Sejumlah truk melintasi ruas jalan Tol Jagorawi di Jakarta, Selasa (20/12/2022). Pemerintah akan melarang truk dan angkutan barang lain untuk melintasi 17 ruas jalan tol untuk mengantisipasi kemacetan selama libur Natal dan Tahun Baru 2023, yang mulai dib | Republika/Putra M. Akbar

Bodetabek

Jalan Tol Khusus Truk Tambang Batal Dibangun pada 2022

Jalan tol khusus truk tambang penghubung Rumpin-Parungpanjang, Kabupaten Bogor, batal dibangun tahun 2022.

BOGOR -- Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan memastikan, jalan tol khusus truk tambang yang menghubungkan Rumpin-Parungpanjang, Kabupaten Bogor, batal dibangun pada tahun ini.

Dia mengungkapkan, peletakan batu pertama (groundbreaking) tol sepanjang 13 kilometer yang diagendakan berlangsung pada 27 Desember 2022 oleh Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil tersebut, terpaksa ditunda karena proses perizinannya belum rampung.

"Kami koordinasi dengan Pak Gubernur. Pada prinsipnya, proses izinnya bertahap, ada yang di kabupaten ada yang di provinsi," ujar Iawan di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jabar, Kamis (29/12).

 
Kami ingin taat pada aturan. Insya Allah Januari sudah groundbreaking.
IWAN SETIAWAN Plt Bupati Bogor
 

Iwan sangat menyayangkan tertundanya pembangunan infrastruktur tersebut. Sebab, pembangunan jalan khusus bagi kendaraan pengangkut material tambang itu menjadi kepentingan bagi masyarakat. Selama ini, truk pengangkut hasil tambang melintas di jalan umum, yang kerap mendapatkan protes sampai berujung demo dari warga Rumpin maupun Parungpanjang.

Selain merusak jalan umum, lalu lintas truk juga memicu polusi dan kerap menimbulkan kecelakaan hingga berujung jatuhnya korban jiwa. Dia pun berharap, pembangunan jalan tol itu bisa secepatnya dimulai pada awal 2023. "Tapi, kami ingin taat pada aturan. Insya Allah Januari sudah groundbreaking," kata Iwan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor Suryanto Putra menjelaskan, pembangunan jalan tol yang nantinya terhubung dengan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) III menerapkan skema dikerjasamakan oleh Pemerintah Provinsi Jabar dengan kontraktor swasta.

photo
Pekerja Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Bogor melakukan perbaikan infrastruktur jalan pasca bencana tanah longsor di ruas jalan utama Cigudeg-Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/1/2020). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor menyatakan dibutuhkan waktu setahun untuk memperbaiki infrastruktur jalan, fasilitas umum, dan permukiman warga dampak bencana banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Bogor. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/foc. - (ANTARA FOTO)

Suryanto menyebutkan, tol khusus truk itu didesain dengan memiliki banyak pintu masuk yang lokasinya dekat tempat pertambangan. "Titiknya dari Cigudeg. Nanti ada lima pintu masuk mendekati lokasi tambang, sehingga mengurangi potensi truk-truk pengangkut tambang itu melintas di jalan umum," kata Suryanto.

Setiap pintu masuk tol, kata dia, bakal digunakan untuk transporter beberapa perusahaan tambang yang beroperasi di wilayah Kabupaten Bogor. Sehingga, nantinya truk tidak lagi melewati jalan umum yang dilintasi warga. "Di sana kan akan sekitar 30 izin usaha tambang. Jadi, nanti masuk ke tol, tembus ke JOR III," kata Suryanto.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor Agus Ridallah mengatakan, sambil menunggu pembangunan jalur khusus tambang terealisasi, petugas tetap berjaga di jalur yang biasa dilewati armada pengangkut hasil tambang. Hal itu untuk mencegah pelanggaran kendaraan yang diatur Peraturan Bupati (Perbup) Bogor Nomor 120 Tahun 2021 tentang Waktu Operasional Kendaraan Angkutan Tambang. Pasalnya, truk tambang hanya bisa beroperasi pada pukul 20.00-05.00 WIB.

Jika ada kendaraan nakal, kata dia, petugas meminta sopir untuk putar balik. "Solusi permanen tetap nanti pada jalan tambang. Sambil menunggu," ujar Agus.

 
Solusi permanen tetap nanti pada jalan tambang. Sambil menunggu.
AGUS RIDALLAH Kepala Dishub Kabupaten Bogor
 

Pembangunan jalan khusus truk tambang pada akhir 2022, merupakan janji Gubernur Ridwan Kamil kepada masyarakat. Kang Emil, sapaan akrabnya, mengatakan, pembangunan tol khusus truk menjadi solusi atas aspirasi warga di Kabupaten Bogor bagian barat. Dia menjelaskan, petugas di lapangan sudah melaksanakan land clearing.

Sehingga kalau tidak ada halangan maka peletakan batu pertama pembangunan tol dicanangkan akhir 2022. "Tanggal 26 atau 27 Desember 2022 kita groundbreaking jalan tambang di Parungpanjang-Rumpin," katanya saat ditemui di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Ahad (18/12).

Tantangan Mediamorfosis Menghadapi Generasi Kaca

Pandemi Covid-19 sejak 2020 juga mengakselerasi perilaku digital warga global.

SELENGKAPNYA

Dinas SDA DKI Siagakan 461 Pompa Keliling

Hal ini untuk mengantisipasi dampak cuaca ekstrem yang diperkirakan hingga awal Januari 2023.

SELENGKAPNYA

Raperda Disahkan, Jakpro Bisa Masuk Bisnis Migas

Naskah yang menjadi dasar penyusunan raperda baru ditujukan untuk meningkatkan kepastian hukum bagi Jakpro.

SELENGKAPNYA