Pemimpin oposisi Shahbaz Sharif berbicara di Islamabad, Pakistan, Kamis (7/4/2022). Kala itu Mahkamah Agung menggagalkan upaya Imran Khan tetap di kursi perdana menteri Pakistan. | AP Photo/Anjum Naveed

Internasional

Shahbaz Sharif Jadi PM Baru Pakistan

Lebih dari 100 anggota partai Khan mengundurkan diri dari parlemen.

ISLAMABAD -- Parlemen Pakistan memilih Shahbaz Sharif (70 tahun) sebagai perdana menteri (PM) baru Pakistan, Senin (11/4). Langkah ini mengakhiri sepenuhnya kekuasaan Imran Khan. Sementara anggota parlemen dari partai Khan, Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI), ramai-ramai mengundurkan diri pada Senin.

"JIka kita harus menyelamatkan kapal yang nyaris tenggelam, yang kita perlukan adalah kerja keras serta persatuan, persatuan, dan persatuan," kata Shahbaz dalam pidato pertamanya sebagai PM. "Hari ini kita memulai era baru pembangunan."

Shahbaz mendapat 174 suara dari 342 kursi di parlemen. “Mohammad Shahbaz Sharif dinyatakan sebagai perdana menteri Republik Islam Pakistan," kata penjabat Ketua Parlemen Asad Shadiq.

Beberapa menit sebelum voting, lebih dari 100 anggota majelis rendah parlemen dari PTI melakukan walk out sebagai bentuk protes. Pengunduran diri lebih dari 100 kursi parlemen akan mengharuskan Pakistan menggelar pemilihan umum (pemilu) sela.

photo
Pemimpin oposisi Shahbaz Sharif berbicara di Islamabad, Pakistan, Kamis (7/4/2022). Kala itu Mahkamah Agung menggagalkan upaya Imran Khan tetap di kursi perdana menteri Pakistan. - (AP Photo/Anjum Naveed)

"Kami memboikot pemilihan (PM) ini dan juga mengumumkan bahwa kami semua mundur," kata Shah Mahmood Qureshi, mantan menteri luar negeri yang juga wakil presiden PTI.

Kini kubu Shahbaz memimpin mayoritas tipis di parlemen. Tidak sulit bagi mereka untuk meloloskan produk hukum di parlemen.

Namun, jika pendukung Khan tetap turun ke jalan, maka akan tercipta tekanan terhadap parlemen dan krisis pun akan kian dalam. Hingga Senin pagi, ribuan pendukung Khan tampak berunjuk rasa menentang pelengseran Khan.

Shahbaz lebih dikenal sebagai pejabat pemerintah yang cakap daripada seorang politisi. Ia berjanji akan menangani bencana ekonomi setelah pandemi Covid-19. Nilai rupee Pakistan ada di titik terendah dan suku bunga bank sentral pun mengalami kenaikan terbesar dalam beberapa dekade terakhir.

photo
Pendukung eks perdana menteri Pakistan Imran Khan berunjuk rasa di Peshawar, Pakistan, Ahad (10/4/2022). - (AP Photo/Muhammad Sajjad)

Dekat militer

Shahbaz adalah adik dari mantan PM terdahulu, Nawaz Sharif, yang dilengserkan setelah ia divonis bersalah dalam perkara korupsi pada 2017. Nawaz dijatuhi hukuman 10 tahun. Baru beberapa bulan menjalani hukumannya, Nawaz terbang ke luar negeri dengan alasan melakukan pengobatan.

"Bagi negara ini, tak ada hal yang lebih memalukan dari itu," ujar Khan pada Senin, sebelum voting pemilihan Shahbaz.

Khan berkuasa selama 3,5 tahun dari 5 tahun masa jabatannya. Namun, ia menjadi PM pertama Pakistan yang digulingkan melalui mosi tidak percaya.

Khan, mantan bintang olahraga kriket, meraih kursi PM pada 2018 atas dukungan militer. Ia kehilangan dukungan mayoritas di parlemen setelah sekutunya menarik diri dari koalisi. Pengamat menilai, Khan bahkan juga kehilangan dukungan militer setelah perekonomian Pakistan juga terpuruk.

photo
Pendukung eks perdana menteri Pakistan Imran Khan berunjuk rasa di Peshawar, Pakistan, Ahad (10/4/2022). - (AP Photo/Muhammad Sajjad)

Sedangkan pengamat menilai Shahbaz memiliki hubungan baik dengan militer Pakistan. Ini menjadi unsur penting karena selama ini militer berperan dalam kebijakan luar negeri dan pertahanan di negeri berkekuatan nuklir dengan 220 juta populasi ini.

Sejak lepas dari Inggris pada 1947, hampir separuh sejarah Pakistan berada di tangan militer. Bahkan tak ada PM yang menyelesaikan periode kekuasaannya.

Sebelumnya, Shahbaz muncul sebagai sosok pemimpin di kalangan oposisi yang berupaya menggulingkan Khan. Partai-partai oposisi mengatakan, Khan gagal memulihkan perekonomian yang dihantan badai pandemi Covid-19. Khan juga dinilai gagal memenuhi janjinya untuk membuat Pakistan bebas korupsi, sejahtera, dan dihormati di panggung dunia.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Mempertahankan Daya Beli

Penurunan daya beli ini patut diwaspadai karena tak hanya menurunkan kesejahteraan penduduk, tapi juga berdampak pada perekonomian secara umum.

SELENGKAPNYA

Persiapan Kesehatan Haji

Panduan umumnya, kita memprioritaskan berjalannya rukun dan wajib haji.

SELENGKAPNYA

Pertanyaan di Balik Karantina Shanghai

Semua warga yang positif Covid-19 baik memiliki gejala maupun tidak, harus dikarantina di lokasi isolasi khusus.

SELENGKAPNYA