Presiden Ri Joko Widodo bersama Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan berfoto di depan Masjid Sheikh Zayed Solo. | Kemenag

Khazanah

Shalat Dhuha Jokowi di Masjid Raya Syekh Zayed

Warga solo dan penggembira muktamar yang sedang berkunjung ikut menyambut kedatangan Jokowi.

OLEH MUHAMMAD NOOR ALFIAN CHOIR

Dunia mengetahui Masjid Syekh Zayed itu ikon Uni Emirate Arab. Namun, orang Indonesia dan wisatawan asing yang lagi melancong ke negeri ini cukup ke Solo untuk menyaksikan kemegahan masjid warisan pendiri UEA tersebut. Di sana terdapat masjid dengan arsitektur yang mirip dengan ikon negara yang didirikan oleh putra Sulthan an-Nahyan. 

UEA memang memiliki tradisi menghargai pemimpinnya. Ada pemimpin di sana yang dikenal murah senyum dan dicintai rakyatnya, yaitu (alm) Khalifa bin Zayed. Namanya diabadikan menjadi bangunan tinggi yang dikenal dengan Burj Khalifa.

Bangunan yang tingginya menembus awan. Ayah Khalifa, yaitu Syekh Zayed, dikenal dermawan dan arif dalam memimpin bangsanya. Nama besarnya diabadikan dalam bentuk masjid yang indah. Bangunannya luar biasa megah dengan gaya Arab yang sangat dominan. 

photo
Foto suasana Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan, Solo, Jawa Tengah, Senin (14/11/2022). Masjid hadiah dari Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohamed Bin Zayed Al-Nahyan kepada Presiden Joko Widodo tersebut sebagai simbol persahabatan kedua negara sekaligus diharapkan menjadi salah satu destinasi wisata religi baru di Kota Solo. - (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Nah, Indonesia yang bekerja sama dengan UEA membangun masjid dengan arsitektur mirip ikon UEA tersebut di Gilingan, Solo. Masjid ini diresmikan oleh Jokowi dan petinggi UEA, Mohammed bin Zayed. Masjid ini menjadi kebanggaan masyarakat Solo sekaligus  ikon pariwisata kota tersebut. Ketika datang ke kota tersebut, banyak orang akan menyempatkan diri datang ke sana untuk berfoto.

Setelah mengunjungi muktamar Muhammadiyah, Ahad (20/11) pagi, Jokowi dan keluarga berkunjung lagi ke masjid tersebut. Berdasarkan pantauan Republika, Jokowi membersamai istrinya Iriana Jokowi dan cucunya Jan Ethes. Mereka tiba di depan masjid sekitar pukul 08.52 WIB. 

Meskipun belum dibuka untuk umum, rombongan warga yang tergabung dari warga solo dan penggembira muktamar yang sedang berkunjung ikut menyambut kedatangan Jokowi dengan memanggil namanya. "Pak Jokowi, Pak Jokowi," teriak warga.

Sebelum rombongan memasuki masjid, Jokowi membagi-bagikan kaus. Tampak masyarakat begitu antusias mendekati Kepala Negara untuk menerima pemberian tadi. Mereka berterima kasih, kemudian menjabat tangan Jokowi. Setelah turun pertama, tampak Iriana Jokowi mengenakan mukena warna merah muda memasuki pelataran masjid disusul Jokowi yang mengenakan kemeja putih serta peci hitam bersama dengan Jan Ethes.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Menurut keterangan dari salah satu tukang yang menggarap penyelesaian masjid, Jokowi-Iriana melakukan shalat Dhuha selama kunjungan tersebut. Ini merupakan ibadah sunah legasi Rasulullah SAW yang dilaksanakan pada pagi hari. Waktunya mulai matahari menampakkan diri hingga mulai menyengat.

Sekitar pukul 09.13 WIB Jokowi dan Iriana keluar dari masjid. Tampak mereka menggandeng Jan Ethes berjalan di tengah keduanya. Mereka berjalan setelah melakukan shalat Dhuha di masjid tadi. Rombongan pun meninggalkan masjid sekitar pukul 09.23 WIB.

Sementara itu, wisatawan asal Surabaya, Samiran, mengaku sangat beruntung bisa bertemu dan mendapatkan kaus dari Jokowi. "Iya senang sekali bisa bertemu Pak Jokowi dan Ibu. Tak mengira mereka datang dan saya dapat kaus. Niat saya datang ke sini ya cuma mau berfoto di depan masjid," kata dia.

Lebih Dekat dengan Keunikan Indonesia

Masyarakat baru mengenali segelintir dari ribuan jenis kuliner khas Indonesia.

SELENGKAPNYA

Menghadapi Tetangga Egois

Muslim yang baik harus memperhatikan etika bertetangga.

SELENGKAPNYA

Menelusuri Arti Tanda Sujud

Jadi, tidak perlu berupaya menghitamkan dahi dengan berbagai cara.

SELENGKAPNYA