Pekerja menyelesaikan proyek Pembangunan Sistem Pengambilan dan Treatment Sampah Badan Air melalui Rekayasa Sungai pada Kali Ciliwung segmen TB Simatupang di kawasan Kampung Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Selatan, Rabu (23/11/2022). Proyek pembangunan terseb | Republika/Thoudy Badai

Jakarta

Pj Gubernur DKI Ajak Dukung Normalisasi Ciliwung

Pemprov DKI akan melakukan normalisasi Kali Ciliwung sepanjang 4,8 kilometer.

JAKARTA -- Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengajak semua pihak untuk terlibat dan mendukung normalisasi Kali Ciliwung. Menurut dia, hal itu menjadi kepentingan bersama, saat manfaat yang dirasa tidak hanya mencakup pihak tertentu.

“Ayo kita dukung normalisasi kali Ciliwung yang tentunya saya hargai, saling menguntungkan untuk kita semuanya,” kata Heru di Jakarta, Ahad (4/12).

Dia mengatakan, pihaknya akan mendukung berbagai gelaran dan aktivitas yang bisa dilakukan di Kali Ciliwung untuk mengampanyekan normalisasi. Bahkan, kata dia, tahun depan pihaknya berencana untuk mengadakan festival lomba hias getek di Kali Ciliwung. “Dan tentu harus ada kalimat, ‘Cinta Ciliwung’ misalnya,” katanya.

 
Ayo kita dukung normalisasi kali Ciliwung yang tentunya saya hargai, saling menguntungkan untuk kita semuanya.
HERU BUDI HARTONO Pj Gubernur DKI Jakarta
 

Dukungan Heru itu juga merujuk pada Festival Dayung Ciliwung 2022. Ajang ini dilaksanakan menjelang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Cabang Olahraga Dayung Tahun 2022 di Situ Cipule Karawang, Jawa Barat, yang akan diselenggarakan pada 8 hingga 20 Desember 2022.

Sejauh ini, Pemprov DKI Jakarta akan melakukan normalisasi Kali Ciliwung sepanjang 4,8 kilometer. Normalisasi dilakukan di empat lokasi prioritas, yakni Kelurahan Rawajati, Cawang, Cililitan, dan Kampung Melayu dengan rancangan APBD 2023 sebesar Rp 469 miliar.

Menyoal sodetan Kali Ciliwung, Heru sebelumnya mengatakan jika pengerjaan proyek ini selesai pada April 2023. Sehingga, diharapkan dapat mengurangi dampak banjir di Ibu Kota.

"Reduksi banjir itu sekitar 200 hektare. Ini fungsinya 60 meter kubik per detik reduksi, sehingga mudah-mudahan di sisi utara Jakarta mengurangi banjir," kata Heru. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Heru Budi Hartono (@herubudihartono)

Heru memastikan, pengerjaan proyek sodetan Ciliwung yang sebelumnya sempat terhambat sudah terlaksana dengan baik. Termasuk terkait urusan pembebasan lahan yang menjadi salah satu kendala penyelesaian sodetan Ciliwung tersebut."Pembebasan lahan sudah selesai. Ini tinggal di bawah tanah yang bisa pembebasan di ujung sana. Panjangnya 1,2 kilometer, kalau di bawah sana," ujarnya. 

Menteri PUPR sekaligus Ketua Umum PB PODSI Basuki Hadimuljono mengatakan, acara festival dayung di Sungai Ciliwung yang diselenggarakan kali ini merupakan upaya bersama pemerintah dengan semua lapisan masyarakat. Terutama, kata dia, untuk menjaga kelestarian sungai dan menggencarkan kebersihan Ciliwung.

Kegiatan Festival Dayung Ciliwung 2022 yang juga dihadiri para atlet dayung ini digelar pada Ahad pagi. Para pedayung mulai star dari sungai di sekitar Rusun Pasar Rumput, dan berakhir di dermaga Stasiun BNI City.

photo
Sejumlah peserta mengikuti Festival Dayung Ciliwung 2022 di Jakarta, Ahad (4/12/2022). Kegiatan ini selain dalam rangka menuju kerjurnas dayung 2022 juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat DKI Jakarta dalam menjaga dan memelihara sungai, Khususnya Sungai Ciliwung. Republika/Prayogi - (Republika/Prayogi)

Festival dayung 

Dalam Festival Dayung Ciliwung 2022, Heru bersama Basuki secara simbolis melepas perahu dayung sebanyak 80 perahu kano. Setelah itu, ia bersama Menteri PUPR ikut menaiki perahu menyusuri Sungai Ciliwung sekitar dua kilometer menuju dermaga Stasiun BNI City.

"Saya bersama Pak Pj Gubernur menyusuri Sungai Ciliwung. Walaupun hanya dua kilometer, tapi tujuan kami bukan untuk memopulerkan olahraga dayung tetapi juga untuk selalu memelihara Ciliwung. Kita (juga) bersih-bersih Ciliwung supaya satu-satunya sungai yang besar melewati Jakarta bisa dipakai oleh masyarakat dan sangat bermanfaat untuk kita. (Semoga) pemeliharaan Ciliwung ini bisa menjadi barometer dalam menjaga sungai-sungai di seluruh Indonesia," ujarnya.

Kegiatan Festival Dayung Ciliwung 2022 yang juga dihadiri para atlet dayung ini digelar pada Ahad pagi. Para pedayung mulai star dari sungai di sekitar Rusun Pasar Rumput, dan berakhir di dermaga Stasiun BNI City.

Dalam Festival Dayung Ciliwung 2022, Heru bersama Basuki secara simbolis melepas perahu dayung sebanyak 80 perahu kano. Setelah itu, ia bersama Menteri PUPR RI ikut menaiki perahu menyusuri Sungai Ciliwung sekitar dua kilometer menuju dermaga Stasiun BNI City.

Direktur Sungai dan Pantai Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Bob Arthur Lombogia menjelaskan, saat ini, progres pembangunan sodetan Ciliwung telah mencapai 92 persen. Bob mengatakan kontrak pengerjaan proyek sodetan Kali Ciliwung itu sebenarnya sampai Agustus 2023, namun dapat diselesaikan lebih cepat. "Kalau kontrak sebenarnya sampai Agustus, tapi kami percepat," kata Bob.

Dia mengatakan, pihaknya mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi DKI dalam menyelesaikan kendala terkait pembebasan lahan. "Saya kira dalam pembangunan ini masalah pertama mengatur lahannya, tapi berkat bantuan dari pemerintah daerah, kami sangat dibantu sehingga masalah tanah tinggal tersisa yang satu di daerah outlet yang akan segera kami bebaskan," ujar Bob.

Ariati-Rifa’atul Pimpin Nasyiatul Aisyiyah 2022-2026

Program yang telah berjalan baik di kepengurusan sebelumnya akan dilanjutkan.

SELENGKAPNYA

'Zero Covid' dan Publik yang Marah

Tertekan, tidak berdaya, dan marah dampak pemberlakuan kebijakan lockdown di Cina yang berujung rusuh.

SELENGKAPNYA

Empat Macam Fitnah

Sekelompok pemuda yang berjuang menjaga imannya dan mengajak orang lain agar beriman kepada Allah SWT.

SELENGKAPNYA