Graham Potter. | EPA-EFE/Vincent Mignott EDITORIAL USE ONLY.

Sepak Bola

Menanti Reaksi The Blues

Rekor penampilan Chelsea di Stadion Etihad cukup mengecewakan.

MANCHESTER -- Keperkasaan Chelsea sejak resmi ditangani Graham Potter pada awal September silam perlahan mulai luntur. Pada tiga laga terakhir di semua ajang, the Blues menelan dua kekalahan, termasuk saat menyerah 0-1 dari Arsenal pada pekan ke-15 Liga Primer Inggris, akhir pekan lalu.

Chelsea memang masih mampu memetik kemenangan 2-1 atas Dinamo Zagreb pada laga pamungkas penyisihan grup Liga Champions, tengah pekan lalu. Namun, kemenangan atas wakil Kroasia itu didapatkan dengan susah payah.

Sejak menelan kekalahan mengejutkan 1-4 dari Brighton, dua pekan lalu, Chelsea seperti belum bisa benar-benar bangkit. Level dan intensitas permainan Mason Mount dan kawan-kawan tidak setinggi saat mengemas rekor tidak terkalahkan dari sembilan laga sebelumnya, termasuk lima kemenangan beruntun.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Chelsea FC (@chelseafc)

Pelatih Chelsea Graham Potter sempat mengakui performa kurang memuaskan anak-anak asuhnya dalam meladeni permainan Arsenal di Stamford Bridge. Padatnya jadwal pertandingan, yang memperbesar kemungkinan cedera pemain, menjadi penurunan performa pasukannya.

Sejumlah catatan sudah disiapkan Potter demi bisa mengembalikan Chelsea ke jalur kemenangan setidaknya sebelum memasuki jeda kompetisi karena Piala Dunia 2022, pertengahan bulan ini. "Dalam hal padatnya jadwal pertandingan dan cedera pemain, kami benar-benar menghadapi badai besar. Kami harus bisa mengatasinya dan fokus untuk bisa meningkatkan performa," ujar Potter seperti dikutip Evening Standard, awal pekan ini.

Para penggawa Chelsea diharapkan bisa bereaksi positif saat berlaga pada Piala Liga Inggris. Klub asal London Barat itu dijadwalkan melawat ke markas Manchester City di Stadion Etihad pada laga putaran ketiga, Kamis (10/11) dini hari WIB.

 
 
Ini menjadi kesempatan bagus. Kami akan datang ke sana dengan tekad tampil kompetitif dan meraih kemenangan.
 
 

Sayangnya, rekor penampilan Chelsea di Stadion Etihad cukup mengecewakan. Dari 14 kesempatan terakhir berlaga di kandang City dalam semua ajang, Chelsea menelan 10 kekalahan dan hanya mampu memetik tiga kemenangan. Terakhir, Chelsea pulang dengan tangan hampa usai menyerah 0-1 dari the Citizens pada paruh kedua Liga Primer Inggris musim lalu.

Kendati begitu, Potter menatap laga ini dengan kepercayaan diri tinggi. Terlebih, sejumlah pemain telah kembali dari cedera dan masalah kebugaran. Eks pelatih Brighton and Hove Albion itu mengaku bakal membuat sejumlah perubahan, terutama soal pilihan pemain.

"Ini menjadi kesempatan bagus. Kami akan datang ke sana dengan tekad tampil kompetitif dan meraih kemenangan," ujar pelatih asal Inggris tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Manchester City (@mancity)

Christian Pulisic, Mateo Kovacic, Conor Gallagher, dan Armando Broja, yang dinilai tampil cukup baik dalam laga kontra Arsenal, diperkirakan bakal mendapatkan kesempatan tampil sebagai starter. Pun, dengan peluang yang dimiliki Kalidou Koulibaly usai pulih dari cedera lutut.

Di sisi lain, the Citizens juga punya kabar bagus soal kesiapan skuad. Kalvin Phillips, yang sempat mengalami masalah bahu, sudah dipastikan masuk skuad pada laga ini. Namun, Kyle Walker masih diragukan untuk bisa ambil bagian dalam lawatan the Blues. Selain itu, City juga tidak akan diperkuat Joao Cancelo yang menerima kartu merah saat the Citizens memetik kemenangan 2-1 atas Fulham, akhir pekan lalu.

 
 
Kami akan melakoni dua laga terakhir menjelang Piala Dunia 2022 di kandang. Hal ini cukup bagus karena kami terhindar dari potensi kelelahan akibat melakoni perjalanan tandang.
 
 

Sergio Gomez kemungkinan besar akan dipercaya menjadi pengganti Cancelo. Sementara, di posisi bek kanan, pemain muda Rico Lewis dilaporkan bakal menjadi pilihan pelatih Pep Guardiola. Pelatih asal Spanyol itu kemungkinan akan tetap mempertahankan kebijakan memberikan kesempatan kepada pemain muda City untuk tampil di Piala Liga Inggris. Cole Palmer digadang-gadang akan mengisi satu tempat di lini tengah City pada laga ini.

Tampil di Stadion Etihad memberikan keunggulan tersendiri bagi City. Keuntungan ini pun diakui oleh Guardiola. ''Kami akan melakoni dua laga terakhir menjelang Piala Dunia 2022 di kandang. Hal ini cukup bagus karena kami terhindar dari potensi kelelahan akibat melakoni perjalanan tandang,'' kata Guardiola seperti dilansir Football London.

Hari Pahlawan dan Fatwa Jihad

Fatwa itulah yang mengilhami Bung Tomo untuk melakukan kewajiban agama melawan Belanda.

SELENGKAPNYA

Selalu Melibatkan Allah

Dalam semua aktivitas kita, baik ritual maupun nonritual, kita perlu melibatkan Allah.

SELENGKAPNYA

Pelantikan Bupati Bandung Barat

Emil meminta Hengky untuk tetap menjadikan integritas sebagai fondasi dalam kepemimpinan.

SELENGKAPNYA