Tangkapan video menunjukkan penyelematan oleh Penjaga Pantai AS di los Angeles pada Ahad (9/10/2022). | U.S. Coast Guard via AP

Kisah Mancanegara

Peti Buah Selamatkan Nyawa Nelayan AS

OLEH DWINA AGUSTIN

Peti es berisi air dan buah ternyata bisa menyelamatkan nyawa nelayan di Teluk Meksiko, Amerika Serikat (AS). Saat perahu tiga nelayan AS tenggelam, dua di antaranya selamat dan bertahan dengan berpegangan pada peti tersebut. Sedang satu orang nelayan bernama Phong Le berhasil berenang dan mencari bantuan.

Phong Le menceritakan kepada ABC pada Selasa (11/10), dia akhirnya berhasil menemukan sinyal telepon seluler (ponsel) dan mengirim lokasinya dengan aplikasi Google map kepada temannya. Itu dilakukannya tepat sebelum baterainya habis.

“Saya melihat dia mencoba membalas saya. Dan telepon terputus,  saya kehabisan baterai,” ujarnya. Tindakan itu berhasil menolong ketiga pria yang berada di air sejak sekitar pukul 10.00 pada Sabtu (8/10).

Mereka bahkan sempat berhadapan dengan hiu sehari berikutnya. Phong Le sendiri berhasil ditemukan dan diselamatkan.

 
Mereka bahkan sempat berhadapan dengan hiu sehari berikutnya. Phong Le sendiri berhasil ditemukan dan diselamatkan.
 
 

“Keinginan orang-orang ini untuk bertahan hidup dan jaket pelampung merekalah yang menyelamatkan hidup mereka,” kata co-pilot helikopter yang menyelamatkan Phong Le, Letnan Katy Caraway.

Dia mengatakan, helikopternya menemukan Phong Le yang berenang untuk meminta bantuan. Phong Le ditemukan dengan menderita hipotermia. Kemudian sebuah pesawat menemukan dua orang nelayan lain yang harus melawan hiu sekitar 0,8 hingga 1,6 kilometer jauhnya dari tempat Phong Le ditemukan.

Sebuah kapal penjaga pantai atau Coast Guard yang berbasis di Venesia bergegas ke tempat itu. Perenang penyelamat helikopter Richard Hoefle mengatakan, kedua pelaut memiliki luka dalam di tangan dan satu kehilangan ujung jari tengah.

Salah satu nelayan bernama Luan Nguyen menceritakan, salah satu bagian depan pelampungnya digigiti ikan hiu. "lalu saya tusukkan dua jari saya ke matanya, dan dia akhirnya pergi," kata Luan Nguyen.

Menurut personel Coast Guard bernama Andrew Stone, saat dua nelayan itu ditarik dari air, tampak empat hiu blacktip mengitari keduanya. Ikan itu sepanjang sekitar 1,2 hingga 1,8 meter.  Luan Nguyen dan nelayan satu lagi, Son Nguyen, ditemukan telah kelelahan.

"Mereka terlalu lelah bahkan untuk panik," kata Stone saat diwawancara bersama personel Coast Guard AS.

 
Menurut personel Coast Guard bernama Andrew Stone, saat dua nelayan itu ditarik dari air, tampak empat hiu blacktip mengitari keduanya.
 
 

Laporan istri

Ketiga nelayan menaiki perahu berukuran 7,3 meter yang kemudian tenggelam. Koordinator penyelamatan untuk Sektor New Orleans, Kevin Keefe, mengatakan, salah satu istri nelayan melaporkan mereka hilang sekitar pukul 22.00 pada Sabtu. Perempuan itu tidak tahu titik awal keberangkatan.

Kapal Coast Guard, pesawat, dan helikopter telah menghabiskan waktu berjam-jam mencari daerah yang lebih besar dari Rhode Island. Kemudian pesan Phong Le berisikan peta lokasi pun tiba.

Keefe menceritakan, dengan menggunakan kontur pantai, pusat komando dapat mengetahui di mana letaknya. Coast Guard mengatakan, orang-orang itu ditemukan sekitar 49 kilometer dari Empire, sebuah komunitas kecil yang terletak di sepanjang jalur sempit terakhir Delta Mississippi, tenggara New Orleans. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Tanpa Muhrim, Wajibkah Haji?

Mayoritas ulama sepakat, muhrim dan atau suami adalah syarat wajib haji bagi perempuan

SELENGKAPNYA

Sabtu Hitam di Legian

Di diskotek inilah korban berjatuhan.

SELENGKAPNYA

Aturlah Jarak Kelahiran Buah Hati

Jarak kehamilan setiap anak harus diatur secara ideal minimal dua tahun sembilan bulan

SELENGKAPNYA