Petani menunjukkan gabah hasil panen menggunakan mesin pertanian di area persawahan Kelurahan Situ Gede, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/9/2022). | ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Kabar Utama

'Beras Masih Surplus' 

Stok yang ada disebut masih mampu mencukupi kebutuhan masyarakat. 

TASIKMALAYA -- Sejumlah pemerintah daerah mengeklaim produksi dan stok beras dalam posisi aman, bahkan mengalami surplus. Pemda pun menilai pemerintah pusat tidak perlu melakukan impor beras karena produksi nasional masih mampu memenuhi kebutuhan.  

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya menyatakan sikap untuk menolak wacana impor beras. Pasalnya, produksi beras di Kabupaten Tasikmalaya pada 2022 mengalami surplus. Kepala Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Kabupaten Tasikmalaya Nuraedidin mengatakan, kondisi beras di Kabupaten Tasikmalaya mengalami surplus pada 2022. Oleh karena itu, dia mengaku tidak setuju dengan wacana impor beras yang akan dilakukan.

"Jadi tidak perlu lagi impor," kata dia saat dihubungi Republika, Kamis (1/12).

Ia menjelaskan, produksi beras di Kabupaten Tasikmalaya pada 2022 mencapai sekitar 5.300 ton. Angka itu mengalami peningkatan sekitar dua kali lipat dibandingkan produksi tahun lalu yang sebesar 2.000 ton. Artinya, Nuraedidin menilai, stok beras di Kabupaten Tasikmalaya dalam keadaan relatif aman.

"Itu akan dibeli oleh Bulog, jadi tidak perlu lagi impor," kata dia.

photo
Seorang pengendara ojek membawa sekarung gabah di atas sepeda motor yang telah dimodifikasi di Kecamatan Amonggedo, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Senin (24/10/2022). - (ANTARA FOTO/Jojon)

Menurut Nuraedidin, dibukanya keran impor justru akan menyusahkan petani lokal. Pasalnya, masuknya beras impor secara otomatis akan membuat harga beras petani lokal jatuh.

Ketua DPW Gerakan Petani Mandiri Indonesia wilayah Jawa Barat di Kota Tasikmalaya, Yuyun Suyud, juga menolak wacana impor. Ia menilai, adanya beras impor akan membuat petani kesulitan. 

Ia menilai, hasil panen petani di wilayah Kota Tasikmalaya relatif aman. Ia menyebut, Kota Tasikmalaya saat ini tidak kekurangan stok beras. 

"Kalau memang mau, semua bergerak bersama untuk melakukan langkah intensifikasi. Kami pernah melakukan itu, dan hasil panennya mencapai di atas 10 ton per hektare," kata dia.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, Hadi Sulistyo, juga memastikan stok beras di wilayahnya dalam keadaan aman. Ia menjelaskan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim, sepanjang 2022, luas panen padi di Jatim mencapai 1,7 juta hektare dengan produksi padi sebesar 9,68 juta ton gabah kering giling (GKG) atau setara dengan beras 5,59 juta ton.

"Dengan kebutuhan konsumsi per tahun sekitar 3 juta ton, secara kumulatif surplus beras sebesar 2,29 juta ton," kata Hadi kepada Republika, Kamis (1/12).

Hadi melanjutkan, perkiraan luas panen padi di Jatim pada November hingga Desember 2022, mencapai 171,46 ribu hektare dengan prakiraan produksi sebesar 980,8 ribu ton GKG atau setara dengan 637 ribu ton beras.

Adapun kebutuhan konsumsi masyarakat Jatim pada November hingga Desember 2022 diperkirakan sebesar 514 ribu ton. "Sehingga masih ada stok yang digunakan untuk mencukupi pasokan di pasar," ujarnya.

Hadi melanjutkan, dari hasil pemantauan petugas Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jatim ataupun Petugas Pelayanan Informasi Pasar di seluruh kabupaten/ kota, produksi beras di masing-masing penggilingan di Jatim, baik untuk skala kecil maupun sampai dengan besar tetap melakukan produksi. Sebagian besar digunakan untuk memenuhi pasar atau konsumsi masyarakat.

photo
Petani merontokkan bulir padi di area persawahan Bonto Manai, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Selasa (25/10/2022). Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan luas panen padi 2022 mencapai 10,61 juta hektare, naik sebesar 1,87 persen di banding 2021 seluas 10,41 juta hektare. - (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

"Jadi sampai Desember pun diperkirakan untuk produksi beras dan pasar Jawa Timur terkendali," kata Hadi.

Kendati demikian, harga rata-rata beras di pasaran mengalami kenaikan. Harga beras kualitas medium yang biasanya di harga Rp 8-9 ribu per kilogram, naik menjadi Rp 10.100 per kilogram. Sedangkan harga beras kualitas premium yang biasanya di harga Rp 9-10 ribu per kilogram, saat ini berada di harga Rp 11.800 per kilogram.

Stok penggilingan

Sementara itu, operasional pabrik penggilingan beras di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, disebut terkendala akibat harga gabah yang mahal. Musim tanam rendeng 2022-2023 pun mengalami kemunduran akibat adanya proyek perbaikan jaringan irigasi.

Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Cirebon, Tasrip Abu Bakar menjelaskan, harga gabah kering giling (GKG) berada di kisaran Rp 6.500 per kilogram. Harga tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan harga pembelian pemerintah (HPP) GKG yang mencapai Rp 5.550 per kilogram di tingkat penggilingan.

photo
Pekerja melakukan bongkar muat beras di Komplek Pergudangan Bulog, Jalan Gedebage, Kota Bandung, Kamis (20/10/2022). - (REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA)

Tasrip mengatakan, secara umum masa panen gadu 2022 di Kabupaten Cirebon sudah berakhir. Namun, ada sejumlah lahan yang masih mengalami panen karena melakukan indeks pertanaman (IP) 300 atau tanam tiga kali setahun.

Tasrip menyatakan, tingginya harga gabah berdampak pada operasional pabrik penggilingan beras. Pasalnya, mahalnya harga gabah tidak sejalan dengan kenaikan harga beras.

"Di daerah kami, pabrik penggilingan akhirnya banyak yang ‘istirahat’ sementara, karena harga gabah mahal, sedangkan harga beras di pasaran stuck. Mereka kan harus menganalisis keuntungan," kata Tarsip kepada Republika.

Tasrip menyebutkan, di Kabupaten Cirebon, banyak terdapat pabrik penggilingan beras. Di Kecamatan Gegesik, misalnya, ada sekitar 40 pabrik penggilingan beras. Dia mengungkapkan, pabrik penggilingan beras akan kembali aktif beroperasi saat daerah sentra padi di Jawa Tengah mulai panen. Diperkirakan, masa panen di wilayah tersebut pada Januari atau Februari. 

Adu Strategi Hadapi Resesi

Ekonomi digital diharapkan bisa menjadi tumpuan berbagai sektor lain di tengah resesi.

SELENGKAPNYA

PT Perindo Libatkan UMKM dalam Rantai Pasok

Perusahaan siap menyerap ikan koperasi atau UMKM yang berniat memasok ikan.

SELENGKAPNYA

Christian Pulisic, Jadi Pahlawan AS, Tapi Terancam Tersisih

Kemenangan 1-0 atas Iran kemudian jadi penentu nasib AS di babak 16 besar.

SELENGKAPNYA