Para pekerja melepas lampu neon yang digantung di gedung restoran Tai Ping Koon sejak tahun 1964 di Hong Kong, Ahad, 6 Agustus 2023. Pernah ada di mana-mana di Hong Kong. | AP Photo/Louise Delmotte

Safari

Deretan Inspirasi Liburan Seru, Dijamin Berkesan

Bagi yang menyukai liburan dengan petualangan menantang, Maroko bisa menjadi pilihan yang cukup tepat.

Saat ini, liburan identik dengan istilah hidden gem atau mencari tempat wisata yang belum populer. Tujuannya tentu agar kita bisa menikmati suasana yang belum terlalu ramai, sehingga liburan pun jadi lebih berkesan. 

Apabila kita ada rencana untuk berlibur ke Hong Kong, berikut sejumlah rekomendasi kegiatan seru dan menarik yang bisa dilakukan di Hong Kong. Dalam siaran pers yang diterima Jumat (8/9/2023), Hong Kong Tourism Board (HKTB) membagikan rekomendasi untuk hal-hal terbaru yang tersedia di sekitar kota bagi para wisatawan yang merencanakan liburan berikutnya ke Hong Kong.

 

  1. Ciptakan kenangan dengan kegiatan interaktif
photo
Pengunjung menggunakan ponselnya untuk mengambil gambar saat pameran seni proyeksi cahaya bertajuk Immersive Hong Kong di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta, Indonesia, Kamis, 27 Juli 2023. - (AP Photo/Tatan Syuflana)

Seni dan teknologi kini menjadi satu di TeamLab Future Park yang menawarkan pengalaman baru yang imersif dari kolektif seni ternama di dunia, TeamLab. Pengunjung bisa memanjakan anak-anak dengan hiburan interaktif, dengan enam karya memukau yang dipamerkan hingga 14 Januari 2024.

Termasuk Graffiti Nature-Beating Mountains and Valleys, Red List, yang menampilkan kadal hong kong, spesies lokal yang terancam punah, sebagai pusat perhatian. Ada pula atraksi menarik lainnya adalah Sliding Through the Fruit Field dan A Table Where Little People Live, yang telah terbukti sangat populer di kalangan keluarga.

 

2. Mengagumi seni dan budaya

 

Berpusat pada kehidupan dan masa-masa Song Huai-Kuei (1937-2006), seorang legenda dalam bidang seni, film, musik, dan mode Cina, dari tahun 1980-an hingga 2000-an, Pameran "Madame Song: Pioneering Art and Fashion in China" menampilkan lebih dari 320 objek untuk menceritakan biografi Song yang memukau.

Diselenggarakan berdasarkan tema dan dibagi menjadi lima bagian, pameran ini menyatukan berbagai identitas Song sebagai seniman, pengusaha, fashionista, dan duta budaya.

 

3. Pameran khusus "Gazing at Sanxingdui: New Archaeological Discoveries in Sichuan"

"Gazing at Sanxingdui" menyoroti penemuan arkeologi baru di Sanxingdui, Provinsi Sichuan, menampilkan 120 benda perunggu, batu giok, emas, dan tembikar yang berasal dari 2.600-4.500 tahun yang lalu. Hampir setengahnya ditemukan dalam penggalian terbaru di situs Sanxingdui antara tahun 2020 dan 2022. Pameran khusus ini akan dipamerkan mulai 27 September 2023 hingga 8 Januari 2024.

 

4. Seni di balik cita rasa

photo
Seorang koki menyiapkan ikan impor Jepang di sebuah restoran sashimi di Hong Kong, Jumat, 14 Juli 2023. Ketika Tokyo berencana membuang air limbah radioaktif yang telah diolah ke laut, restoran Jepang dan pemasok makanan laut di Hong Kong bersiap menghadapi kemerosotan bisnis karena larangan dari Hong Kong terhadap produk akuatik dari 10 wilayah Jepang.- (AP Photo/Louise Delmotte)

Maggie Choo's kini siap membawa para tamu kembali ke kemewahan dunia masa lalu Far East yang penuh teka-teki. Tersembunyi di jantung Central dan terletak di depan salah satu dari sekian banyak toko barang antik di Hollywood Road yang bersejarah, Maggie Choo's yang terinspirasi dari Chinoserie ini terdiri atas bar koktail, kabaret, dan soiree larut malam, mengembalikan kemewahan yang telah pudar dengan hiburan langsung dan sentuhan modern pada minuman klasik.

 

5. The Praya 

The Praya merupakan restoran kontemporer premium Hong Kong yang memadukan tradisi kuliner Cina, dengan pengaruh kuliner global kini telah dibuka di One-Eight-One Hotel di Shek Tong Tsui. Di sini, kita bisa memanjakan diri dengan menu memikat dari resep keluarga multigenerasi yang disiapkan dengan kemahiran modern untuk mengubah persepsi Anda tentang hidangan Kanton tradisional.

 

Persiapkan Liburan Akhir Tahun 

Bagi banyak orang, liburan akhir tahun merupakan momen yang ditunggu-tunggu, mengingat momen ini menjadi kesempatan melepas penat dan mengisi kembali energi, sambil menciptakan berbagai kenangan tak terlupa bersama keluarga.

Kini bagi yang hendak berlibur, tapi bosan dengan kegiatan yang sama setiap tahunnya. Simak lima ide seru berikut ini seperti tertulis dalam siaran pers dari OK Bank yang diterima, pekan lalu:  


Mempelajari budaya baru lewat festival

Beberapa negara memiliki perayaan besar sebagai tradisi yang diadakan setiap tahunnya. Baik dalam bentuk upacara sakral maupun karnaval, acara tersebut mengajak pengunjung mengenal lebih jauh budaya lain di dunia.


Saat merencanakan liburan, carilah informasi mengenai perayaan tahunan terkenal yang akan digelar, seperti iring-iringan wahana pawai pada Festival Musim Gugur Takayama di Kuil Sakurayama Hachimangu, Jepang, yang masuk ke dalam Daftar Representatif Warisan Budaya Tak Benda Kemanusiaan dari UNESCO.

 

Berpetualang di pegunungan tertutup salju

Musim dingin merupakan momen yang tepat untuk menghabiskan liburan di Pegunungan Alpen, Swiss, dengan kemegahan puncaknya yang tertutup salju. Sebagai salah satu pegunungan ternama di dunia, pengunjung dapat menikmati keindahannya lewat berbagai aktivitas berbeda, mulai dari bermain ski, mendaki, atau sekadar bersantai sambil menghirup udara yang segar.

Tak hanya itu, pegunungan itu juga menyediakan berbagai fasilitas, termasuk penginapan yang nyaman, tempat wisata berkualitas, serta area perbelanjaan.

 

Mengikuti upacara minum teh tradisional

Meski minuman kopi kini banyak digemari, tapi keberadaan teh tetap memegang peranan penting, terutama dalam sejarah Korea yang telah ada sejak ribuan tahun lalu.


Jika ingin berlibur sambil mempelajari sejarah dan merasakan langsung tradisi kuat yang masih dipertahankan hingga saat ini, datanglah ke Istana Gyeongbokgung di Seoul, Korea Selatan, yang memberikan pengenalan akan budaya minum teh, pembuatan kue madu, sekaligus tata krama tradisional di bangunan khas Korea yang begitu menawan.

 

Jelajahi gurun pasir terkenal di dunia

Bagi sebagian orang yang menyukai liburan dengan petualangan menantang, wisata gurun pasir di Gurun Sahara, Maroko, bisa menjadi pilihan yang cukup tepat. Gurun terbesar ketiga di dunia itu menyediakan beragam aktivitas yang dapat memicu adrenalin di tengah hamparan pasir keemasan yang memukau, seperti bermain sand boarding, berpetualang dengan menunggangi unta, hingga menginap dan menikmati langit malam bertabur bintang di tengah padang pasir.

 


Mengenal pesona kehidupan bawah laut

Sama seperti kehidupan satwa liar di daratan yang menakjubkan, kehidupan alam di bawah laut juga menyimpan sejuta pesona. Rasakan pengalaman luar biasa saat melihat langsung kekayaan hayati yang dimiliki oleh surga bawah laut dari jarak yang sangat dekat.


Kita bisa mengajak keluarga berlibur ke Great Barrier Reef, Australia, dan berjalanlah di sepanjang dasar laut dengan helm selam untuk mengamati kehidupan laut yang mengagumkan di antara keindahan terumbu karang langka berusia 400 tahun.


Namun, perlu diingat, rencana liburan yang baik membutuhkan persiapan matang sejak jauh hari. Setelah menentukan ide liburan akhir tahun, carilah informasi mengenai harga tiket pesawat dari negara tujuan wisata dengan mengunjungi beberapa pameran perjalanan yang menawarkan beragam promo menarik.

 

 
Jika ingin berlibur sambil mempelajari sejarah, datanglah ke Istana Gyeongbokgung di Seoul.
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Kulik-Kulik Gaya Liburan Para Gen Z

Wisata alam, seperti gunung dan pantai masih jadi pilihan utama.

SELENGKAPNYA

Tips Rumah Aman Saat Liburan, Langsung dari Mantan Pencuri

Pencuri sering kembali ke rumah yang sama.

SELENGKAPNYA

Jangan Sampai Liburan Berujung Sakit Perut, Baiknya Hindari Jenis Makanan Ini

juga kerap membuat para wisatawan terkena masalah traveller's tummy.

SELENGKAPNYA