Sejumlah peserta mengikuti kegiatan Training of Trainer (TOT) Guru Ngaji Pusat Belajar Mengaji (PBM) Azzahra Cahaya Negeri mengunakan Metode Abahata Aljabari dan Hatam (hafal Tanpa Menghafal) di PBM Azzahra Cahaya Negeri, Lampung Utara, Kamis (14/10). PBM | Prayogi/Republika.

Khazanah

NU Tolak Sekolah Lima Hari karena Matikan Diniyah

Perpres No 21/2023 menjadi sinyal kuatnya dukungan pemerintah terhadap full day school.

Oleh MUHYIDDIN, FEBRIANTO ADI SAPUTRO

JAKARTA -- Kebijakan lima hari sepekan yang kini diterapkan di sekolah mendapatkan penolakan dari Nahdlatul Ulama. Dalam Musyawarah Nasional Alim Ulama NU, Ketua Komisi Bahtsul Masail Qanuniyah KH Abdul Ghaffar Rozin atau akrab disapa Gus Rozin menegaskan, kebijakan tersebut mematikan sekolah-sekolah diniyah dan TPQ yang menanamkan pendidikan keagamaan di...

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Bedah Konsep dan Norma Etika Menteri

Melalui karyanya ini, al-Mawardi menerangkan kaidah-kaidah tentang bagaimana seorang menteri bertindak.

SELENGKAPNYA

Biografi Tujuh Penggerak Sejarah

Dalam buku ini, A Malik Madaniy mengulas tujuh dari sekian banyak tokoh ulama yang berpengaruh signifikan dalam sejarah Islam.

SELENGKAPNYA

Sang Mubaligh Ibu Kota

Terutama pada era 1980-an, KH Hasyim Adnan terkenal sebagai seorang dai tersohor di Jakarta. Sikapnya kritis terhadap rezim Orba.

SELENGKAPNYA