Ilustrasi Masjid Agung Kota Bogor | Youtube

Bodetabek

Pengerjaan Masjid Agung Kota Bogor Segera Berlanjut

Masjid Agung akan menjadi ikon Kota Bogor yang menarik kedatangan wisatawan.

BOGOR — Pembangunan lanjutan Masjid Agung Kota Bogor, yang merupakan salah satu pekerjaan strategis, telah memasuki tahap evaluasi tender. Diharapkan, pemenang tender sudah didapatkan pada Mei 2022 sehingga pembangunan bisa segera dilaksanakan pada Juni 2022.

Kasubag Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Sekretariat Daerah Kota Bogor Undang Sulaiman menyampaikan, saat ini proses tender sedang dalam tahap evaluasi. Di mana dalam tahapan tersebut perlu ada klarifikasi yang memerlukan waktu untuk cek dukungan.

“Untuk penetapan pemenang mudah-mudahan tidak ada kendala, diperkirakan pada bulan Mei 2022 ini. Sekitar awal Juni (mulai pembangunan lanjutan),” kata Undang kepada Republika, Senin (9/5).

Menilik laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Bogor, paket pekerjaan dengan nama Pembangunan Masjid Agung Lanjutan ini dilelang dengan pagu anggaran Rp 26,2 miliar. Dari 60 peserta lelang, hanya ada dua penyedia jasa yang melakukan penawaran. Yakni CV Utama Jaya dengan nilai penawaran Rp 21,2 miliar dan PT Cipta Prima Selaras dengan nilai penawaran Rp 25,8 miliar.

“Jika sesuai jadwal, penetapan pemenang bakal dilakukan pada 12 Mei mendatang,” ujar Undang.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengaku telah mendapat laporan beberapa calon pelaksana pembangunan lanjutan Masjid Agung. Masjid ini terletak di Jalan Dewi Sartika, yang tahun ini memasuki pembangunan interior.

Bima Arya berharap, dalam proses lelang tidak ada kegagalan. Jika proses berjalan dengan lancar, diharapkan revitalisasi masjid yang belum rampung sejak 2015 ini bisa digunakan pada akhir 2022 nanti.

“Namun, kita juga tidak bisa melakukan intervensi di situ. Kita berharap tidak gagal lelang. Selalu persoalannya ke sistem itu tidak memenuhi kualifikasi dan sebagainya, mudah-mudahan tidak gagal lelang,” kata Bima Arya.

Pada 2023, dia melanjutkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan menganggarkan biaya untuk fasad atau bagian depan masjid. Begitu juga untuk detail-detail masjid yang lain. “Jadi, selesai 100 persen insya Allah akhir tahun depan. Tapi, bisa digunakan sebagai untuk tempat ibadah insya Allah akhir tahun ini,” ujarnya.

Sementara, Kepala Bagian PBJ Setda Kota Bogor, Agnes Andriani Kartika Sari menuturkan, hampir semua pekerjaan prioritas untuk 2022 sedang dalam proses lelang. Salah satunya Masjid Agung dan Jalan Regional Ring Road (R3) Katulampa.

Jika tahapan lelang berlangsung lancar sesuai jadwal, tanpa ada waktu tambahan untuk sanggah ataupun terjadi gagal lelang, ia memperkirakan lelang akan selesai pada akhir Mei 2022. “Pekerjaan prioritas tahun 2022 hampir semuanya sedang proses lelang. Salah satunya Masjid Agung dan Jalan R3,” kata Agnes.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Kemenag Meminta Jamaah Haji Lunasi Bipih

Calon jamaah haji dapat melunasi biaya perjalanan ibadah haji hingga 20 Mei 2022.

SELENGKAPNYA

AC Milan Memimpin, Persaingan Liga Italia Kian Ketat

AC Milan sempat tertinggal 1-0 ketika Marco Davide Faraoni membawa tuan rumah unggul di menit ke-38.

SELENGKAPNYA

Bulog: Stok dan Harga Beras Terjaga Aman

Bulog memastikan masyarakat mudah menjangkau beras dengan harga terjangkau.

SELENGKAPNYA