Fasilitas perakitan Piaggio Group yang terletak di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. | Eric Iskandarsjah Z/Republika

Otomotif

Tingkatkan Investasi, Piaggio Resmikan Pabrik

Piaggio Group berkomitmen untuk terus menghadirkan pengalaman mobilitas premium ala Italia yang unik di Asia.

OLEH ERIC ISKANDARSJAH Z

Piaggio meningkatkan investasi dalam menggarap pasar di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan mulai beroperasinya fasilitas perakitan Vespa yang terletak di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Executive Vice President Two Wheelers Piaggio Asia Pacific Gianluca Fiume mengatakan, peresmian operasional ini jadi bukti ekspansi strategis perusahaan untuk wilayah Asia dan bukti komitmen yang kuat untuk Indonesia.

"Pabrik baru ini menunjukkan bahwa Piaggio Group berkomitmen untuk terus menghadirkan pengalaman mobilitas premium ala Italia yang unik di Asia," kata Gianluca Fiume dalam peresmian pabrik Piaggio di Cikarang, pekan lalu.

photo
Fasilitas perakitan Piaggio Group yang terletak di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. - (Eric Iskandarsjah Z/Republika)

Pabrik ini mulai dibangun pada tahun lalu. Kini, pabrik telah selesai pengerjaan fase pertama dan telah siap untuk memproduksi Vespa LX 125 dengan melibatkan 80 pegawai.

Selanjutnya, Piaggio juga akan melanjutkan penyelesaian fase berikutnya untuk bisa menambah kapasitas produksi lewat perakitan produk lainya. Dengan begitu, pabrik yang berdiri dalam lahan seluas enam hektare ini nantinya siap jadi salah satu basis produksi Vespa serta merek dan produk lain dari Piaggio Group di masa mendatang.

Country Head PT Piaggio Indonesia Marco Noto La Diega mengatakan, semua fasilitas manufaktur Piaggio Group pabrik baru ini telah memenuhi standardisasi pabrik global perusahaan yang diterapkan di seluruh dunia. "Kami optimistis pabrik baru Piaggio Group di Indonesia akan terus berkontribusi menyediakan solusi mobilitas premium Italia seraya memberikan pengalaman gaya hidup yang unik ke industri otomotif Indonesia," kata Marco.

Fasilitas produksi ini menjadi pabrik ketiga yang beroperasi di Asia Pasifik setelah Vinh Phuc (Vietnam) dan Foshan (Cina). Piaggio mendirikan pabrik ini setelah membuktikan eksistensinya dalam meramaikan pasar kendaraan premium di Indonesia selama lebih dari 10 tahun.

photo
Fasilitas perakitan Piaggio Group yang terletak di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. - (Eric Iskandarsjah Z/Republika)

Dalam peresmian itu, Menteri Perindustrian Republik Indonesia Agus Gumiwang pun mengapresiasi langkah Piaggio untuk melibatkan diri dalam ekosistem industri di Indonesia. Dia meyakini, kehadiran pabrik ini bisa berperan dalam menunjang pertumbuhan industri mengingat besarnya pasar sepeda motor di Indonesia.

"Tentu, kami harap, Piaggio melakukan perakitan dengan lebih banyak menggunakan komponen dalam negeri. Sehingga, kehadiran fasilitas ini bisa benar-benar memberikan dampak positif dari para industri komponen di Indonesia," kata Agus Gumiwang.

Dia juga berharap agar Piaggio bisa menggunakan fasilitas ini untuk bersiap dalam meramaikan pasar motor listrik. Apalagi, dalam beberapa tahun ke depan, diperkirakan pasar motor listrik akan makin tumbuh seiring dengan makin banyaknya masyarakat yang tertarik dan banyaknya merek yang meramaikan pasar kendaraan ramah lingkungan.

Langkah yang dilakukan oleh Piaggio ini juga mendapat acungan jempol dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI). Ketua Bidang Komersial AISI Sigit Kumala pun berharap, nantinya Piaggio bisa mempertimbangkan untuk ikut bergabung dalam AISI.

photo
Fasilitas perakitan Piaggio Group yang terletak di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. - (Eric Iskandarsjah Z/Republika)

"Jika bergabung dalam AISI, Piaggio bisa terlibat dalam pertukaran data dan informasi terkait industri otomotif. Selain itu, Piaggio juga bisa dilibatkan dalam diskusi dengan berbagai stakeholders. Tapi, sampai saat ini, belum ada pembicaraan soal rencana Piaggio untuk bergabung dalam AISI," kata Sigit kepada Republika.

Dia pun memperkirakan, dengan adanya pabrik akan berperan dalam menekan harga jual dari produk Piaggio. Dengan begitu, pasarnya di Indonesia bisa makin besar karena makin banyak masyarakat Indonesia yang berkesempatan untuk memiliki produk dari brand ikonik tersebut.

"Jika memang menggunakan komponen dalam negeri, seharusnya hal itu bisa membuat produknya jadi makin murah," ujarnya. Besaran penurunan harganya tentu akan sangat bergantung pada skala ekonomi, komposisi komponen lokal yang digunakan, strategi marketing, dan beragam instrumen lainya.

Pengamat otomotif Bebin Juana mengatakan, penentuan harga memang akan sangat banyak dipengaruhi oleh strategi marketing yang diterapkan oleh masing-masing merek. Terlebih, dalam segmen premium, harga produk juga jadi bagian dari brand identity sehingga akan sangat menentukan posisi pasar produk tersebut.

photo
Fasilitas perakitan Piaggio Group yang terletak di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. - (Eric Iskandarsjah Z/Republika)

Artinya, meski harga pokok suatu produk bisa ditekan berkat proses perakitan yang dilakukan di dalam negeri, suatu merek belum tentu akan menurunkan harga jual dari produk tersebut.

Menurutnya, stabilitas harga jual di tengah penurunan harga pokok itu bisa membuat suatu pabrikan lebih leluasa untuk meningkatkan kualitas layanan, penambahan garansi, atau penambahan fitur pada produk tersebut. "Hal ini bisa dilakukan untuk menjaga brand image, tapi tetap bisa menjaring konsumen tanpa melakukan penurunan harga. Mengingat, hal ini dibarengi dengan beragam benefit tambahan yang ditawarkan," kata Bebin kepada Republika.

Kiai Dahlan Melawan Bodoh

Ahmad Dahlan sesungguhnya sedang mendobrak kejumudan beragama dan berkehidupan umat.

SELENGKAPNYA

APBD DKI 2023 Fokus Atasi Banjir, Macet, dan Dampak Resesi

Kegiatan prioritas untuk antisipasi dampak resesi ekonomi antara lain untuk penyaluran pangan murah (subsidi pangan)

SELENGKAPNYA

Pedagang: Pasokan Beras Menurun

Mentan optimistis produksi beras lokal tetap mencukupi kebutuhan dalam negeri.

SELENGKAPNYA