Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) berbincang dengan seorang penumpang pesawat Airbus A320-200 maskapai Pelita Air sebelum memasuki pesawat di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (28/4/2022). PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya PT Pel | ANTARA FOTO/Fauzan

Ekonomi

Erick Thohir Prediksi Penerbangan Kembali Normal

Erick Thohir mendorong penyelesaian PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk secara maksimal.

JAKARTA — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memprediksi industri penerbangan di Indonesia akan pulih dalam kurun waktu enam sampai dengan delapan bulan ke depan.

“Sekarang mulai normal di banyak negara, termasuk Indonesia yang mungkin 6-8 bulan lagi normal. Tentu, penerbangan menjadi alternatif perjalanan dinas dan wisata,” kata Erick kepada wartawan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (27/4).

Saat ini pihaknya sedang mendorong penyelesaian PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk secara maksimal, tetapi tidak ingin ditekan oleh para lessor atau perusahaan yang menyediakan jasa menyewakan barang dalam bentuk guna usaha. “Kami mendorong penyelesaian Garuda secara maksimal, tentu penyelesaian yang baik karena tidak mau kami ditekan oleh lessor-lessor,” ujar Erick.

Erick menyampaikan, penyelesaian dengan lessor yang memberikan harga sewa mahal dan memiliki unsur koruptif harus dihindari. Karena itu, hingga saat ini pihaknya masih mengupayakan langkah penyelesaian terbaik guna memulihkan kondisi penerbangan Indonesia.

Erick juga mengatakan, pihaknya akan menunggu keputusan penundaan kewajiban pembayaran utang atau PKPU pada pertengahan Mei nanti, yakni pada 20 Mei 2022. “Siapa tahu bisa menjadi solusi bersama,” kata Erick.

Erick meletakkan perhatian khusus kepada angka penerbangan di Indonesia. Setelah keputusan mengenai PKPU keluar, Erick akan mengevaluasi kembali mengenai bagaimana infrastruktur pendukung dari BUMN, khususnya mengenai penerbangan.

Lebih lanjut, pihaknya juga akan memulai intervensi pasar apabila memang dibutuhkan untuk menciptakan keseimbangan. “Memang kami concern dengan angka penerbangan ini,” ujar Erick.

Erick juga mengungkapkan, angka pemulihan bandara telah mencapai 88 persen, tersisa hanya 12 persen menuju keadaan normal. Peningkatan pemulihan ini dipengaruhi oleh faktor Lebaran, yang mana masyarakat mulai ramai melakukan perjalanan, baik untuk tujuan wisata, mudik, hingga ibadah umrah. “Angka recovery di airport sudah mencapai 88 persen, tinggal 12 persen lagi normal,” kata Erick menambahkan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Angkasa Pura II (angkasapura2)

Sebelumnya, PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) mencatat peningkatan trafik penerbangan, khususnya di Bandara Soekarno-Hatta. Guna mengantisipasi kondisi tersebut, AP II menjalankan strategi penyeimbangan di Bandara Soekarno-Hatta. “Strategi ini dilakukan untuk memaksimalkan peran tiga terminal penumpang pesawat dalam mendukung operasional penerbangan,” ujar Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi.

Agus menjelaskan, strategi penyeimbangan bandara juga menjadi salah satu persiapan bandara terbesar di Indonesia itu dalam mengantisipasi meningkatnya lalu lintas penerbangan. Khususnya pada periode angkutan Lebaran Idul Fitri 2022 pada periode 22 April-13 Mei dengan arus mudik pada 22 April-1 Mei 2022 dan arus balik pada 4-13 Mei 2022. 

Agus mengatakan, strategi penyeimbangan bandara bertujuan membagi peran tiga terminal untuk melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawat. Dia mengakui, lalu lintas penerbangan meningkat sejak akhir Maret 2022 dan membuat Terminal 2 cukup ramai. “Pada akhir Maret 2022 saat lalu lintas penerbangan meningkat, Terminal 2 melayani sekitar 75 ribu penumpang per hari,” kata Agus. 

Lalu pada April 2022 setelah Terminal 1 aktif, sebanyak 15 ribu penumpang per hari akan pindah dari Terminal 2 ke Terminal 1. Sementara, Terminal 3 setiap harinya melayani sebanyak 46 ribu penumpang pesawat.  “Untuk itu, kami menjalankan strategi rebalancing dengan mengaktifkan Terminal 1 mulai 1 April 2022 guna melayani keberangkatan dan kedatangan penumpang rute domestik,” ujar Agus.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Erick Thohir (erickthohir)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Duel Dua Kuda Hitam RB Leipzig Vs Glasgow Rangers

RB Leipzig juga memiliki materi pemain yang dianggap bisa bersaing di level teratas.

SELENGKAPNYA

Duel Eintracht Frankfurt Vs West Ham United

Perseteruan West Ham vs Frankfurt sudah terjadi sejak sebelum kick-off.

SELENGKAPNYA

Pemudik Diimbau Manfaatkan Jalur Alternatif

Jalur-jalur alternatif di Jabar masih belum banyak dimanfaatkan pemudik.

SELENGKAPNYA