Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari (kedua kanan) bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (tengah) saat pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu tahun 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (5/8/2022). | Republika/Putra M. Akbar

Nasional

06 Aug 2022, 03:45 WIB

AHY: Demokrat Berupaya Jadi Partai Papan Atas

Paling tidak, Demokrat berupaya masuk pada papan atas di tiga besar.

JAKARTA--Partai Demokrat menjadi partai politik yang mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 pada hari kelima ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), di Jakarta, Jumat (5/8).

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tampak memimpin langsung pendaftaran dan tiba di depan gerbang Kantor KPU, sekitar pukul 13.30 WIB, dengan pawai iring-iringan jalan bersama dari Kantor DPP Partai Demokrat, Wisma Proklamasi 41, Menteng, Jakarta Pusat.

Ia didampingi 34 Ketua DPD Partai Demokrat dan sejumlah jajaran pengurus Partai Demokrat yang sebelumnya terlebih dahulu berkumpul di Kantor DPP Partai Demokrat. Pawai iring-iringan tampak dimeriahkan dengan yel-yel yang diputar dari pengeras suara di atas mobil bak terbuka dan bendera Partai Demokrat yang dikibarkan rombongan.

Partai berlambang bintang mercy itu optimistis menjadi partai papan atas seperti Pemilu 2009 lalu saat memenangkan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai presiden. "Kami tentu hanya bisa berjuang sekuat tenaga kembali bangkit, paling tidak kami berupaya masuk pada papan atas di tiga besar," kata AHY di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (5/8).

photo
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (tengah) disambut kader Partai Demokrat usai pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu tahun 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (5/8/2022). - (Republika/Putra M. Akbar)

AHY mengaku ingin kembali merasakan kejayaan menjadi partai papan atas. Dia melanjutkan, Demokrat akan berupaya untuk mengisi seluruh daerah pemilihan (dapil) di Indonesia guna mendongkrak perolehan kursi di parlemen. AHY mengatakan, dengan bisa mengisi keseluruhan dapil tersebut maka tercapai persentase 14 hingga 15 persen.

Dia berharap dengan perolehan suara tersebut maka Demokrat dapat kembali bangkit dan bisa mengisi ruang demokrasi lebih signifikan lagi. "Saat ini DPR RI kami ada 54 orang di Senayan, tetapi tentu Kami ingin jauh lebih banyak lagi sehingga peran kami di parlemen juga lebih kuat dan terasa," katanya.

Terkait koalisi, AHY mengaku masih belum mendapatkan kesimpulan apapun dengan Nasdem dan PKS. Kendati, dia menyampaikan bahwa komunikasi tetap berjalan dengan sangat baik dan chemistry semakin terbangun sambil berharap ada jalan kebersamaan. "Kapan ya kira kira? nanti lah ya," kata AHY saat ditanya soal kesimpulan dan deklarasi koalisi dengan Nasdem dan PKS.

Pendaftaran KIB

Sementara, Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto membenarkan partai anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan mendaftar bersama ke KPU pada Rabu (10/8) pekan depan. Airlangga mengaku, proses pendaftaran partai KIB ini menjadi babak baru dari kerja sama antara Golkar, PAN, dan PPP.

"Pendaftaran ini chapter baru bagi kerja sama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Kami membuktikan tetap solid dan akan terus bersatu hingga Pemilu 2024 mendatang," kata Airlangga dalam keterangan, Jumat (5/8).

Airlangga mengatakan, setelah pendaftaran ke KPU, KIB akan memasuki babak baru dari kerja sama yang diinisiasi tiga parpol. Menteri Koordinator Perekonimian itu menegaskan bahwa KIB yang saat ini berisi Golkar, PAN dan PPP tetap menjadi koalisi inklusif.

"Kami di KIB terbuka, silakan partai mana saja ikut bergabung dan berjuang bersama kami meneruskan kesuksesan pemerintahan Presiden Jokowi, serta menyempurnakannya di periode ke depan," katanya.


Dokumen Tujuh Parpol Lengkap

Partai teranyar yang mendaftar adalah Partai Kebangkitan Nusantara (PKN)

SELENGKAPNYA

Muka lama Partai Baru pada Pendaftaran Parpol

Partai politik menjadi sorotan karena memiliki tingkat kepercayaan yang rendah.

SELENGKAPNYA

Sembilan Parpol Daftar Pemilu

Sebanyak 11 parpol sudah melengkapi 100 persen data ke Sipol.

SELENGKAPNYA
×