Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Ruselli Hartawan mengembalikan kok ke arah pebulu tangkis tunggal putri Thailand Busanan Ongbamrungphan pada babak perempat final Piala Uber 2018 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Kamis (24/5). Indonesia gagal mela | ANTARA FOTO

Olahraga

12 May 2022, 12:49 WIB

Bertemu Cina di Perempat Final, Tim Uber Optimistis Menang

Pranata undian perempat final Piala Uber 2022 dibagi menjadi juara dan runner-up grup.

BANGKOK — Tim nasional bulu tangkis Indonesia akan menghadapi Cina pada babak perempat final Piala Uber 2022 berdasarkan undian yang sudah dilakukan di Bangkok, Thailand, Rabu (11/5).

Indonesia lolos ke babak delapan besar sebagai runner-up Grup A, sedangkan Cina hadir di pool terbawah setelah menduduki status juara Grup B.

"Hasil undian Piala Uber Indonesia bertemu Cina di perempat final. Kami akan berjuang, tidak perlu memikirkan apa-apa terlebih dulu. Dengan sekitar 90 persen tim kami diisi pemain muda, akan memudahkan kami untuk tampil tanpa beban dan berusaha menikmati pertandingan saja," kata manajer tim Piala Thomas-Uber Hendro Santoso saat ditemui di Bangkok, Thailand.

Pranata undian perempat final Piala Uber 2022 dibagi menjadi juara dan runner-up grup. Oleh Federasi Badminton Dunia (BWF), para juara grup yang terdiri atas Jepang, Korea Selatan, Thailand, dan Cina langsung diposisikan menempati empat pool yang tersedia.

photo
Pasangan pebulu tangkis ganda putri Indonesia Nita Violina Marwah (kiri) dan Lanny Tria Mayasari (kanan) meberikan salam usai melawan pebulu tangkis ganda putri Jerman Annabella Jaeger dan Leona Michalski dalam pertandingan babak penyisihan grup A Piala Thomas Uber 2022 di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Selasa (10/5/2022). Nita/Lanny menang atas ganda putri Jerman dengan skor 21-10 dan 21-10. - (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Empat posisi yang masih kosong diisi oleh tim-tim runner-up, yaitu Indonesia, Taiwan, Denmark, dan India. Selanjutnya, keempat negara ini diundi oleh perwakilan panitia dan anggota BWF di Impact Arena Bangkok.

"Sebagai runner-up Grup A, sejak awal saya sadar Indonesia akan bertemu tim-tim kuat yang menjadi juara grup, jadi tidak masalah. Karena itu, siapa pun lawannya akan kami hadapi," tutur Hendro.

Meski Cina tim unggulan pertama Piala Uber 2022, Hendro berpesan kepada pemainnya agar tidak grogi dan tetap optimistis. "Saya akan meminta para pemain besok tampil tanpa beban dan enjoy saja. Yang penting harus percaya diri karena tidak ada yang mustahil dan tidak bisa, sepanjang kita mau berusaha keras," kata Hendra.

Eksperimen gagal

Dari tim Piala Thomas, pelatih ganda putra Herry Iman Pierngadi dinilai kembali membuat eksperimen dengan memasangkan Kevin Sanjaya/Mohammad Ahsan. Menghadapi ganda muda Korea, Kang Minhyuk/Seo Seungjae, di Impact Arena, Bangkok, Rabu, Ahsan/Kevin justru menyerah tiga gim, 18-21, 21-13 dan 21-12. Hasil itu membuat Indonesia tertinggal 0-2 setelah di laga pembuka Anthony Sinisuka Ginting juga mengalami kekalahan dari Heo Kwang-hee dengan skor 16-21, 21-15, dan 14-21.

Herry IP menyayangkan kekalahan ganda dadakan tersebut. "Sebenarnya ada kans Kevin/Ahsan bisa menang. Di gim ketiga, sudah unggul 8-4 dan tersusul, Kevin/Ahsan jadi goyang dan skor berubah jadi 8-11. Ketika pindah tempat, lawan menang angin dan semua polanya jadi berubah,” katanya dalam keterangan yang dirilis Humas PBSI.

Sementara itu, kejutan justru ditunjukkan oleh pebulu tangkis tunggal putri Bilqis Prasista. Ia membuat kejutan dalam partai pertama penyisihan Grup A Piala Uber 2022 dengan mengalahkan peringkat satu dunia dari Jepang, Akane Yamaguchi. Bilqis pada partai pembuka tampil meyakinkan untuk menang dua gim langsung, 21-19, 21-19, hanya dalam waktu 35 menit.

"Tidak menyangka bisa menang, soalnya dia peringkat satu dunia. Sangat senang bisa mengalahkan Akane," kata Bilqis setelah pertandingan di Impact Arena, Bangkok.

Pebulu tangkis kelahiran Magelang itu mengaku bermain tanpa beban dan hanya berusaha menikmati jalannya pertandingan. Meski meladeni pemain yang secara peringkat jauh di atasnya, Bilqis yakin semua hal bisa terjadi di lapangan.

Bahkan, kedua orang tuanya yang juga mantan pebulu tangkis nasional, yaitu Joko Suprianto dan Zelin Resiana, ikut menyemangati putrinya. "Orang tua juga berpesan agar harus percaya diri, kita pasti bisa asal ada kemauan. Semuanya tidak ada yang tidak mungkin, apa pun bisa terjadi," kata Bilqis.


Jaga Thomas, Rebut Uber

Ginting menjadi satu-satunya pemain yang belum pernah menyumbangkan poin dalam dua pertandingan yang sudah dia mainkan.

SELENGKAPNYA

Di Ambang 'Paceklik' Global

Hampir 200 juta orang menghadapi kerawanan pangan akut pada 2021, hampir dua kali lipat angka tahun 2016.

SELENGKAPNYA

Bagaimana Adab dalam Hubungan LDR Pasangan Suami-Istri?

Terdapat adab dan penyikapan dalam hubungan LDR pasangan yang berkeluarga.

SELENGKAPNYA
×