Tenaga kesehatan memasukan dosis vaksin Covid-19 untuk disuntikan kepada warga di Rusun KS Tubun, Palmerah, Jakarta, Selasa (5/7/2022). | Republika/Putra M. Akbar

Nasional

Aturan Perjalanan Domestik tak Berlaku Bagi Mobil Pribadi

Vaksinasi dosis keempat sudah mulai dilakukan sejumlah negara.

JAKARTA -- Aturan syarat harus sudah vaksinasi dosis ketiga atau booster untuk perjalanan domestik akan kembali berlaku mulai 17 Juli 2022. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut, pemberlakuan aturan ini akan dilakukan secara terukur.

Aturan ini hanya pada moda transportasi yang bisa menyediakan vaksinasi booster seperti melalui bandara, pelabuhan, dan juga terminal. Sedangkan untuk perjalanan darat yang tidak melalui terminal, aturan ini tidak diberlakukan.

“Memang kita akan mensyaratkan booster menjadi syarat perjalanan yang memang terukur. Artinya mereka yang udara, kereta api, darat kita lakukan, sedangkan yang tidak terukur memang sulit mendapatkan booster kita tidak berlakukan,” kata Budi, Senin (11/7).

Karena itu, Budi meminta para operator di seluruh moda transportasi tersebut agar berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan TNI-Polri untuk menyelenggarakan vaksinasi booster.

Upaya ini dilakukan untuk meningkatkan cakupan vaksinasi dosis penguat di masyarakat serta mencegah semakin meluasnya peningkatan kasus Covid-19. Menurut dia, penerapan kebijakan vaksinasi booster sebagai syarat perjalanan domestik untuk merespons peningkatan kasus Covid-19 yang kembali terjadi akibat varian BA.4 dan BA.5. “Kita lebih baik mencegah daripada biarkan terlalu bebas sehingga sulit dikendalikan,” tambah Budi.

Dosis keempat

Vaksinasi dosis keempat sudah mulai dilakukan sejumlah negara. Di Indonesia tim peneliti Vaksin Merah Putih Universitas Airlangga mempersiapkan penggunaan vaksin Merah Putih untuk vaksinasi dosis keempat. "Diharapkan selesai uji klinis vaksin Merah Putih dapat digunakan untuk dosis keempat," kata Peneliti Utama Vaksin Merah Putih Universitas Airlangga Prof Fedik Abdul Rantam, Senin (11/7).

Vaksin Covid-19 yang dikembangkan sejak 12 Mei 2020 itu melalui uji klinik fase ketiga mulai 28 Juni 2022. Tim peneliti telah mengumpulkan 1.100 relawan dari total 4.005 relawan yang dibutuhkan untuk subjek uji klinik, yang meliputi satu kelompok relawan penerima vaksin pembanding serta dua kelompok relawan penerima vaksin Merah Putih.

photo
Petugas memberikan sertifikat vaksin Covid-19 kepada warga di Rusun KS Tubun, Palmerah, Jakarta, Selasa (5/7/2022). Pemerintah akan memberlakukan vaksin booster sebagai syarat perjalanan dan kegiatan masyarakat yang mulai diterapkan dalam waktu dua minggu lagi untuk mencegah kenaikan kasus Covid-19. - (Republika/Putra M. Akbar)

"Proses uji klinis fase 3 sedang berjalan. Sejauh ini hasilnya baik. Saat ini baru mendapatkan relawan 1.100 orang," kata Fedik.

Uji klinis fase 3 vaksin Merah Putih yang dikembangkan di Universitas Airlangga ditargetkan berlangsung paling lama enam bulan sejak penyuntikan dosis kedua vaksin. Vaksin tersebut ditargetkan bisa mulai diproduksi paling lambat akhir tahun 2022, setelah memperoleh izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Ketua Tim Uji Klinik Vaksin Merah Putih Universitas Airlangga Dominic Husada mengatakan pemanfaatan vaksin Merah Putih untuk dosis penguat baru bisa dilakukan setelah uji klinis lanjutan dilakukan. Dominic mengemukakan menjaring relawan dalam uji klinik vaksin Merah Putih fase ketiga cukup sulit karena cakupan vaksinasi sudah tinggi.

"Sangat sulit mencari peserta, karena syaratnya kan belum pernah divaksin," katanya.

WHO mensyaratkan uji klinik vaksin harus dilakukan pada sedikitnya 3.000 orang untuk menilai keamanan vaksin. 

Gerakan “Literasi Umat” merupakan ikhtiar untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi. Gerakan bersama untuk menebarkan informasi yang sehat ke masyarakat luas. Oleh karena informasi yang sehat akan membentuk masyarakat yang sehat.

Donasi Literasi Umat

Wabah PMK Tahan Lonjakan Harga Daging

Harga sapi kurban melonjak karena terdapat kebutuhan ternak yang sehat.

SELENGKAPNYA

Stagflasi Global?

Inflasi kelak akan hilang dengan sendirinya dan pertumbuhan global akan kembali normal.

SELENGKAPNYA

Idul Adha dan Tauhid Cinta

Tauhid cinta dapat menembus batas ruang dan waktu, melampaui orientasi duniawi.

SELENGKAPNYA