Ilustrasi Hikmah Hari ini | Republika

Hikmah

Marhaban Ya Ramadhan

Ramadhan adalah bulan yang diberkahi, bulan dikabulkannya segala doa, dan diampuninya segala dosa.

Oleh Syahruddin El-Fikri

OLEH SYAHRUDDIN EL-FIKRI

Selamat datang wahai bulan yang penuh berkah, ampunan, dan kasih sayang Allah. “Marhaban ya Ramadhan, marhaban syahra as-shiyam.” Selamat datang Ramadhan, selamat datang bulan puasa.

Demikianlah ungkapan orang-orang yang beriman kepada Allah SWT. Sebab, hanya mereka yang beriman dan bergembira dengan datangnya bulan Ramadhan. Sebab, di bulan inilah Allah SWT mewajibkan umat Islam untuk melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh, yang dimulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Dalam Alquran, kewajiban berpuasa ditegaskan oleh Allah SWT dalam surah al-Baqarah (2) ayat 183. “Wahai orang-orang yang beriman, telah diwajibkan atas kalian untuk berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu menjadi orang-orang yang bertakwa.”

Tujuan puasa adalah untuk membentuk pribadi Muslim yang bertakwa (muttaqin) kepada Allah SWT. Dan ciri orang yang bertakwa itu adalah senantiasa mengerjakan segala yang diperintahkan Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.

Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam dan pada waktu sahur mereka memperbanyak istighfar kepada Allah. Mereka senantiasa menginfakkan sebagian rezekinya di jalan Allah, menolong orang miskin (baik yang meminta maupun yang tidak meminta) (QS adz-Dzariyat: 15-23).

Puasa diwajibkan kepada setiap Muslim yang sudah dewasa (baligh). Kewajiban itu berlaku selama sebulan dalam setahun, yakni pada bulan Ramadhan. Perintah puasa pertama kali disyariatkan pada tahun kedua Hijriyah, yaitu sesudah Rasulullah SAW berhijrah dari Makkah ke Madinah.

Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan keikhlasan (karena Allah), maka diampuni segala dosa-dosanya yang telah lalu” (HR Bukhari dari Abu Hurairah RA).

Demikian besarnya pahala yang terdapat dalam bulan Ramadhan, terutama bagi yang berpuasa, maka Allah menjanjikan balasan khusus baginya. “Semua ibadah anak cucu Adam adalah untuknya, kecuali puasa. Sesungguhnya puasa itu untuk-Ku, dan Akulah yang akan membalasnya” (hadis qudsi).

Dengan berbagai macam kebajikan dan pahala yang dijanjikan, sudah sepantasnya umat Islam untuk menyambut gembira datangnya bulan yang penuh ampunan dan berkah dari Allah ini dengan penuh kegembiraan. “Barang siapa yang bergembira dengan datangnya bulan Ramadhan maka Allah akan mengharamkan dirinya dari sentuhan api neraka.”

Oleh karena itu, saat tiba bulan Ramadhan, hendaknya setiap Muslim dapat mempersiapkan diri untuk meraih berbagai macam hikmah, ampunan, rahmat, dan kasih sayang dari Allah SWT. Sebab, Ramadhan adalah bulan yang diberkahi, bulan dikabulkannya segala doa, dan diampuninya segala dosa.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Persiapan Jelang Ramadhan

Setiap orang perlu mempersiapkan diri untuk menjalankan puasa Ramadhan.

SELENGKAPNYA

Keajaiban Puasa

Demikian kuasa Allah yang mengatur mekanisme dalam tubuh kita untuk menguatkan imunitas.

SELENGKAPNYA