Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansury (enam kanan), Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto (enam kiri), Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi (kanan) berfoto bersama perwakilan penerima Republika Anugerah Cinta Indonesia 2022 di Jakarta, Kamis (27/10 | Republika/Prayogi

Kabar Utama

Anugerah Cinta Indonesia Bentuk Apresiasi untuk Kemandirian

Keberpihakan BUMN terhadap penggunaan produk dalam negeri tersebar dalam berbagai sektor industri.

JAKARTA -- Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki peran dan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian bangsa. Perusahaan pelat merah pun terus menggalakkan penggunaan produk dalam negeri dalam pembangunan yang dilakukan maupun dalam aktivitas bisnisnya.

Untuk mengapresiasi ikhtiar BUMN dalam memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), Republika menggelar acara penghargaan Anugerah Cinta Indonesia (ACI) 2022 di Hotel Four Seasons, Jakarta, Kamis (27/10) malam. Penghargaan ini diberikan kepada BUMN yang memiliki komitmen dalam penggunaan memenuhi TKDN. Terdapat 10 kategori penghargaan, mulai dari energi hingga telekomunikasi.

ACI diselenggarakan seiring berjalannya upaya pemerintah yang menargetkan nilai TKDN rata-rata 43,3 persen pada 2020 dan naik menjadi 50 persen pada 2024. Demi terserapnya produk lokal, pemerintah mengeluarkan regulasi untuk optimalisasi penggunaan barang dengan standar TKDN yang tertuang dalam UU Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian dan PP Nomor 29 Tahun 2018 tentang Pemberdayaan Industri. Program penggunaan produk dalam negeri wajib didukung berbagai instansi pemerintah, termasuk BUMN.

photo
Menteri BUMN Erick Thohir memberikan sambutan dalam Republika Anugerah Cinta Indonesia 2022 di Jakarta, Kamis (27/10/2022). Acara Anugerah Cinta Indonesia 2022 ini merupakan bentuk apresiasi atas keseriusan kepada perusahaan dalam penerapan penggunaan produk dalam negeri. Prayogi/Republika. - (Republika/Prayogi)

Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi ajang Anugerah Cinta Indonesia 2022. Erick menilai acara penghargaan ini sangat penting dalam mendukung akselerasi penggunaan tingkat komponen dalam negeri di lingkungan BUMN.

"Secara khusus, Bapak Presiden begitu tegas menitipkan kepada seluruh kementerian, lembaga, pemda, dan BUMN agar memaksimalkan TKDN karena dari sini kita dapat mewujudkan kesetiaan, kecintaan, dan pembelaan kepada Tanah Air kita," ujar Erick, Kamis (27/10).

Erick mengajak seluruh elemen bangsa memberi bukti kepada dunia bahwa produk Indonesia mampu bersaing dan tidak kalah dengan produk dari negara lain. "Kita harus bangga karya bangsa kita," ucap Erick.

photo
Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansury berbincang bersama Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto dan Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi dalam Republika Anugerah Cinta Indonesia 2022 di Jakarta, Kamis (27/10/2022).  Prayogi/Republika. - (Republika/Prayogi)

Ia juga mengapresiasi perusahaan BUMN yang selalu memperhatikan TKDN dalam pengambilan keputusan. Erick menilai keberpihakan BUMN terhadap penggunaan produk dalam negeri tersebar dalam berbagai sektor industri, mulai dari energi, manufaktur, pertambangan, kesehatan, jasa keuangan, jasa infrastruktur, industri pertahanan, jasa telekomunikasi, pertanian dan perkebunan, hingga perhubungan dan transportasi.

Sebagai sepertiga kekuatan ekonomi Indonesia, kata Erick, BUMN harus terus berupaya mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan. Utamanya dalam proses pemulihan ekonomi pascapandemi serta siap menghadapi berbagai tantangan lain pada masa depan.

photo
Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansury (keempat kiri), Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi (kanan) bersama penerima penghargaan berfoto bersama saat acara Anugerah Cinta Indonesia 2022 di Jakarta, Kamis (27/10/2022). Acara Anugerah Cinta Indonesia 2022 ini merupakan bentuk apresiasi atas keseriusan kepada perusahaan dalam penerapan penggunaan produk dalam negeri. Thoudy Badai/Republika - (Republika/Thoudy Badai)

Erick menyebut,gelaran Anugerah Cinta Indonesia 2022 dapat mendorong penyerapan TKDN dan kesejahteraan yang berkeadilan untuk membawa Indonesia maju, makmur, dan mendunia. Erick pun berharap Anugerah Cinta Indonesia yang dipersembahkan Republika dapat semakin memperluas gagasan dan memperkuat semangat untuk membela hasil karya dan produk, mulai dari kebutuhan sehatri-hari hingga penyerapan TKDN untuk BUMN.

"Saya yakin dengan ini juga berbagai tantangan perekonomian global dapat kita hadapi dan kita atasi," kata Erick.

photo
Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansury memberikan piala Republika Anugerah Cinta Indonesia 2022 kepada perwakilan PT Pertamina disaksikan Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi di Jakarta, Kamis (27/10/2022). Prayogi/Republika. - (Republika/Prayogi)

Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaidi mengatakan, komitmen untuk terus menambah kadar komponen dalam negeri sangat bermanfaat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Melalui kegiatan penghargaan ini, Republika ingin berperan agar penggunaan kandungan lokal dalam industri nasional makin tinggi. "Dengan demikian, diharapkan akan mengurangi ketergantungan terhadap impor," kata Irfan.

Irfan percaya, jika upaya penggunaan kandungan lokal dalam industri nasional bisa digalakkan secara maksimal, dapat menjadi dewa penyelamat di tengah prediksi resesi ekonomi tahun 2023.

photo
Suasana acara Anugerah Cinta Indonesia 2022 yang digelar di Jakarta, Kamis (27/10/2022). Thoudy Badai/Republika - (Republika/Thoudy Badai)

"Acara ini digelar agar dunia usaha punya keseriusan memanfaatkan kandungan lokal. Kami percaya kalau bisa digalakkan maksimal ini bisa menjadi dewa penyelamat kalau kita lihat prediksi tahun 2023," kata Irfan.

Irfan menyebut dorongan untuk mencintai Indonesia sejalan dengan visi dan misi founding father Republika. ACI juga digelar agar BUMN mempunyai keteladanan dalam menjadi garda terdepan yang mempunyai kandungan lokal.

photo
Penyanyi Farel Prayoga menghibur tamu undangan saat acara Anugerah Cinta Indonesia 2022 di Jakarta, Kamis (27/10/2022). Thoudy Badai/Republika - (Republika/Thoudy Badai)

Dalam proses penentuan pemenang, tim juri membagi spesifikasi per bidang usaha. Hasilnya ditemukan satu juara pada setiap kategori. "Republika berharap pemenang ACI 2022 menjadi contoh implementasi serapan TKDN dalam mendukung upaya membangun kemandirian bangsa," ujar dia.

Ada sebanyak 10 perusahaan BUMN yang meraih penghargaan Anugerah Cinta Indonesia. BUMN-BUMN tersebut adalah PT Pertamina (Persero), PT Semen Indonesia Tbk, PT Aneka Tambang Tbk, PT Bio Farma, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Rekayasa Industri, PT Pindad, PT Telkom Indonesia Tbk, PT Pupuk Indonesia, dan PT Kereta Api Indonesia.  Selain memberikan penghargaan berdasarkan sektor usaha, ACI 2022 juga memilih satu pemenang penerapan P3DN terbaik, yaitu PT Pertamina.

 

Memaknai Sukses di Tengah Hustle Culture

Di era digital, budaya hustle culture pun semakin parah.

SELENGKAPNYA

Sumpah Pemuda Bukan Sekadar Mitos

Peristiwa Sumpah Pemuda jadi serius karena keberadaan idenya yang sudah sangat lama.

SELENGKAPNYA

ETLE Mobile Segera Diterapkan

Petugas di lapangan tetap melakukan penegakan hukum atas pelanggaran lalu lintas yang terjadi di Kota Bogor

SELENGKAPNYA