Pelatih Satria Muda Pertamina Jakarta Youbel Sondakh. | Republika/Thoudy Badai

Arena

Youbel Berharap Konsistensi Satria Muda di IBL Indonesia Cup

Defense SM sangat aktif sehingga memaksa Evos membuat 27 turnover sepanjang pertandingan.

JAKARTA -- Satria Muda (SM) Pertamina menuntaskan rangkaian babak penyisihan turnamen pramusim IBL Indonesia Cup 2022 yang sudah berlangsung sejak 4 November lalu. SM mengalahkan Evos Thunder Bogor dengan skor 64-44 di GOR Sritex Arena, Solo, Rabu (9/11) sore, untuk mengunci posisi teratas Grup B.

Hasil itu membuat SM melengkapi delapan tim yang akan berlaga pada babak perempat final, Kamis (10/11). Selain SM, tim lain yang memastikan lolos terlebih dahulu adalah Pelita Jaya Bakrie, Bima Perkasa Jogja, Dewa United, Satya Wacana, Prawira Harum, West Bandits Combiphar, dan Amartha Hangtuah. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Satria Muda Pertamina (@smpertamina)

Di Grup B yang hanya berisi tiga tim membuat hasil laga SM melawan Evos Bogor menentukan bagi kedua tim. SM yang sudah mengantongi kemenangan awal atas Amartha Hangtuah sempat mendapatkan perlawanan pada awal permainan. Namun, pengalaman para pemainnya membuat kemenangan bisa diamankan tim yang bermarkas di Kelapa Gading, Jakarta, ini.

Hasil itu cukup memuaskan sang pelatih Youbel Sondakh, terutama dari sisi pertahanan. Defense SM sangat aktif sehingga memaksa Evos membuat 27 turnover sepanjang pertandingan. Namun, Youbel masih menyoroti sisi serangan timnya. 

"Dalam offense, kami belum konsisten, belum sesuai ekspektasi. Kami masih perlu lebih konsisten lagi dalam setiap permainannya," kata Youbel selepas laga.

SM akan menghadapi Satya Wacana Salatiga di delapan besar. Tim asuhan Jerry Lolowang menjadi runner-up grup A setelah pada laga penentuan menang 63-50 atas Elang Pacific Surabaya.

 
 
Kami akan setop mereka semua. Kami akan fokus agar pemain dapat menjalani strategi nanti.
 
 

Youbel tidak begitu memedulikan lawannya di perempat final. Dia lebih berfokus pada timnya sendiri. Pertama, Youbel ingin pemainnya menjalani pemulihan dengan baik agar tidak terlalu lelah saat meladeni Satya Wacana.

Ia memuji lawannya, menyebut tim asal Salatiga itu memiliki banyak perkembangan karena para penggawanya bermain bersama dalam waktu cukup lama. Youbel menegaskan, tidak ada strategi atau penjagaan khusus terhadap pemain lawan. "Kami akan setop mereka semua. Kami akan fokus agar pemain dapat menjalani strategi nanti," ujar Youbel.

Babak perempat final akan dimainkan sejak pagi. Duel Pelita Jaya versus tuan rumah West Bandits akan membuka babak knock-out ini. Kemudian, dilanjutkan Prawira vs Bima Perkasa. Setelahnya ada laga Dewa United melawan Hangtuah. Pertandingan ditutup duel Satria Muda menghadapi Satya Wacana.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by EVOS THUNDER (@evosthunder.id)

Babak semifinal akan digelar pada Sabtu (12/11). Pemenang laga Pelita Jaya vs West Bandits akan menghadapi pemenang Prawira vs Bima Perkasa. Sementara itu, pemenang Dewa United vs Hangtuah akan berjumpa Satria Muda vs Satya Wacana. Babak final akan digelar Ahad (13/11).

 

Jadwal Perempat Final IBL Indonesia Cup 2022, Kamis (10/11):

  • Pukul 09.00-11.30 WIB: Pelita Jaya vs West Bandits
  • Pukul 11.30-14.00: Prawira Harum vs Bima Perkasa
  • Pukul 14.00-16.30: Dewa United vs Amartha Hangtuah
  • Pukul 16.30-19.00 WIB: Satria Muda vs Satya Wacana

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Timnas Bisa Gunakan SUGBK untuk Piala AFF 2022

SUGBK aman dipakai untuk Piala AFF 2022 pada 20 Desember 2022-16 Januari 2023.

SELENGKAPNYA

Firmino dan Gabriel Ditendang, Eriksen Dirangkul

Tite enggan membandingkan skuad saat ini dengan generasi-generasi terdahulu.

SELENGKAPNYA

Menanti Reaksi The Blues

Rekor penampilan Chelsea di Stadion Etihad cukup mengecewakan.

SELENGKAPNYA