Timnas Korea Selatan | AP Photo/Lee Jin-man

Piala Dunia

Samba Waspada Korea

Selecao mengantongi enam kemenangan dari tujuh laga persahabatan kontra Korsel.

DOHA -- Duel menarik antara Brasil dan Korea Selatan (Korsel) bakal tersaji pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Stadion 974, Doha, Selasa (6/12), pukul 02.00 dini hari WIB. Brasil finis sebagai pemimpin Grup G dengan keunggulan selisih gol dari Swiss di posisi kedua.

Adapun Korsel secara dramatis menghadirkan kejutan menaklukkan Portugal pada laga terakhir Grup H untuk menjadi runner-up. Kini, kedua tim dari belahan dunia berbeda bakal saling unjuk kebolehan demi mempertahankan laju mereka di Piala Dunia edisi ke-22 sepanjang sejarah ini.

Berkaca dari kekalahan mengejutkan kontra Kamerun dalam laga terakhir grup, pelatih Brasil Tite menyebut Selecao patut mewaspadai ancaman yang dapat dihadirkan pasukan Taegeuk Warriors. Terlebih, Korsel pada laga terakhirnya menunjukkan semangat tak kenal menyerah hingga mampu membekap Portugal untuk lolos ke babak gugur.

"Portugal kalah dari Korsel, Prancis kalah dari Tunisia, Argentina dari Arab Saudi. Tidak ada yang berjalan mulus di tiga partai grup," kata Tite, dilansir K League United, Ahad (4/12).

photo
Pemain Timnas Brasil Vinicius Junior saat melawan Swiss di fase penyisihan grup di Piala Dunia 2022  Senin, 28 November 2022. - (AP Photo/Hassan Ammar)

Para kontestan unggulan, seperti Brasil, Argentina, Portugal, Inggris, dan juara bertahan Prancis memang gagal mendulang poin penuh pada fase grup. Sebab, tim-tim kuda hitam telah menimbulkan kekacauan dari prediksi awal. Status Piala Dunia sebagai hajatan paling bergengsi di sepak bola dunia menjadi salah satu alasan tim yang tak diunggulkan menghadirkan kejutan.

 
Laga ini akan berbeda dengan partai persahabatan di Seoul. Saya melihat tiga partai grup (Korsel), mereka sangat kuat.
TITE Pelatih Timnas Brasil
 

Mengacu pada tujuh pertemuan kedua tim, Brasil lebih superior. Selecao mengantongi enam kemenangan dari tujuh laga persahabatan kontra Korsel. Terakhir, kedua tim beradu kebolehan dalam laga persahabatan pada Juni tahun ini. Dalam laga itu, Taegeuk Warriors bertekuk lutut 1-5. 

Namun, Tite mengingatkan Lucas Paqueta dan kawan-kawan untuk tidak jemawa. Ia meminta seluruh pasukannya tetap menunjukkan rasa hormat kepada armada Paulo Bento. "Tidak, laga ini akan berbeda dengan partai persahabatan di Seoul. Saya melihat tiga partai grup (Korsel), mereka sangat kuat," ujar Tite.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by NJ  (@neymarjr)

Ia tak berpikir rekor sebelumnya akan memberi kemudahan kepada timnya. Tite menegaskan, Selecao sangat berhati-hati. Hal senada diutarakan bek Brasil Dani Alves. Menurut dia, duel 16 besar Piala Dunia berbeda dengan laga persahabatan.

“Anda tidak akan rugi dalam pertandingan persahabatan, tetapi di sini, di Piala Dunia, taruhannya jauh lebih tinggi bagi kami semua. Ini akan menjadi pertandingan yang ketat dan cukup intens karena mereka juga suka bermain,” ujar Alves.

Awal yang lambat telah menjadi problem bagi sang juara dunia lima kali saat tampil di Qatar. Brasil pun melewati lima pertandingan Piala Dunia tanpa mencetak gol di babak pertama. Kondisi itu yang perlu diperbaiki jika mereka ingin memutus puasa gelar.

 
Kami ingin bermain bagus dan menang untuk para pendukung kami.
HWANG HEE-CHAN Pemain Timnas Korea Selatan
 

Alex Telles dan Gabriel Jesus mengalami cedera lutut kanan saat Brasil dikalahkan Kamerun. Keduanya telah dikonfirmasi absen untuk sisa turnamen. Tetapi, datang harapan tinggi bahwa Danilo bisa tersedia melawan Korsel setelah mengalami cedera pergelangan kaki pada laga pembuka.

Sedangkan, kabar positif datang dari sang bintang Neymar Jr yang sebelumnya mengalami cedera engkel. Melalui Instagram pribadinya, pemain milik Paris Saint-Germain (PSG) itu mengaku kondisinya sudah berangsur membaik.

Di sisi lain, para pasukan Taegeuk Warriors menyebut hasil memalukan melawan Brasil beberapa bulan lalu adalah pengalaman sekaligus pembelajaran bagi mereka. Kemenangan atas Portugal juga menjadi momentum penting bagi Kesatria Taegeuk untuk menantang Tim Samba.

“Kami ingin bermain bagus dan menang untuk para pendukung kami," kata pahlawan kemenangan Korsel atas Portugal, Hwang Hee-chan.

Fakta Angka

1

Brasil hanya kebobolan satu gol di Qatar 2022, rekor pertahanan terbaik di turnamen bersama Maroko.

1990

Brasil terakhir kali tersingkir pada babak 16 Besar pada Piala Dunia 2990 di Italia.

2010

Korea Selatan kembali ke babak 16 besar untuk pertama kalinya sejak Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

'Zero Covid' dan Publik yang Marah

Tertekan, tidak berdaya, dan marah dampak pemberlakuan kebijakan lockdown di Cina yang berujung rusuh.

SELENGKAPNYA

Empat Macam Fitnah

Sekelompok pemuda yang berjuang menjaga imannya dan mengajak orang lain agar beriman kepada Allah SWT.

SELENGKAPNYA

Bagaimana Hukum Syariah Paroan Sawah?

Paroan sawah merupakan kerja sama antara pemilik sawah dan orang yang punya keterampilan.

SELENGKAPNYA