Kucing hitam (ilustrasi) | Unsplash/Dzmitry Dudov

Gaya Hidup

Kucing Hitam Jangan Lagi Dipandang Bawa Sial

Warna bulu hitam disebabkan oleh sifat genetik yang disebut 'melanisme.'

Kucing hitam memiliki penampilan yang luar biasa. Namun, ada berbagai macam takhayul yang melekat pada kucing hitam. Kucing hitam terkadang dianggap sebagai penjelmaan setan dan di lain waktu sebagai pertanda kesialan. Seekor kucing hitam yang melintasi jalan juga sampai saat ini, masih dianggap sebagai pertanda sial. 

Namun, beberapa peradaban juga menganggap kucing hitam sebagai pembawa keberuntungan. Ada banyak alasan untuk mengapresiasi kecantikan kucing hitam mereka karena mereka cukup menggemaskan dan menyenangkan. Kucing hitam ini juga bisa menjadi sahabat yang baik dan sangat dekat dengan pemiliknya. 

"Setiap tanggal 17 Agustus, kami merayakan Hari Penghargaan Kucing Hitam Nasional, yang didedikasikan untuk teman-teman kucing misterius ini. Terlepas dari penampilannya yang menakjubkan, kucing hitam telah menghadapi mitos dan kesalahpahaman sepanjang sejarah. Mari jelajahi fakta menarik tentang mereka untuk menemukan kebenarannya," kata Devanshi Shah, Pendiri dan CEO, Petkonnect seperti dilansir Hindustan Times, Kamis (17/8/2023). Shah pun berbagi fakta menarik tentang kucing hitam.

 

photo
Mitos-mitos tentang kucing hitam (ilustrasi) - (Unsplash/Omar Ram )

1. Simbol sejarah

Budaya yang berbeda telah menggunakan kucing hitam sebagai simbol keberuntungan dan kesialan. Sementara Abad Pertengahan mengasosiasikannya dengan takhayul, orang Mesir Kuno memujanya sebagai bentuk perlindungan. 

 

2. Warna tersembunyi

Terlepas dari bulunya yang serbahitam, kucing ini bisa memiliki pola tersembunyi yang menarik. Sedikit warna cokelat tua atau karat mungkin terlihat dalam cahaya terang. Mereka menjadi lebih memikat karena fenomena "garis-garis hantu".

 

3. Varietas keturunan

Hitam lebih dari sekadar warna, itu juga merupakan pola yang diperlihatkan oleh banyak ras kucing. Kucing hitam datang dalam berbagai ukuran dan bentuk, termasuk Bombay yang canggih dan Panther yang langsing. Setiap spesies membawa kualitas unik.

 

4. Nasib baik di seluruh dunia

Berlawanan dengan kepercayaan populer, beberapa budaya memandang kucing hitam sebagai simbol keberuntungan. Mereka mewakili kemakmuran dan keberuntungan dalam cerita rakyat Jepang. Terlepas dari kepercayaan individu, kucing ini dicintai di seluruh dunia.

 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Black Cat Lovers (@blackcat_lovers81)

5. Keajaiban genetik

Warna bulu hitam disebabkan oleh sifat genetik yang disebut 'melanisme.' Sifat ini menciptakan kegelapan yang pekat pada bulu mereka. Menariknya, kucing hitam bisa memiliki beragam warna mata, menambah teka-teki mereka.

 

6. Kepribadian yang menyenangkan

Kucing hitam terkenal penyayang dan suka bermain. Mereka menjadi teman yang luar biasa. Mereka melekat erat pada pemiliknya dan menikmati bermain interaktif.

 

7. Bintang di layar

Kucing hitam telah meninggalkan jejak kaki mereka di layar lebar dan budaya pop. Ingat Salem dari 'Sabrina the Teenage Witch' atau Thackery Binx dari 'Hocus Pocus'? Karakter-karakter ini telah memikat penonton dengan peran mereka yang mengesankan.

 

 

 

 

Kucing hitam terkenal penyayang dan suka bermain.

 
 

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Aparat Hentikan Jagal Anjing dan Kucing di Pasar Tomohon

Pasar EKstrem Tomohon dikenal karena terdapat pedagang daging satwa eksotis.

SELENGKAPNYA

Kematian Kucing Mendadak di Sunter, Pakar Ingatkan Pentingnya Vaksinasi

Kasus ini perlu penyelidikan secara detail dan menyeluruh.

SELENGKAPNYA

WHO: Flu Burung Bunuh Kucing-Kucing di Polandia

Puluhan kucing mati di berbagai lokasi di Polandia.

SELENGKAPNYA