Petugas kesehatan mengenakan APD sat menyemprotkan disinfektan di wilayah yang dikarantina pada Jumat (29/4/2022). | AP/Andy Wong

Internasional

05 May 2022, 03:45 WIB

Beijing Tutup 40 Stasiun Metro dan 158 Rute Bus

Beijing berusaha menghindari penguncian penuh seperti yang dilakukan Shanghai.

BEIJING -- Beijing menutup puluhan stasiun metro dan rute bus pada Rabu (4/5) untuk menghentikan penyebaran Covid-19. Beijing berupaya menghindari nasib seperti Shanghai yang memberlakukan penguncian ketat selama lebih dari sebulan.

Ibu Kota Beijing menutup lebih dari 40 stasiun kereta bawah tanah, sekitar sepersepuluh dari jaringan kereta api, dan 158 rute bus. Sebagian besar stasiun dan rute yang ditangguhkan berada di Distrik Chaoyang yang menjadi pusat wabah di Beijing. 

Beijing berusaha menghindari penguncian penuh seperti yang dilakukan Shanghai. Beijing juga telah menutup sekolah serta beberapa bisnis dan bangunan tempat tinggal di daerah berisiko tinggi. Sebanyak 12 dari 16 distrik di Beijing melakukan pengujian Covid-19 putaran kedua sejak tiga pekan lalu.

Sementara itu, Shanghai, kota dengan populasi 26 juta jiwa, masih memberlakukan penguncian. Setelah lebih dari sebulan, sebagian besar orang yang tinggal di Shanghai masih tidak diizinkan meninggalkan kompleks perumahan mereka.

photo
Sejumlah kendaraan melintas di jalan ring road 3 saat pemberlakuan penguncian wilayah (lockdown) parsial di Kota Beijing, China, Ahad (1/5/2022). Penguncian wilayah (lockdown) secara parsial diberlakukan menyusul munculnya 259 kasus positif baru Covid-19 sejak 22 April lalu, bersamaan dengan musim liburan Hari Buruh pada 1-4 Mei 2022. - (ANTARA FOTO/M. Irfan Ilmie/wsj.)

Beberapa orang Shanghai telah mendapatkan manfaat dari pelonggaran sementara. Hanya satu anggota keluarga yang diizinkan untuk berjalan-jalan keluar rumah, menghirup udara segar, dan berbelanja di supermarket. Menurut data terbaru, Shanghai menemukan 63 kasus baru.

Strategi "nol Covid-19" yang diterapkan oleh Cina telah merusak pertumbuhan dan merugikan perusahaan internasional yang berinvestasi di negara tersebut.

Pada Selasa (3/5) malam, kota lain di Cina mengumumkan kebijakan kerja dari rumah dan pembatasan Covid-19 lainnya yang berlaku pekan depan. Pusat Kota Zhengzhou, yang memiliki populasi 12,6 juta orang dan pabrik pembuat Iphone Apple Foxconn memberlakukan kebijakan penguncian ketat.

Pihak berwenang Cina mengatakan, kebijakan nol Covid-19 bertujuan untuk menyelamatkan nyawa sebanyak mungkin. Hal itu merujuk pada jutaan kematian akibat Covid-19 di luar Cina dan banyak negara mengabaikan tindakan pencegahan ketika memutuskan untuk hidup dengan Covid-19.

Terkekang Pandemi

Merujuk laporan Antara, suasana Kota Beijing pada Selasa (3/5) pagi sangat lengang. Kereta subway Line 10 juga sepi penumpang, padahal jalur ini paling sibuk dibandingkan dengan jalur lainnya yang sama-sama melintasi wilayah Distrik Chaoyang.

Dalam sepuluh hari terakhir, Distrik Chaoyang dikategorikan sebagai wilayah berisiko risiko tinggi setelah ditemukan klaster baru Covid-19 di satu sekolahan.

Per 1 Mei 2022, otoritas Beijing menetapkan larangan makan dan minum di restoran atau kafe di seluruh wilayah Distrik Chaoyang. Spontan, restoran dan kafe yang bertebaran di kawasan perbelanjaan internasional Sanlitun sepi pengunjung.

Padahal, sedang berlangsung musim liburan Hari Buruh yang ditetapkan pada 29 April hingga 4 Mei 2022. Makanan dan minuman harus dibawa pulang (dabao), demikian isi maklumat yang dikeluarkan otoritas kesehatan Kota Beijing pada 30 April 2022.

photo
Petugas keamanan memeriksa kartu kesehatan digital seorang pengunjung sebelum memasuki kawasan perbelanjaan internasional Sanlitun saat pemberlakuan penguncian wilayah (lockdown) parsial di Kota Beijing, China, Ahad (1/5/2022). - (ANTARA FOTO/M. Irfan Ilmie/wsj.)

Maklumat terbaru itu juga mewajibkan seluruh warga yang tinggal di Distrik Chaoyang untuk melakukan tes PCR setiap dua hari sekali. Maklumat termutakhir itu sekaligus merevisi aturan wajib tes sebelumnya yang setiap pekan dua kali selain larangan bepergian ke luar kota selama musim liburan Hari Buruh.

Hasil tes PCR negatif sangat penting bagi warga Distrik Chaoyang tanpa terkecuali karena sebagai prasyarat wajib untuk memasuki pusat perbelanjaan, pasar, kantor pelayanan pemerintahan, dan fasilitas publik lainnya.

Aturan ini juga mengikat terhadap warga negara Indonesia, meskipun mereka berkegiatan di dalam premis diplomatiknya sendiri. Shalat Idul Fitri tahun yang digelar di halaman samping KBRI Beijing dengan jumlah jamaah terbatas.

Shalat Id dilaksananan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan ketat yang digariskan oleh otoritas setempat ketika semua rumah ibadah, termasuk masjid di seluruh pelosok China tutup akibat pandemi. Terlebih, KBRI Beijing berada di Distrik Chaoyang yang sampai saat ini masih dikategorikan sebagai wilayah berisiko tinggi. ';

Arus Balik Bakauheni-Merak Krusial

Jalur tol Semarang-Jakarta dan penyeberangan Bakauheni-Merak menjadi dua titik krusial pada arus balik.

SELENGKAPNYA

Waspada Hepatitis Misterius tanpa Kepanikan

WHO kantor Amerika menyatakan, sudah ada lebih dari 200 kasus hepatitis dari 20 negara di dunia.

SELENGKAPNYA

Perang Energi Intai Eropa

Hungaria, Bulgaria, Slovakia, dan Ceska mengaku belum siap memberlakukan embargo atas Rusia.

SELENGKAPNYA
×