Walid Regragui | AP Photo/Themba Hadebe

Piala Dunia

Maroko Hidupkan Peluang ke Babak 16 Besar

Kroasia menunjukkan kekuatan dan kualitasnya ketika mengalahkan Kanada, 4-1.

AL THUMAMA -- Kekalahan mengejutkan tim bertabur bintang Belgia 2-0 dari Maroko pada partai kedua Grup F Piala Dunia 2022 Qatar membuat persaingan lolos ke babak babak 16 menjadi ketat. Dua gol Maroko yang dicetak Romain Saiss dan Zakaria Aboukhlal memaksa para pemain Belgia tertunduk lesu.

Berdasarkan catatan statistik pertandingan, Belgia sejatinya lebih jauh menguasai penguasaan bola daripada Maroko, yakni 67 persen berbanding 33 persen. Kendati demikian, Archaf Hakimi dan kawan-kawan tampil lebih efektif dari Belgia. Pertahanan mereka juga sulit ditembus oleh Kevin de Bruyne dan rekan-rekan. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Morocco National Team (@team_of_morocco)

Kemenangan tersebut membuat peta persaingan di Grup F untuk lolos ke babak 16 besar kian ketat. Tiga tim masih berpeluang besar lolos dari fase grup, yakni Kroasia, Maroko, dan Belgia. Maroko yang duduk di posisi kedua klasemen sementara mengumpulkan nilai yang sama dengan pemuncak klasemen Kroasia, yakni empat. Belgia sementara tertinggal satu angka di bawahnya.

Pelatih Maroko Walid Regragui mengatakan, pekerjaan belum selesai meski jalan menuju ke babak 16 besar untuk pertama kalinya sejak 1986 terbuka lebar. Ia menegaskan, pasukannya perlu bekerja keras lebih agar bisa lolos ke babak berikutnya.

"Hari ini kami belum mencapai apa-apa. Saya tahu semua orang senang tapi saya tahu sepak bola dan Anda harus menghormati permainan,” ujarnya, dilansir dari Independent.

Walid ingin pemainnya segera kembali bekerja dan berfokus ke laga terakhir melawan Kanada. Ia memprediksi Kanada akan menjadi lawan yang menyulitkan. 

 
 
Saya bangga dengan apa yang mereka raih malam ini. Mereka membuat beberapa sejarah untuk negara kita.
 
 

Dalam kesempatan tersebut, Walid juga bicara tentang kontribusi besar Hakim Ziyech. Pemain Chelsea itu memainkan peran penting dalam performa apik Maroko di Qatar.

"Dia luar biasa, semangat yang dimilikinya, kembali ke tim nasional. Banyak orang membicarakannya, mengatakan dia gila dan sulit diatur, bahwa dia tidak bisa membantu tim,” ujarnya. 

Maroko mungkin ada di unggulan ketiga di Grup F di bawah Belgia dan Kroasia. Namun, mereka membuktikan tak gentar bersaing dengan dua unggulan tersebut. Semangat pantang menyerah mereka mampu memberikan perlawanan terhadap dua kekuatan sepak bola Eropa tersebut.

Sementara itu, Belgia dan Kroasia akan saling berhadapan. Maroko hanya butuh hasil imbang melawan Kanada untuk lolos ke babak 16 besar dengan syarat Belgia tak menang atas Kroasia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Hrvatski nogometni savez (@hns_cff)

Pelatih Kroasia Zlatko Dalic mengatakan, Kroasia menunjukkan kekuatan dan kualitasnya ketika mengalahkan Kanada, 4-1. Pasukannya mampu membalikkan keadaan dengan baik setelah tertinggal 1-0 oleh gol cepat Alphonso Davies.

“Kami harus lolos ke tahap selanjutnya. Itulah tujuan akhir kami. Saya bangga dengan apa yang mereka raih malam ini. Mereka membuat beberapa sejarah untuk negara kita,” ujarnya, dilansir First Post.

Menyempatkan Ibadah ke Tanah Suci

Tanpa terasa, air mata saya menetes setelah melihat Ka’bah untuk terakhir kalinya hari itu.

SELENGKAPNYA

Brasil tanpa Neymar Hadapi Swiss

Tite dapat melakukan beberapa opsi berbeda untuk menggantikan Neymar.

SELENGKAPNYA

Les Bleus Patahkan Kutukan Juara Bertahan

Mbappe kini membidik rekor gol Just Fontaine sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Prancis di Piala Dunia.

SELENGKAPNYA