Sehat | Presahispanaaz.com

Sehat

Perhatikan Perubahan pada Mata

Oleh Perhatikan Perubahan pada Mata

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang penting dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Namun, mata dapat saja mengalami gangguan yang gejala- gejalanya tak selalu jelas dan kerap terabaikan. Contohnya adalah konjung tivitas yang dapat menimbul kan risiko kesehatan. Beberapa gangguan mata lainnya dapat menyebabkan masalah serius, seperti kebutaan, bahkan mengancam nyawa, seperti kanker mata.



Meski gejala-gejala kanker mata terkadang tak tampak dengan jelas, ada beberapa perubahan yang bisa diperhatikan. Perubahan ini tak hanya berkaitan dengan penampakan fisik mata, tetapi juga perubahan pada daya penglihatan.



Menurut National Health Service (NHS) di Inggris, ada enam perubahan pada mata yang mungkin berkaitan dengan kanker mata. Salah satunya adalah munculnya bayangan, kilatan cahaya, maupun garis-garis bergelombang pada lapang pandang. Pandangan juga dapat berubah menjadi lebih kabur. Tak jarang, kanker mata menyebabkan terjadinya kehilangan pandangan sebagian ataupun total.



Dari tampilan fisik, kanker mata bisa disertai dengan munculnya bercak gelap pada mata yang semakin membesar. Mata yang terkena kanker juga bisa saja tampak lebih menonjol dari mata lainnya atau adanya benjolan pada kelopak mata. "Gejala-gejala ini bisa disebabkan oleh masalah minor pada mata. Jadi, tidak selalu menjadi tanda kanker,"ujar NHS, seperti dilansir Express.



Hal terpenting yang perlu dilakukan adalah memeriksakan diri ke dokter mata bila menemukan perubahan-perubahan itu. Dengan begitu, kanker mata ataupun masalah mata lain bisa diatasi dengan lebih cepat.


 
"Kondisi ini akan memicu timbulnya tumor."
NHS
 



Salah satu jenis kanker mata yang paling banyak ditemukan adalah melanoma pada mata. Melanoma mata, menurut program layanan kesehatan masyarakat di Inggris ini, umumnya memengaruhi bola mata, tetapi kondisi ini juga dapat memengaruhi konjungtiva atau lapisan tipis yang menyelimuti bagian depan mata atau kelopak mata.



Melanoma mata terjadi ketika sel yang memproduksi pigmen di mata membelah diri dan memperbanyak diri dengan sangat cepat. "Kondisi ini akan memicu timbulnya tumor," catat NHS.



Secara umum, kanker pada mata juga bisa terjadi pada jaringan yang mengelilingi bola mata. Mata juga bisa terserang kanker akibat penyebaran kanker dari bagian lain tubuh, seperti kanker paru atau kanker payudara. (ed:dewi mardiani)

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat