Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berjabat tangan usai memberikan keterangan di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Jumat (7/10/2022). | Republika/Prayogi

Kisah Dalam Negeri

Komunikasi Proyeksi Anies-AHY Makin Erat

PKS sampai saat ini belum mendeklarasikan calon presiden yang akan diusung di Pilpres 2024.

OLEH NAWIR ARSYAD AKBAR, FEBRIANTO ADI SAPUTRO

 

Anies Baswedan bersama tiga pimpinan partai politik lainnya terlihat akrab berbincang dalam satu meja yang sama dalam sebuah acara resepsi pernikahan putri Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) , Ahad (16/10). Ketiga pimpinan partai politik tersebut di antaranya Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

"Komunikasi makin erat," kata Juru Bicara PKS Pipin Sopian kepada Republika, Senin (17/10).

Pipin yang ikut hadir dalam pertemuan tersebut ikut menyaksikan langsung kehangatan tokoh lintas partai yang hadir dalam acara tersebut. Dirinya melihat ada optimisme para pemimpin bangsa menatap masa depan Indonesia yang lebih baik.

"There is a will, there is a way," ucapnya.

 
photo
Dari kiri ke kanan, Presiden PKH Muhammad Syaikhu, mantan gubernur DKI Anies Baswedan, Ketua Umum Nasdem Surya Paloh, mantan wapres Jusuf Kalla, Ketua Dewan Pembina Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, berbincang satu meja di pernikahan putri politikus PKS Salim Segaf Al-Jufri. - (istimewa)

"Kalau Allah SWT sudah berkehendak tak akan ada kekuatan apapun yang bisa menghadang 'kapal besar' ini berlayar mencapai tujuannya," imbuhnya.

PKS sampai saat ini belum mendeklarasikan calon presiden yang akan diusung di Pilpres 2024 mendatang. Ia mengatakan, PKS masih terus mengkaji hal tersebut.

"Masih dikaji. Mohon doa yang terbaik."

Adapun, Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat, Kamhar Lakumani mengatakan, bahwa hubungan antara Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sudah terjalin lama. Bahkan sebelum pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta pada 2017.

"Saat Mas Anies masih mengabdi sebagai intelektual akademisi dan Mas AHY sebagai perwira TNI keduanya telah terbangun persahabatan," ujar Kamhar, Senin.

Kamhar melanjutkan, komunikasi dengan AHY juga selalu terjalin baik usai Anies terpilih sebagai gubernur DKI Jakarta. Keduanya juga sering bertukar pikiran terkait masalah Jakarta maupun nasional.

"Partai Demokrat sendiri memiliki tempat spesial dalam perjalanan politik Mas Anies, Demokrat adalah panggung pertama Mas Anies masuk ke politik formal sebagai peserta Konvensi Capres Partai Demokrat pada 2013-2014 yang lalu," ujar Kamhar.

"Tentu silaturahmi dan pertemuan antara Mas Anies dengan Partai Demokrat dan Mas Ketum AHY ke depannya akan semakin lebih intens lagi, utamanya terkait dengan agenda Pilpres 2024," sambungnya.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah peristiwa Anies dan AHY yang duduk bersama dengan para petinggi Partai Demokrat, Partai Nasdem, PKS di acara pernikahan putri Ketua Majelis Syuro PKS, Salim Segaf Aljufri, belum tentu berujung pada pemasangan keduanya di Pilpres 2024. Dedi menilai, komunikasi yang terjadi dalam pertemuan tersebut termasuk komunikasi politik ruang privat.

"Meskipun, tafsir pemasangan belum tentu ke arah Anies-AHY, bisa saja hanya pada tahap kesepakatan usung Anies dan cawapres bisa juga di luar Demokrat, terlebih jika nanti rivalitas yang dihadapi adalah tokoh yang kuat secara elektabilitas dan logistik," ujarnya.

Terlebih Anies juga telah bertemu Panglima TNI Andika Perkasa beberapa hari sebelumnya. Dedi menilai AHY punya peluang lebih besar tidak di cawapres. Namun, bisa saja duduk di kabinet yang akan disusun oleh koalisi nantinya jika menang Pemilu.

"Tetapi, jika ditimbang dua kandidat, AHY tentu lebih berasalan dipilih, elektabilitas bagus dan memimpin partai, meskipun dengan memilih AHY, maka diperlukan pihak lain yang  kuat menyokong logistik," ucapnya.

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Liga 1 Diklaim Bergulir Lagi Akhir November

Borneo FC kembali meliburkan aktivitas latihan tim Pesut Etam selama sepekan.

SELENGKAPNYA

Bos Barcelona Geruduk Ruang Ganti Wasit 

Setelah diminta oleh para ofisial pertandingan, Laporta bersedia meninggalkan ruang ganti wasit.

SELENGKAPNYA

Mbappe Tepis Isu akan Pergi dari PSG Januari

Real Madrid dan Mbappe dilaporkan sudah mencapai kesepakatan.

SELENGKAPNYA