Warga menyelamatkan kulkas di kawasan yang sempat disapu awan panas guguran (APG) Gunung Semeru di Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Lumajang, Jawa Timur, Senin (5/12/2022). | ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Kisah Dalam Negeri

Korban Semeru Berharap Dapat Bantuan Modal

Usaha mebelnya habis diterjang awan panas guguran Gunung Semeru saat erupsi.

Warga Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Kabupaten Lumajang, Muhammad Latif (50 tahun) berharap pemerintah memberikan modal. Ini setelah usaha mebelnya habis diterjang awan panas guguran (APG) Gunung Semeru pada Ahad (4/12) lalu.

Latif menuturkan, dia baru sebulan membuka usaha mebel. Tapi sekarang semua habis diterjang APG Semeru. “Barang-barang dan peralatan semuanya habis," tutur Latif ditemui di puing rumahnya di Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Rabu (7/12).

Dia mengaku bingung ke depan harus kerja apa karena semua alat kerjanya habis diterjang APG. Uang pun dia mengaku tersisa sedikit untuk membeli peralatan. Pemerintah Kabupaten Lumajang, kata Latif, baru memberikan hunian tetap (huntap) untuk keluarganya. Sementara untuk modal, dia belum mengetahui apakah akan mendapatkan atau tidak.

"Kami belum tahu apakah akan dapat modal dari pemerintah, karena belum ada pendataan. Sejauh ini baru dapat huntap," ujar dia.

photo
Warga melihat Gunung Semeru yang mengeluarkan material vulkanis dari Desa Sumberwuluh,Lumajang, Jawa Timur, Senin (5/12/2022). - (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Latif mengaku memang sudah berencana pindah ke huntap pada Senin (5/112) lalu dan tetap membuka usaha di rumahnya sebelum Gunung Semeru memuntahkan awan panas guguran. "Kami sudah bersihkan dan rencananya pindah ke sana (huntap)," kata dia menambahkan.

Saat ini, warga yang menjadi korban awan panas guguran Gunung Semeru di Dusun Kajar Kuning, telah berupaya mengevakuasi barang-barang yang tersisa serta hewan ternak yang selamat ke tempat aman.

Menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sebanyak 781 orang mengungsi di 21 lokasi untuk menghindari dampak awan panas guguran Gunung Semeru. Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari meminta warga mewaspadai banjir lahar dingin di daerah aliran sungai saat hujan yang mengguyur Gunung Semeru.

photo
Warga menyelamatkan ternak di kawasan yang sempat disapu awan panas guguran (APG) Gunung Semeru di Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Lumajang, Jawa Timur, Senin (5/12/2022). - (AP/Imanuel Yoga)

Status aktivitas Gunung Api Semeru saat ini berada di level IV atau awas. Warga diminta tidak melakukan aktivitas di sepanjang Besuk Kobokan, dalam area sejauh 19 kilometer dari puncak gunung (pusat erupsi).

Salah satu titik pengungsian berada di Gedung Serbaguna Balai Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro. Petugas Pusat Pengendalian Operasi BPBD Kabupaten Lumajang, Kustari mengatakan pendataan ulang terhadap pengungsi dilakukan setiap harinya.

"Kebanyakan para warga pulang ke rumah masing-masing pada pagi hingga siang hari, sebelum akhirnya kembali lagi ke pengungsian di sore hari," ujar Kustari.

photo
Warga memindahkan barang yang bisa diselamatkan akibat terkena awan panas guguran Gunung Semeru di Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Lumajang, Jawa Timur, Senin (5/12/2022). - (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Kebanyakan pengungsi melakukan hal tersebut karena ada beberapa pekerjaan yang harus mereka lakukan pada pagi hingga siang hari di sekitar rumah mereka. "Ada yang harus memberikan pakan ternak, berkebun, hingga bertani. Jadi sore hari baru ramai lagi di sini (pengungsian)," kata dia.

Memutar

Kustari menambahkan logistik untuk pengungsi awan panas guguran Gunung Semeru di Desa Pronojiwo dikirimkan memutar melewati Kota Malang. Hal itu dikarenakan akses menuju Desa Pronojiwo terputus dari Kabupaten Lumajang, setelah Gunung Semeru erupsi.

"Jalan yang menghubungkan Desa Curah Roboan dengan Desa Pronojiwo tertimbun material abu vulkanik sehingga tidak bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Bantuan logistik ke Pronojiwo dikirimkan melalui Kota Malang," ujar Kustari.

photo
Warga menyelamatkan televisi di kawasan yang sempat disapu awan panas guguran (APG) Gunung Semeru di Dusun Kajar Kuning, Desa Sumberwuluh, Lumajang, Jawa Timur, Senin (5/12/2022). - (AP Photo/Imanuel Yoga)

Dia mengatakan, saat ini logistik akan terus didorong baik dari BPBD Kabupaten Lumajang maupun dari dinas sosial dan instansi terkait lainnya. Dapur umum juga menerima logistik dari warga maupun relawan yang memberikan bantuan.

Pemerintah Kabupaten Lumajang bersama tim gabungan mendirikan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan warga pengungsi. Dapur umum beroperasi di beberapa titik pengungsian, salah satunya di Desa Penanggal yang menyediakan hingga 600 porsi makanan.

"Jumlah tersebut akumulatif dari pagi, siang, dan malam. Banyaknya porsi yang dibuat kami sesuaikan dengan jumlah pengungsi yang ada," kata Kustari.

Gelar Munas, KBIHU Perkuat Kolaborasi

Tujuan dari bimbingan dan pendampingan manasik pada jamaah haji adalah untuk mencapai haji mabrur.

SELENGKAPNYA

Tip untuk Ojek Online

Ojek online juga harus tetap profesional melakukan tugasnya melayani semua penumpang.

SELENGKAPNYA

Percontohan Campuran Pertamax dan Bioetanol Segera Dimulai

Percontohan dimulai dari campuran lima persen bioetanol dalam Pertamax.

SELENGKAPNYA