Wakil Gubernur DKI Jakarta yang juga kader Gerindra, Riza Patria (kiri) bersama Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid (kanan) dan Ketua Umum Kadin DKI Jakarta, Diana Dewi (tengah) saat memantau vaksinasi Kadin gelombang ked | Erdy Nasrul

Jakarta

Gerinda akan Usung Riza Patria Jadi Cagub DKI

Kader Gerindra diminta menyosialisasikan Riza Patria ke masyarakat Jakarta

JAKARTA — Partai Gerindra mulai menyosialisasikan Ahmad Riza Patria sebagai calon gubernur untuk Pilkada DKI Jakarta 2024. Ketua DPD Gerindra yang sekaligus wagub DKI Jakarta itu akan disiapkan untuk memenangi pilgub.

Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani meminta seluruh kader partainya di DKI Jakarta mulai menyuarakan dan menyosialisasikan Ahmad Riza Patria sebagai calon gubernur dalam Pilkada DKI Jakarta 2024. Dia mengatakan, Gerindra harus mempersiapkan secara matang kader terbaik partainya untuk diusung sebagai cagub di Pilkada DKI Jakarta 2024.

"Kita harus siapkan kader terbaik untuk diusung sebagai calon gubernur pada Pilkada DKI Jakarta 2024. Dan sosok itu saya kira ada pada A Riza Patria. Kita harus menangkan Pilgub DKI 2024 mendatang," kata Muzani dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (28/4).

Hal itu disampaikannya saat menghadiri acara konsolidasi sekaligus buka puasa bersama dengan seluruh pengurus ranting Partai Gerindra se-DKI Jakarta, Rabu (27/4).

Muzani mengatakan, DKI Jakarta adalah "maskot" Partai Gerindra di tingkat nasional. Karena itu, dia melanjutkan, di Pemilu 2024 Gerindra menargetkan menang kembali di DKI Jakarta. Wakil ketua MPR RI itu meminta kepada seluruh ranting, PAC, DPC, untuk mulai bekerja menyiapkan diri masing-masing.

"Gerindra tidak akan meninggalkan PAC dan ranting-ranting. Kita tahu partai menjadi besar karena kerja-kerja ranting dan PAC," ujarnya.

 
Gerindra tidak akan meninggalkan PAC dan ranting-ranting. Kita tahu partai menjadi besar karena kerja-kerja ranting dan PAC
 
 

Ketua DPD Gerindra Ahmad Riza Patria mengaku pencalonannya sebagai gubernur DKI Jakarta periode 2024 merupakan kehendak dari DPP Gerindra.

“Namun, prinsipnya kalau saya, kita laksanakan tugas saya sebagai wagub sampai Oktober dengan sebaik-baiknya,” kata Riza.

Pencalonan dari DPP tersebut telah memiliki mekanisme dan akan dilanjutkan dengan dengar pendapat di internal partai. Setelah mendapat respons dari berbagai pihak, kata dia, akan diusung nama calon tersebut oleh Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto.

“Kita mengusung Jokowi-Ahok, menang, lalu Anies-Sandi juga menang. Dan nanti 2024, siapa pun nanti yang diusung oleh partai Gerindra juga harus menang,” ujarnya.

Pencalonan dirinya sebagai gubernur DKI oleh DPP Gerindra belum final dan akan diserahkan kembali pada pimpinan partai. Meski demikian, dia menegaskan, Gerindra memberikan kesempatan pada semua kader untuk diusung sebagai calon gubernur maupun calon wakilnya.

Sementara, Ketua Fraksi PDIP DKI Jakarta Gembong Warsono mengatakan, pencalonan wagub DKI saat ini untuk cagub 2024 mendatang merupakan hal baik. Namun, dia mengkritisi Riza selama ini terkesan seperti juru bicara Gubernur DKI Anies Baswedan.

“Namun, kesan yang saya dapat selama ini, Riza hanya sebagai juru bicara Anies,” kata Gembong kepada Republika, Kamis (28/4).

Dia menyebut kritik itu tidak secara khusus mendiskreditkan Riza. Namun, selama menjadi wagub DKI, Gembong menilai tugas Riza hanya sebagai bumper bagi Anies.

“Anies menghindar terus di rapat paripurna dan lainnya, Riza yang datang. Persoalan kesehatan, dia (Riza) juga yang urus, bukan gubernur,” ujarnya.

Ditanya persiapan PDIP untuk Pilkada DKI 2024, Gembong mengaku belum bisa menjawabnya. Menurut dia, hal itu bukan karena minimnya kader PDIP, melainkan belum ada sosok yang paling ideal bagi DKI setelah tidak menjadi ibu kota negara.

“Diskusi sering, tapi belum bicara sosok yang paling tepat,” ujarnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ariza Patria | 6 M (arizapatria)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Kemacetan di Merak Perlu Perhatian Serius

Kemenhub dan ASDP diminta berkoordinasi membahas kemungkinan penambahan jadwal penyeberangan Merak.

SELENGKAPNYA

Pelita Air Mendarat Mulus di Bali

Pelita Air menggunakan pesawat baru Airbus tipe A320-200 dengan kapasitas 180 penumpang.

SELENGKAPNYA

Keutamaan Memaafkan

Meminta maaf atas kesalahan adalah keberanian sikap terpuji dan memaafkan adalah sikap mulia.

SELENGKAPNYA