Kendaraan pemudik mengantre saat menunggu giliran untuk melakukan verifikasi tiket online di Pintu Tol Penyeberangan Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (30/4/2022). | Republika/Thoudy Badai

Kabar Utama

05 May 2022, 03:55 WIB

Arus Balik Bakauheni-Merak Krusial

Jalur tol Semarang-Jakarta dan penyeberangan Bakauheni-Merak menjadi dua titik krusial pada arus balik.

JAKARTA – Puncak arus balik Lebaran 2022 dari berbagai daerah menuju DKI Jakarta diprediksi akan terjadi pada rentang 6 Mei-8 Mei. Berdasarkan pengalaman arus mudik beberapa waktu lalu, jalur tol Semarang-Jakarta dan penyeberangan Bakauheni-Merak menjadi dua titik krusial pada arus balik yang harus diantisipasi pemerintah.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah sudah mengevaluasi kepadatan arus mudik khusus di sektor penyeberangan yang terjadi di lintas Merak-Bakauheni. Untuk mengantisipasi saat arus balik Bakauheni-Merak, pemerintah menyiapkan Pelabuhan Panjang, Lampung, sebagai pelabuhan alternatif.

“Pelabuhan Panjang adalah suatu alternatif yang relatif dekat dengan penduduk. Tentu ini bisa memecah jumlah tekanan terhadap Pelabuhan Bakauheni,” kata Budi saat meninjau Pelabuhan Panjang, Rabu (4/5).

Menurut Budi, di Pelabuhan Panjang disediakan delapan kapal relatif besar yang langsung menuju Pelabuhan Ciwandan. Pelabuhan ini akan dimanfaatkan untuk kendaraan besar seperti truk pengangkut barang sehingga di Pelabuhan Bakauheni bisa memuat lebih banyak kendaraan lainnya seperti mobil, bus, dan sepeda motor.

photo
Pemudik melakukan verifikasi tiket online di Pintu Tol Penyeberangan Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (30/4/2022). - (Republika/Thoudy Badai)

Adanya pelabuhan alternatif tersebut, lanjut Budi, diharapkan dapat memecah kepadatan kendaraan yang akan berangkat dari Lampung menuju Merak. Selain dari sisi pemerintah, masyarakat juga diimbau membeli tiket jauh sebelum keberangkatan secara daring. “Mohon kepada masyarakat untuk mengikuti imbauan-imbauan yang sudah disampaikan, agar perjalanan balik lebih nyaman,” ujar Budi.

Pada puncak arus mudik pekan lalu, pemudik dari Jabodetabek yang menggunakan kendaraan pribadi menuju Pulau Sumatra terpaksa menempuh waktu hingga 10-11 jam untuk sampai Pelabuhan Merak. Kepadatan kendaraan mulai terjadi ketika memasuki tol Tangerang-Merak.

Saat memasuki Gerbang Tol Cikupa, pemudik banyak diarahkan untuk keluar dari Gerbang Tol Cilegon Barat, Cilegon Timur, Serang Barat atau Serang Timur demi menekan jumlah kendaraan di Gerbang Tol Merak.

Situasi tersebut membuat kemacetan bahkan sampai ke jalur arteri. Hal itu ditambah lagi dengan pemberlakuan buka tutup oleh polisi di beberapa titik dan terjadinya puncak arus mudik pada 29-30 April 2022. Kebijakan itu terpaksa dilakukan supaya mengurai keramaian yang terjadi di Pelabuhan Merak. Polisi sengaja menghentikan kendaraan ketika Pelabuhan Merak dalam kondisi penuh.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bersama Menhub Budi Karya Sumadi dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meninjau Pelabuhan Panjang untuk kesiapan arus balik. Erick memastikan dukungan BUMN dalam operasional di Pelabuhan Panjang yang menjadi pelabuhan alternatif untuk bisa digunakan arus balik untuk pemudik.

Angkutan Lebaran di Pelabuhan Merak terjadi kenaikan 190.545 kendaraan pada 2019 menjadi 209.460 kendaraan pada 2022 atau naik 10 persen. Kenaikan terbesar dari kendaraan roda empat yang melonjak hingga 27 persen yakni 112.139 unit mobil dibandingkan pada 2019 yang 88.626 unit mobil. Sementara, kenaikan penumpang tercatat 2,5 persen.

Dia mengatakan, PT Pelni (Persero) menyiapkan dua kapal untuk membantu perjalanan pemudik dari Pelabuhan Panjang ke Pelabuhan Ciwandan, Banten. Erick berharap kehadiran Pelabuhan Panjang dapat menjadi solusi dalam mengurai antrean di Pelabuhan Bakauheni dan memastikan layanan angkutan Lebaran pada arus balik tetap berjalan lancar, aman, nyaman, dan selamat.

“Sejak awal saya meminta BUMN mendukung Kemenhub mewujudkan arus mudik dan balik yang aman dan sehat. Kementerian BUMN terus memaksimalkan Pelindo sebagai pelabuhan, Pelni di perkapalan, dan ASDP di penyeberangan. Insya Allah dengan niat naik kita bisa selesaikan masalah-masalah di lapangan,” ujar Erick.

photo
Menteri BUMN Erick Thohir (tegah) di dampingi Diretur Utama Pelni Tri Andayani (kanan) menyapa pemudik di KM Ciremai Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung, Lampung, Rabu (4/5/2022). - (ANTARA FOTO/ARDIANSYAH)

PT Pelindo memastikan Pelabuhan Panjang siap melayani arus balik Lebaran 2022. Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo Ali Mulyono mengatakan, Pelabuhan Panjang sudah mulai melayani pemudik sejak 29 April ketika KM Mutiara Ferindo VII tiba di pelabuhan tersebut. Ada empat tambatan disiapkan di Pelabuhan Panjang.

Untuk mendukung kelancaran arus balik, Pelindo juga membuka Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Indah Kiat Cilegon, Banten, serta Pelabuhan Panjang di Lampung. Pelabuhan tersebut dibuka melayani rute tambahan kapal penyeberangan.

“Hal ini dilakukan sebagai respons atas trafik arus kendaraan melalui penyeberangan Merak-Bakauheni dan diharapkan dapat membantu mengurangi kepadatan antrean,” ujar Ali.

Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno mengatakan, jika terjadi kemacetan panjang kendaraan roda empat mulai dari pintu masuk Pelabuhan Bakauheni hingga jarak beberapa kilometer, maka akan dilakukan sistem buka-tutup Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Para pemudik yang masih berada di jalan tol akan diarahkan masuk ke dalam parkir yang berada di rest area JTTS. “Apabila sudah melebihi satu sampai empat kilometer, semua kendaraan akan kita masukkan ke rest area,” kata Hendro.

photo
Foto aerial kendaraan pemudik terjebak kemacetan saat melakukan verifikasi tiket online di Pintu Tol Penyeberangan Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (30/4/2022). - (Republika/Thoudy Badai)

Hendro mengatakan, kendaraan sepeda motor yang akan memasuki pelabuhan akan diarahkan melalui jalur khusus dan tiketing atau tol gate khusus. Apabila terjadi lonjakan, kata dia, maka para pemudik yang menggunakan sepeda motor akan dimasukkan ke dalam satu kapal khusus di Dermaga 5 Pelabuhan Bakauheni.

“Jadi sepeda motor kita prioritaskan ada jalur tersendiri. Buat roda empat atau yang lain kita pakai pintu biasa, kita akan menyebarkan pada semua dermaga. Ada enam dermaga reguler dan satu dermaga eksekutif,” ujar Hendro.

Dia menambahkan, pihak ASDP telah menyiapkan penjualan tiket di luar area pelabuhan untuk dapat mengurangi kemacetan. Penjualan tiket akan berada di JTTS Km 87, Km 49, dan Km 20. Sementara di jalam arteri, penjualan tiket akan berada di RM Alam Mutiara, RM Siang Malam, dan lintas timur RM Tiga Saudara.

“Nanti ada helper yang akan membantu bagaimana membeli tiket. Harapan kami bisa mulai dari awal perjalanan sudah ada tiket. Dari rest area Km 87 kita kumpulkan di situ, nanti akan dikawal keluar dari tol Lematang sampai ke Pelabuhan Panjang punya Pelindo. Kapal akan membawa ke Merak ke Pelabuhan Ciwandan,” ujar Hendro.

Patuhi rekayasa lalu lintas

Jalur tol dari Semarang hingga Cikampek menjadi titik krusial selain penyeberangan Bakauheni-Merak pada arus balik Lebaran 2022 menuju Jakarta. Pemudik diminta mengikuti skenario rekayasa lalu lintas yang diterapkan Polri untuk memastikan tidak terjadi kepadatan parah, yang menyebabkan ketidaknyamanan.

Presiden Joko Widodo mengatakan, pemerintah memprediksi puncak arus balik terjadi pada 6, 7, dan 8 Mei. Jokowi berpesan agar masyarakat dapat menghindari tanggal tersebut untuk melakukan perjalanan arus balik.

Dia mengimbau masyarakat yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik terlewati. “Untuk mengurai kemacetan, kebijakan ganjil-genap, aturan satu arah atau one way, dan larangan truk masuk jalan tol akan tetap diberlakukan, semua dilakukan agar masyarakat tetap nyaman,” kata Jokowi dikutip pada Rabu (4/5).

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi, meminta masyarakat untuk mengikuti dan mematuhi kebijakan rekayasa lalu lintas. Ia meminta masyarakat mempertimbangkan waktu pulang agar tidak terjebak kepadatan arus balik.

“Kalau memang cutinya cukup, bisa pulang (balik ke Jakarta) setelah tanggal 9 (Mei). (Tanggal 6, 7, 8 Mei) itu nanti akan terjadi puncak arus balik yang cukup tinggi. Kami imbau pilih tanggal pulang sebelum tanggal tersebut supaya mencegah penumpukan kendaraan,” kata dia.

Polri menyiapkan dua skema rekayasa akses jalan tol. Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, dua diskresi kepolisian itu, yakni menerapkan skema one way atau satu arah dan contraflow bagi kendaraan yang kembali dari Jawa Tengah menuju arah Ibu Kota. Tim Korlantas Polri bakal menerapkan one way dan contraflow tersebut secara berbarengan.

Adapun pelaksanaan rekayasa lalu lintas tersebut direncanakan mulai Jumat (6/5) dengan penerapan pembersihan seluruh jalur menjadi satu arah, dari Gerbang Tol Kalikangkung di Kilometer (Km) 414 sampai dengan Km 47 Tol Cikampek. “Pada arus balik setelah liburan Idul Fitri, biasanya volume kendaraan lebih banyak ketimbang saat arus mudik,” ujar Dedi.

photo
Sejumlah kendaraan pemudik terjebak kemacetan ketika hendak memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (30/4/2022). - (Prayogi/Republika.)

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, mengimbau pelaku perjalanan arus balik memperhatikan jadwal one way. Dengan demikian, pelaku perjalanan pun dapat mengantisipasi kepadatan dan kemacetan pada saat balik ke wilayah Jakarta.

Bangkitkan ekonomi

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, pembangunan infrastruktur yang digenjot pemerintah berdampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Berdasarkan data Kementerian Perhubungan (Kemenhub), terjadi kenaikan signifikan dalam pergerakan angkutan Lebaran pada tahun ini. 

Erick mengatakan, jumlah truk logistik pada Lebaran 2022 periode H-10 hingga H-1 mencapai 22.588 unit atau naik 116 persen dibandingkan periode yang sama pada 2019, yang sebesar 10.477 unit. Erick menilai, lonjakan logistik menjadi penanda bahwa perekonomian Indonesia mulai bangkit pascapandemi Covid-19.

“Ditambah lagi dengan kenaikan roda empat sampai 27 persen (dari 88.626 unit pada 2019 menjadi 112.139 unit pada 2022). Ini membuktikan ekonomi masyarakat meningkat,” kata Erick.

photo
Pengunjung memadati area Tebet Eco Park, Jakarta, Rabu (4/5/2022). Tebet Eco Park merupakan salah satu alternatif wisata di DKI Jakarta untuk mengisi waktu libur Idul Fitri 1443 H bersama keluarga. - (Republika/Thoudy Badai)

Erick juga mendukung rencana Kemenhub terkait pemetaan ulang operasional jalur Pelabuhan Merak-Bakauheni ke depan. Kementerian BUMN akan bekerja sama dengan Polri dan pemerintah daerah untuk menindaklanjuti arahan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy terkait operasional jalur Pelabuhan Merak-Bakauheni.

“Kami akan terus berkoordinasi dengan bersama Polri dan pemda untuk menggambar ulang, apakah Bakauheni ini akan tetap menerima angkutan logistik atau hanya angkutan mobil dan motor pribadi, atau logistik dipindahkan ke titik lain (Pelabuhan Panjang). Hal ini jadi pertimbangan nanti kita hitung ulang supaya kita bisa meningkatkan kualitas untuk masyarakat,” kata Erick.

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan, momentum mudik selalu berdampak positif pada perekonomian daerah. Tahun ini pun diprediksi demikian, apalagi masyarakat yang mudik menurut survei Kemenhub mencapai 85 juta orang lebih. Di sisi lain, penularan Covid-19 tetap harus diantisipasi mengingat pandemi belum benar-benar usai.

photo
Pengunjung memadati area Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta Selatan, Rabu (4/5/2022). Pada hari kedua Idul Fitri 1443 Hijriah, sejumlah warga memanfaatkan waktu libur untuk berwisata bersama keluarga ke Taman Margasatwa Raguanan. - (Republika/Thoudy Badai)

“Saya tahu begitu besarnya euforia dan antusiasme masyarakat untuk berkunjung ke area wisata. Namun, memang dalam batas tertentu, kita juga harus memberi toleransi mereka karena ini kan sudah dua tahun tidak menikmati libur secara besar-besaran. Dan ini saatnya mereka memanfaatkan izin untuk berkunjung ke pusat wisata ini,” ujar dia.

Kendati demikian, menurut Muhadjir, yang paling penting adalah para pemudik harus dipastikan sudah mendapatkan vaksin minimal dosis kedua atau booster. Tempat wisata juga diwajibkan untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi guna memastikan wisatawan yang berkunjung telah divaksin.

Ramainya tempat wisata saat ini dinilai Muhadjir mampu menjadi momentum untuk memperbaiki kondisi ekonomi di Indonesia. Ia pun sudah menargetkan momentum Lebaran ini diupayakan untuk mendorong dan memicu pemulihan ekonomi nasional setelah dua tahun mengalami hibernasi. ';

Umayyah binti Qais Pelopor Juru Rawat Perempuan

Rasulullah memberi apresiasi khusus atas dedikasinya di dunia perawatan.

SELENGKAPNYA

Asma’ Binti Yazid Jubir Muslimah Zaman Rasulullah

Keberanian dan kecerdasan Asma’ binti Yazid ini jarang ditemui pada masa Nabi.

SELENGKAPNYA

Kejayaan Manusia: Renungan Hari Fitri

Mari kita merayakan kefitrian kita untuk menegakkan tugas kekhalifahan Adam yang baru di bumi.

SELENGKAPNYA
×