODO

Sadio Mane akan menghadapi tantangan baru pada musim depan. Penyerang asal Senegal itu bakal merumput di Bundesliga setelah sepakat bergabung bersama Bayern Muenchen pada jendela transfer musim panas ini.

Mane diketahui sudah merampungkan tes medis di sebuah rumah sakit di Muenchen, Selasa (21/6). Mane juga kedapatan singgah di kompleks latihan Muenchen, Saebener Strasse, dan sudah mengenakan kaus latihan Die Bayern.

Top skorer Liga Primer Inggris musim 2018/2019 itu mengaku tidak memiliki keraguan memilih saat pertama kali mendengar ketertarikan Muenchen terhadapnya. Ia langsung memilih Muenchen yang disebutnya klub besar dunia sebagai pelabuhan terbarunya.

"Mereka selalu bersaing untuk mendapatkan semua gelar juara. Jadi, bagi saya, Muenchen tempat yang tepat dan pada momen yang tepat," ujar Mane dalam wawancara dengan Bild, Rabu (22/6).

photo
Sadio Mane mengekspresikan kegembiraan setelah kemenangan 2-0 dalam laga semifinal Liga Champions UEFA antara Liverpool kontra Villarreal, di Liverpool, Inggris, 27 April 2022. - (EPA-EFE/PETER POWELL)

Keputusan Mane berhijrah ke Muenchen kian bulat saat mendengar rencana manajemen dan pelatih pada musim depan. Penyerang timnas Senegal itu merasa sudah bisa membayangkan posisinya dalam rencana besar tersebut.

Mane pernah memperkuat klub asal Austria, RB Salzburg, selama dua musim. Pengalamannya itu dinilai akan membantunya menghindari kesulitan beradaptasi dengan gaya permainan di Bundesliga. Dari segi kultur dan gaya permainan, Liga Austria dianggap tidak jauh berbeda dengan Liga Jerman.

Di sisi lain, minat Muenchen terhadap Mane rasanya tidak terlepas dari konsistensi performa pengoleksi 91 caps bagi timnas Senegal tersebut. Selama enam tahun membela Liverpool, Mane selalu berhasil mengakhiri musim kompetisi dengan torehan dua digit gol.

Pada musim 2021/2022, Mane menyumbang 23 gol dari 51 penampilan di semua ajang. Itu merupakan catatan penampilan terbaik kedua sejak memperkuat the Reds.

 
Keberhasilan mempersembahkan satu trofi Liga Champions dan satu gelar juara Liga Primer Inggris menjadi prestasi terbaik Mane untuk the Reds.
 
 

Keberhasilan mempersembahkan satu trofi Liga Champions dan satu gelar juara Liga Primer Inggris menjadi prestasi terbaik Mane untuk the Reds. Begitu pula dengan keberhasilan mengantarkan the Reds tampil di tiga partai final Liga Champions dalam empat musim terakhir dan menggondol trofi Piala FA dan titel Piala Liga Inggris pada musim lalu.

Di Muenchen, Mane dilaporkan bakal menandatangani kontrak berdurasi tiga tahun. Selain itu, Mane juga disebut-sebut akan menerima gaji sebesar 250 ribu poundsterling (Rp 4,5 miliar) per pekan. Gaji itu jauh lebih besar dari yang ia terima di the Reds, yang dilaporkan sebesar 100 ribu poundsterling (Rp 1,8 miliar) per pekan. Dengan besaran gaji itu, Mane diketahui duduk di peringkat kedelapan dalam daftar pemain dengan gaji tertinggi di Muenchen.

photo
Sadio Mane berebut bola dengan Luka Modric laga Liverpool versus Real Madrid di Stade de France, dekat Paris, Prancis, Sabtu (28/5/2022). - (AP/Petr David Josek)

Kendati begitu, Mane bukanlah tipikal pesepak bola yang gemar menghambur-hamburkan uang untuk kesenangan pribadi. Jejak kedermawanan dan aksi filantropi Mane terekam di kampung halamannya, Bambali, Sedhiou, Senegal. 

Di Bambali, Mane menghabiskan sebagian pundi-pundi kekayaannya. Di desa berpenduduk tidak lebih dari 2.000 jiwa itu Mane membangun berbagai fasilitas publik, mulai dari rumah sakit, sekolah, jaringan internet 4G, kantor pos, serta pom bensin. Ia menyediakan dana bantuan dan laptop untuk siswa berprestasi di SMA Bambali. 

Mane juga mendonasikan 70 poundsterling (Rp 1,2 juta) per bulan untuk setiap kepala keluarga di Bambali. “Saya hanya ingin orang-orang di sana merasakan sedikit atas apa yang telah diberikan kepada saya,'' ujar Mane dalam wawancara dengan TeleDakar, seperti dilansir TalkSports, beberapa waktu lalu. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Sadio Mane (@sadiomaneofficiel)


Gubernur Anies: Udara Jakarta Buruk Imbas Wilayah Lain

Selama empat tahun transportasi umum digenjot untuk mengurangi polusi udara.

SELENGKAPNYA

Kejakgung tidak Temukan Keterlibatan Lutfi

Sebetulnya tim penyidik pernah menjadwalkan memeriksa Lutfi saat menjadi Mendag.

SELENGKAPNYA

Survei: Erick Kandidat Cawapres Terkuat di Jatim

Erick menjadi salah satu figur yang dipertimbangkan sebagai sosok ideal menjadi wapres.

SELENGKAPNYA
×