Leipzig | EPA-EFE/FILIP SINGER

Olahraga

Duel Dua Kuda Hitam RB Leipzig Vs Glasgow Rangers

RB Leipzig juga memiliki materi pemain yang dianggap bisa bersaing di level teratas.

LEIPZIG -- RB Leipzig harus bisa mengandaskan perlawanan klub asal Skotlandia, Glasgow Rangers, demi bisa melaju ke babak final Liga Europa. Leipzig akan menjadi tuan rumah dan bakal menjamu the Gers di Stadion RB Arena, Jerman, pada laga leg pertama babak semifinal Liga Europa, Jumat (29/4) dini hari WIB.

Status Die Roten Bullen sebagai tuan rumah tentu memberikan keuntungan tersendiri bagi tim besutan Domenico Tedesco tersebut. Namun, itu bukan satu-satunya faktor yang membuat Leipzig menjadi unggulan di laga ini.

Meski kerap dianggap sebagai tim kuda hitam, Leipzig terbukti mampu bersaing di papan atas Bundesliga Jerman dalam tiga musim terakhir. Tidak hanya itu, Leipzig juga memiliki materi pemain yang dianggap bisa bersaing di level teratas.

Namun, pelatih Leipzig Domenico Tedesco tidak mau melakukan kesalahan fatal dengan meremehkan kemampuan Rangers. Keberhasilan Rangers menyingkirkan klub raksasa asal Jerman, Borussia Dortmund, dengan keunggulan agregat 6-4 di babak 32 besar mendapatkan sorotan tersendiri.

''Apabila mereka mampu menyingkirkan tim dengan kaliber seperti Dortmund, Anda semestinya bisa memperkirakan kualitas yang dimiliki Rangers,'' ujar Tedesco di laman resmi UEFA, awal pekan ini.

Sementara itu, bagi Rangers, ini menjadi kesempatan pertama tampil di babak semifinal kompetisi Eropa sejak menjuarai Piala UEFA pada musim 2007/2008 silam. Tidak hanya itu, tampil di babak semifinal juga menjadi pencapaian terbaik Rangers di pentas Liga Europa sejak format kompetisi itu resmi diperkenalkan pada 2009 silam.

Pelatih Glasgow Rangers Giovanni van Bronckhorst pun tidak mau anak-anak asuhnya kehilangan momentum keberhasilan melangkah di babak semifinal, terutama setelah menyingkirkan Dortmund, Red Star Beograd, dan Braga di fase gugur.

''Bisa meraih posisi empat besar di turnamen Eropa adalah pencapaian besar bagi setiap tim. Kami telah bekerja keras untuk bisa berada di posisi ini,'' kata Van Bronckhorst di laman resmi UEFA.

Catatan Leipzig tak terkalahkan

Emil Forsberg mengantarkan RB Leipzig ke final Piala Jerman yang ketiganya dalam empat tahun terakhir lewat gol penentu kemenangan 2-1 timnya atas Union Berlin, pekan lalu.

Setelah gol dari tendangan penalti Andre Silva menyamakan kedudukan dari gol sundulan Sheraldo Becker pada babak pertama, Forsberg mencetak gol pada menit kedua waktu tambahan untuk memastikan kemenangan dalam semifinal ini.

Ini ketiga kalinya Forsberg mencetak gol dalam sebuah semifinal Piala Jerman.Dia juga mencetak gol kemenangan pada menit ke-121 saat tahun lalu menang atas Werder Bremen, setelah sebelumnya mencetak gol tatkala menang 3-1 melawan Hamburg pada 2019.

"Ini momen yang tidak pernah Anda lupakan. Sulit dipercaya, itu cuma terjadi dalam sepak bola," kata Forsberg kepada Sky seperti dikutip AFP.

Dalam final Leipzig akan ditantang Freiburg yang mengalahkan Hamburg 3-1 sehari sebelumnya. Final akan digelar 21 Mei di Stadion Olimpiade, Berlin. Leipzig tengah memburu gelar piala pertamanya setelah kalah dalam final sebelumnya dari Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund.Tim tamu Union Berlin memimpin pada menit ke-25 saat Becker meneruskan umpan silang ke dalam gawangdi tiang jauh yang seketika membuat pendukung tim tamu bersorak kegirangan.

Itu adalah kebobolan pertama Leipzig dalam kompetisi ini musim ini.Leipzig menyamakan kedudukan pada menit ke-61 setelah pencetak gol terbanyak klub ini, Christopher Nkunku, dijatuhkan di kotak penalti.

Silva maju menjadi eksekutor penalti dan sukses mengonversinya menjadi gol.Setelah gagal mengeksekusi tiga penalti musim ini melawan Paris Saint-Germain, Real Sociedad dan Atalanta di Eropa, Silva melakukan selebrasi gol ketika tendangan penaltinya gagal dimentahkan kiper Union Berlin Frederik Roennow.

Di ambang perpanjangan, Forsberg yang playmaker Swedia meloloskan diri dari penjagaan untuk melompat lebih tinggi guna menanduk bola masuk gawang Union. Hasil kini memperpanjang catatan tak terkalahkan Leipzig menjadi 15 pertandingan dalam semua kompetisi.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Ja'far Si Bapak Kaum Miskin

Orang yang paling peduli dan paling siap membantu mereka yang miskin adalah Ja'far bin Abi Thalib

SELENGKAPNYA

Entitas Lorong Menuju Tuhan

Lorong-lorong menuju Tuhan mempunyai beberapa nama jalan atau entitas.

SELENGKAPNYA

FC Porto Ukir Sejarah Abadi

FC Porto dalam narasinya memang bukan klub yang banyak digemari oleh pencinta kulit bundar.

SELENGKAPNYA