Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asyari (tengah) bersama Sekretaris Jenderal KPU Bernad Dermawan Sutrisno (kiri) dan jajaran anggota Komisioner KPU berfoto usai konferensi pers terkait pengumuman pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 202 | ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Nasional

Sembilan Parpol Daftar Pemilu

Sebanyak 11 parpol sudah melengkapi 100 persen data ke Sipol.

JAKARTA—Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengaku ada sembilan partai politik (parpol) yang bakal mendaftarkan diri untuk Pemilu 2024 pada hari pertama masa pendaftaran, Senin (1/9) hari ini.

Anggota KPU, Idham Holik mengaku, pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan guna menyambut kedatangan para calon peserta pemilu. "H-1 pendaftaran KPU melakukan simulasi pendaftaran, selain melakukan simulasi pendaftaran partai politik, KPU juga melakukan teknikal meeting dan gladi bersih," kata Idham Holik di Jakarta, Ahad (31/7).

Idham menjelaskan, partai politik yang akan mendaftar itu datang secara bergantian mulai pukul 08.00 WIB hingga terakhir pukul 15.00 WIB. Partai paling awal yang akan mendaftar yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) serta Partai Reformasi pada jam 08:00 WIB.

Kemudian dilanjutkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) pukul 08:30 WIB. Sedangkan Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Bulan Bintang (PBB) rencananya bakal datang sekira pukul 10.00 WIB. Terakhir adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pukul 15.00 WIB.

KPU sebelumnya meminta agar partai politik segera memasukkan data ke Sipol. Penginputan data dilakukan supaya tidak melebihi tenggat masa pendaftaran peserta Pemilu 2024. KPU berharap agar pemasukan data ke Sipol bisa rampung sebelum memasuki tahapan pendaftaran. Sehingga, pada tahapan yang digelar 1-14 Agustus 2022 itu, partai politik hanya melakukan proses pendaftaran dengan administrasi lengkap.

Idham mengaku sudah ada 11 partai politik tingkat nasional yang melengkapi 100 persen sipol berkenaan dengan keterpenuhan data atau dokumen persyaratan. Namun, dia tidak ingin menyebutkan partai yang sudah patuh 100 persen atau belum.

Dia menyebutkan, selain 11 partai yang sudah 100 persen melengkapi sipol, ada dua partai politik yang sekitar 90 hingga hampir 100 persen lebih menginput data sipol dan satu partai dengan 80 hingga 89 persen lebih.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari memastikan semua partai politik mendapat perlakuan adil, proporsional, dan setara dalam penyelenggaraan pemilu. Termasuk pada proses tahapan pendaftaran. Ia mengeaskan, tahapan pendaftaran juga dibuka dan ditutup pada waktu yang sama sehingga parpol mendapatkan kesempatan sama pula untuk mendaftar.

photo
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (ketiga kiri) didampingi Ketua DPP Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto (kanan), da pengurus DPP PDIP lainnya mengangkat tangannya usai menekan tombol enter saat proses kirim data dan dokumen PDI Perjuangan calon peserta Pemilu 2024 pada Sipol KPU di kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Minggu (31/7/2022). PDI Perjuangan telah mengirimkan data Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) ke KPU secara daring dengan anggota parpol yang didaftarkan berjumlah 477.777 orang. - (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

"Keadilan, proporsionalitas dan kesetaraan perlakuan KPU kepada partai itu, seperti, ruang waktu yang diberikan sama. Contohnya kesempatan unggah Sipol kan dimulai sama, 24 Juni 2022," kata Hasyim.

Kelengkapan syarat

Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto mengaku, seluruh kelengkapan syarat pendaftaran parpol sudah dipenuhi partainya. "Syarat KPU itu 100 persen. Pendaftaran ke KPU ini merupakan awal dari seluruh rangkaian pemilu pada tahun 2024 yang kami dorong peningkatan kualitasnya," kata Hasto, Ahad (31/7). Dia mengatakan, data profil partai politik seluruh dokumen-dokumen sebagai persyaratan verifikasi juga telah di-input ke KPU secara daring. Menurutnya, terobosan ini membuat partai tidak perlu lagi membawa dokumen bertruk-truk ke KPU. Hasto mengaku, PDIP bakal berjalan kaki menuju KPU untuk mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilu 2024.

"Berjalan kaki sebagai bagian dari green ekonomi dan kesehatan jiwa dan raga sebagaimana yang dikumandangkan dalam Sicita dari kantor DPP PDIP ke kantor KPU," kata Hasto.

Sementara, Sekjen PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi juga menyatakan partainya mendaftarkan diri pada hari pertama saat pendaftaran dibuka oleh KPU. "PKS sudah siap mengikuti proses verifikasi yang akan dilakukan oleh KPU dan akan langsung mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024 di hari pertama ketika dibuka proses pendaftaran," kata Habib Aboe.

Habib Aboe mengatakan seluruh jajaran struktur PKS mulai dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, dan kecamatan sudah mempersiapkan sejak jauh hari. Bahkan menurut Habib Aboe, PKS sudah melakukan proses verifikasi internal dan semuanya sudah siap memenuhi seluruh persyaratan pendaftaran. 

 

Parpol Daftar KPU Hari Pertama:

-Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)

-Partai Keadilan dan Persatuan (PKP)

-Partai Reformasi

-Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

-Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA)

-Partai Persatuan Indonesia (Perindo)

-Partai Nasional Demokrat (Nasdem)

-Partai Bulan Bintang (PBB)

-Partai Persatuan Pembangunan (PPP)

Sumber: KPU RI

 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Rentetan Masalah Global tak Berujung

Perekonomian global makin tak menentu karena setiap negara pun menghadapi banyak masalah.

SELENGKAPNYA

Semangat Hijrah dalam Membangun Bangsa

Umat Islam wajib memanfaatkan hijrah untuk melakukan perubahan.

SELENGKAPNYA

Guyonan KH Hasyim Muzadi dan Zuhud Al-Ghazali

Ada penjelasan Imam al-Ghazali yang mirip penjelasan KH Hasyim Muzadi. Semuat tanda kekacauan zaman sudah terjadi.

SELENGKAPNYA