Sejumlah peserta berlari saat BNI UI Half Marathon 2023 di Kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Ahad (16/7/2023). BNI UI Half Marathon 2023 bertema The Greenest and Most Sterile Route Half Marathon yang terbagi dari tiga kategori jarak 5K, 10K | Republika/Putra M. Akbar

Gaya Hidup

Jelajah Wisata Berkonsep Sport Tourism, Dijamin Seru

Bersepeda adalah salah satu kegiatan komunitas yang terbentuk semasa pandemi dan masih berlangsung hingga saat ini.

Hari Olahraga Nasional (Haornas) diperingati setiap 9 September. Saat ini, industri pariwisata juga makin erat dengan keseruan aktivitas berolahraga. Konsep sport tourism pun kini semakin digandrungi. 

Menurut SVP of Brand Marketing Tiket.com, Maria Risa Puspitasari, sport tourism menjadi salah satu cara asyik menjelajahi Indonesia. “Cara ini lebih menarik, yang akan semakin membuka opsi aktivitas di destinasi wisata yang didatangi,” kata dia dalam keterangan tertulisnya, Rabu (6/9/2023).

Kegiatan sport tourism merupakan salah satu cara untuk menjalankan hobi sambil berlibur, sekaligus merupakan salah satu kegiatan penggerak dalam memajukan industri pariwisata dan ekonomi di Indonesia. Maria pun membagikan beberapa ide destinasi dan kegiatan sport tourism yang bisa jadi referensi: 

 

1. Serunya maraton sambil menikmati indahnya pantai di pulau Bali nan eksotis

 

photo
Peserta berlari saat mengikuti LPS Monas Half Marathon 2023 di Jakarta, Ahad (2/7/2023). Lembaga Penjamin Simpanan menggelar kegiatan Monas Half Marathon bertemakan Restart For Change yang diikuti oleh sekitar 7000 peserta dengan rute sepanjang 21 kilometer dari Monumen Nasional hingga finis di Istora Senayan. Kegiatan tersebut diharapkan menjadi ajang marathon berstandar internasional juga menjadi sarana bagi atlet nasional untuk mengembangkan potensi dalam olahraga atletik. - (Republika/Thoudy Badai)

 

Dalam satu dekade terakhir, berbagai lomba lari atau aktivasi terkait acara lari marak tumbuh di Indonesia. Pada masa pandemi pun, minat masyarakat terhadap olahraga meningkat pesat. Termasuk olahraga lari yang mengajak para pelari untuk menikmati keindahan pemandangan sekitar, seperti salah satunya ajang maraton di Pulau Bali.

 

Selain itu, trek jogging di Bali ini juga banyak dijadikan sebagai tempat jalan-jalan karena terbebas dari kendaraan yang berlalu lalang. Tidak heran jika banyak di antaranya warga sekitar yang dengan sengaja melakukan olahraga pagi seperti halnya jogging di kawasan khusus.

 

Tak hanya Bali, kita juga ikut maraton ke berbagai daerah lain di Indonesia contohnya ke Belitung, Pontianak, Medan, Banjarmasin. 

 

2. Rasakan sensasi petualangan bersepeda di Pusuk Bike Park

photo
Sejumlah warga saat bersepeda di Ruang Limpah Sungai Brigif, Cipedak, Jakarta Selatan, Jumat (9/6/2023). Ruang Limpah Sungai Brigif menjadi salah satu alternatif destinasi wisata bagi warga sekitar untuk menikmati suasana ruang terbuka hijau sambil berolahraga. Selain itu Ruang Limpah Sungai Brigif juga berguna untuk menampung sekitar 308.000 meter kubik volume air dari aliran Kali Krukut yang dapat mengendalikan banjir. - (Republika/Putra M. Akbar)

 

Menghabiskan liburan dengan bersepeda di tempat yang indah di Indonesia sambil menghirup udara segar menjadi salah satu kegiatan wisata yang digemari saat ini, dengan tujuan menyalurkan hobi atau minat khusus. Bersepeda adalah salah satu kegiatan komunitas yang terbentuk semasa pandemi dan masih berlangsung hingga saat ini.

Pertumbuhan tren bagi berbagai komunitas pesepeda dari berbagai kota untuk menjelajahi medan-medan alami Nusantara bersama-sama, ini kian menanjak, karena aktivitas tersebut menyegarkan pikiran dan cahaya matahari bermanfaat bagi kebaikan tubuh.

Bagi penggemar sepeda, kini sedang populer untuk gowes hingga dataran tinggi. Para penggemar gunung membuka arena petualangan bersepeda di dalam hutan Pusuk, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Panjang trek Pusuk Bike Park ini hingga 1,5 kilometer dan melintasi berbagai kondisi alami. Di antara yang harus ditempuh pesepeda adalah hutan lindung, dua jembatan kayu, dan bambu untuk menyeberangi sungai, empat drop off (jumping), dan belasan full berm (kelokan).

 

3. Bermain golf sembari healing di Pulau Bintan

photo
Cam Davis hits from the 11th tee box during the pro-am event at the Sony Open golf tournament, Wednesday, Jan. 11, 2023, at Waialae Country Club in Honolulu. - (AP Photo/Matt York)

Saat ini, olahraga golf menjadi salah satu olahraga yang sangat diminati oleh berbagai kalangan, khususnya anak muda. Tak hanya menjadi olahraga terfavorit untuk kalangan atas, olahraga ini jadi tren pada era sekarang.

Golf termasuk olahraga yang dimainkan sambil menikmati keindahan alam. Terletak di Kepulauan Riau, Bintan, destinasi ini merupakan salah satu yang cocok untuk bermain golf sambil berlibur.

photo
Brendan Steele melakukan pukulan dari fairway di hole ke-18 North Course di Torrey Pines pada putaran pertama turnamen golf Farmers Insurance Open, Rabu, 25 Januari 2023, di San Diego. (AP Photo/Gregory Bull)

Selain terkenal dengan wisata alamnya yang indah khususnya laut, Golf Course di Bintan juga merupakan sebuah tempat yang bisa sobat tiket kunjungi untuk bermain golf, sekaligus berlibur bersama keluarga. Bintan sangat cocok untuk melakukan kegiatan sport tourism karena memiliki alam yang menjadi fokus utama destinasi wisatanya.

Ada banyak sekali wisatawan yang menghabiskan waktu berlibur, sekaligus bermain golf karena pemandangan alam yang tersaji berbeda dari tempat lainnya. Ditambah banyaknya pilihan resort mewah untuk sekadar healing dari hiruk-pikuk kota dan menikmati ketenangan di pulau.

 

 
Cara ini lebih menarik, yang akan semakin membuka opsi aktivitas di destinasi wisata yang didatangi. 
 
MARIA RISA PUSPITASARI, SVP of Brand Marketing Tiket.com. 
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Deretan Inspirasi Liburan Seru, Dijamin Berkesan

Bagi yang menyukai liburan dengan petualangan menantang, Maroko bisa menjadi pilihan yang cukup tepat.

SELENGKAPNYA

Kulik-Kulik Gaya Liburan Para Gen Z

Wisata alam, seperti gunung dan pantai masih jadi pilihan utama.

SELENGKAPNYA

Tips Rumah Aman Saat Liburan, Langsung dari Mantan Pencuri

Pencuri sering kembali ke rumah yang sama.

SELENGKAPNYA