Fine dining (ilustrasi) | Unsplash/Delightin Dee

Gaya Hidup

Daftar Inspirasi Resto Fine Dining Muslim Friendly untuk Akhir Pekan

Untuk bersantap di Namaaz Dining, pengunjung harus melakukan reservasi lewat laman resmi restoran.

Restoran fine dining memang menghadirkan pengalaman bersantap yang mewah dengan layanan mengesankan. Menghabiskan waktu bersantap di restoran berkonsep fine dining juga memberikan jaminan kualitas tinggi pada makanan dan minuman yang disajikan.

Namun, bagi konsumen Muslim, aspek kehalalan merupakan hal utama. Muslim tentunya ingin memastikan bahwa berbagai hidangan yang disajikan di restoran fine dining, mulai hidangan pembuka hingga hidangan penutup, semuanya aman dikonsumsi.

Berikut ini 10 rekomendasi restoran fine dining ramah Muslim di Jabodetabek.

1. 1945 Restaurant

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by 1945 Restaurant (@1945_restaurant)

Mengusung konsep fine dining dan halal-dining, 1945 Restaurant adalah restoran hotel bintang lima bersertifikasi halal pertama di Jakarta. Lokasinya di lantai tiga Hotel Fairmont Jakarta, menyajikan beragam menu Nusantara klasik ataupun yang dimodifikasi, seperti sop buntut, aneka satai, pecel kembang, roti rendang, gulai cumi, rawon sumsum, dan masih banyak lagi.

2. Guresu

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by GURĒSU | グレース (@guresuid)


Berlokasi di Kemang Timur, Jakarta Selatan, restoran Jepang Guresu menawarkan pengalaman bersantap sushi seru ala Guresu-dining. Ada pilihan omakase, yakni penyajian makanan sesuai rekomendasi koki tanpa adanya daftar menu. Yang terpenting, Guresu sudah mendapat sertifikasi halal dari MUI sehingga Muslim pencinta kuliner bisa merasa aman saat bersantap di sini.

3. Bungarampai Restaurant


Restoran mewah di Jalan Teuku Cik Ditiro, Jakarta Pusat, ini menawarkan pengalaman fine dining dengan hidangan Nusantara. Mulai dari hidangan pembuka, menu utama, hingga makanan penutup, side dish, dan minuman. Beberapa menu utama andalannya, yakni nasi buketan dan nasi seruni. Untuk hidangan penutup, ada es bunga rampai serta berbagai pilihan lain.

4. Namaaz Dining

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Cherlie Andriani | COBA DAN REVIEW APA AJA (@cherlie_a)


Pada situs resminya, Namaaz Dining menampilkan kata-kata fine dining yang dicoret, berganti dengan fun dining. Konsep unik dan menyenangkan dari restoran molecular gastronomy ini dihadirkan oleh Chef Andrian Ishak. Untuk bersantap di Namaaz Dining yang berlokasi di Jalan Gunawarman, Jakarta Selatan, pengunjung harus melakukan reservasi lewat laman resmi restoran.

5. Tugu Kunstkring Paleis


Tempat bersantap ala fine dining lain yang ramah Muslim di Jakarta adalah Tugu Kunstkring Paleis. Berlokasi di bangunan bersejarah Kunstkring Paleis di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, restoran ini menyajikan beragam menu, mulai dari masakan Barat, cita rasa Asia Tenggara, hingga masakan asli Indonesia.

6. Wolfgang’s Steakhouse

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Cherlie Andriani | COBA DAN REVIEW APA AJA (@cherlie_a)


Untuk penyuka steak yang ingin menjajal restoran fine dining steak, Wolfgang’s Steakhouse di SCBD, Senayan, Jakarta, amat direkomendasikan. Pada situs resminya, disampaikan informasi bahwa restoran penerima penghargaan itu menyajikan berbagai sajian steak dengan daging halal untuk gerainya di Indonesia.

7. Seribu Rasa


Seribu Rasa bisa menjadi salah satu lokasi untuk bersantap fine dining. Terutama, bagi yang menggemari sajian menu khas Indonesia dan Asia Tenggara. Jika ingin bersantap ala fine dining bersama pasangan dan keluarga, perlu melakukan reservasi terlebih dahulu. Ada sejumlah pilihan lokasi Seribu Rasa, mulai di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, hingga di Bekasi.

8. Plataran Menteng


Lokasi tempat bersantap mewah ala fine dining lainnya yang ramah Muslim adalah Plataran Menteng di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Beberapa menu andalannya, yakni hidangan kari ayam Deli kaya rempah khas India dan nasi goreng keling, hidangan nasi goreng modern dengan buah zaitun kalamat hitam dan kacang mete, yang disajikan dengan kerupuk melinjo.

9. Medja Restaurant

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Medja Restaurant (@medjarestaurant)


Jika ingin mencari lokasi bersantap mewah, tapi dengan suasana hangat seolah di rumah sendiri, coba bertandang ke Medja Restaurant di Jalan Pajajaran Indah, Bogor Timur. Disarankan untuk reservasi terlebih dahulu, tapi Medja Restaurant juga menerima pelanggan yang langsung datang.

Menunya termasuk pecel medja, nasi goreng pucung, lidah cabai hijau, laksa seafood, dan singkong goreng sambal roa. Ada juga hidangan penutup, seperti keik moka, pancoco, dan carotte. Ada ruang khusus yang bisa dipesan untuk pengalaman bersantap lebih privat.

10. Duke & Duchess


Restoran fine dining berikutnya di Bogor yang ramah Muslim adalah Duke & Duchess, yang berlokasi di Jalan Achmad Adnawijaya, Bogor Utara. Hidangan di Duke & Duchess kebanyakan merupakan menu Eropa. Selain santapan premium, pengunjung juga akan disuguhi nuansa restoran yang mewah dan elegan.

 

 
Menghabiskan waktu bersantap di restoran fine dining memberikan jaminan kualitas pada makanan yang disajikan.
 
 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Memakan Bekicot, Apa Hukumnya?

Allah SWT memerintahkan kita untuk memakan yang baik dan mengharamkan memakan yang buruk.

SELENGKAPNYA

Memaknai Makanan

Karunia menikmati makanan dari Allah SWT melalui perantara sekian banyak orang.

SELENGKAPNYA

Mengapa Menu Makanan dan Minuman Bioskop Mahal?

Menu yang paling banyak dibeli tentu saja popcorn.

SELENGKAPNYA

Kalap Makan Daging, Perhatikan Aturan Konsumsi Simvastatin

Meminum simvastatin dapat dilakukan sekali sehari pada malam hari.

SELENGKAPNYA